Sabtu, 06 Oktober 2012

4 of 5 People Said ‘Masuk “Keguruan” Hanya Untuk Iseng Doang’


Sabtu, 3 Maret 2012
Selamat malam temen2 (karena aku ngetik ni tulisan di malem hari, jadi met malem, bodo yang baca mau pagi2, siang, sore atau ntar kiamat juga, huehue). Oke dimalem minggu yang berbahagia ini, (iya bahagia yang punya pacar dan yang udah jalan2 ama gebetannya #ehm,, kalo yang kagak?? Yaaaa DL, termasuk aku. Hihiii) aku bersyukur banget untuk kesekian kalinya malem minggu aku habiskan dengan ‘write a word in the peace of a electronic paper’ (bodo ah mau bener mau kagak, namanya juga lagi belajar), dan kebetulan kali ini aku akan membahas tentang hasil survey yang tempo hari telah aku lakukan dalam lingkungan tempat aku menimba ilmu, semoga bermanfaat, sebenernya sih yah ini tulisan tuh udah lama banget ketimbun, heheheee pas di gali eeeeh ketemu juga.. kendati demikian semoga tetap bisa memberi inspirasi bagi para sahabat pembaca, yaaaaaaahh ..

Oke, folks.. tempo hari tepatnya pada hari yang kebetulan aku lupa banget tuh hari apa, tanggalnya juga sama lupa, yang aku inget Cuma taunnya doang, yahh taun yang sedang kita jalani sekarang ini, heheh. Hari itu sesudah kelas berakhir dengan sangat riang gembira (iya lah, siapa yang kagak seneng kalo liat kelas berakhir, apalagi dosennya kagak masukn beuhh bisa2 jungkir balik salto berkali2 dan terjun ke jurang) aku dengan iseng dan enggak sengaja nanya ama temen2 yang kebetulan balik bareng aku,
Aku (a) : ‘heii, sebenernya tujuan kalian masuk ke keguruan itu apa sih??
Temen Aku1 (TA 1) : kalo aku pribadi sih, mau ngelanjutin S2 dan mau ambil lagi teknik ntar kan bisa lanjut jadi dosen ato mungkin tenaga ahli dibidang bersangkutan,,
Oke, masih masuk akal..
TA 2 : kalo akumah masuk keguruan itu sih karena kan sekarang guru itu lagi naek gengsinya, dan ada sertifikasinya lagi, lumayan kan gajihnya jadi gede, kerjanya nyantai lagi ..
Waduuhhh, udah mulai kagak beres nih..
TA 3 : akumah joy, masuk ke keguruan itu sih cuman yaah tembah kesel aja, daripada kagak kuliah dan nganggur di rumah, kan lebih baik kuliah, dapet uang jajan pula. Lagian joy, kalo lulusan dari keguruan itu bisa masuk ke mana aja, sodara aku aja lulusan guru bisa kerja di bank, ada juga yang kerja di perusahaan, jadi enak kalo dari keguruan itu kerjanya bisa dimana-mana.
Heeiitssssssss!!!!!! Udah mulai kagak waras nih, kalo di terusin bawaannya jadi pengen makan orang! Udahan ah nanya2 gituannya ..
Nah dari sekelumit percakapan diatas, aku sedikit merenung dengan apa yang terjadi dengan orang2 yang ada di sekeliling aku. ada apa dengan mereka?? Apa mereka kebanyakan minum bayclean?? Ataukah mereka kebanyakan makan sumbu kompor??? Huallohualam, hanya mereka yang tau.. aku bingung, sebenernya apa sih yang ada dalam benak mereka?? Aku fikir mereka masuk ke keguruan itu ingin bener2 jadi seorang pengajar yang professional. Namun nyatanya.. sungguh aku benar2 kecewa mendengar opini mereka tentang ‘keguruan’. Guru itu merupakan pekerjaan mulia, mereka dengan tulus mengajaari muridnya, berbagi ilmu, dan yang namanya ilmu itu tidak akan pernah habis dimakan usia, selain itu juga guru berperan serta dalam pembangunan psikologi seseorang, apakah pantas citra seorang guru yang sebenarnya amat mulia kini kian kerap kali disalahgunakan sebagai ajang untuk iseng2??? sungguh ironis sekali..
Coba kita renungkan sedikit, sekarang aja mereka yang baru ‘calon’ guru, baru mendalami tentang ilmu keguruan, niatnya udah kagak karuan gitu udah kagak beres, gimana mau bener2 belajarnya??? Apa kelak mereka bisa menjadi guru yang professional dikemudian hari??? Hei kawan jangan main2 dengan prosesi seorang guru, jujur AKU TIDAK SUKA !!!
Coba kita sedikit ulas, bagaimana fatalnya profesi seorang guru itu..
Analogikan begini, dalam suatu kelas terdapat 40 orang siswa yang sedang mengikuti pelajaran dengan 1 orang guru sebagai pengajarnya. Kita panggil guru tersebut dengan panggilan guru ‘A’. guru ‘A’ menerangkan materi pelajaran dengan baik dan beliau mampu membuat siswa mengerti dan memahami tentang apa yang telah beliau sampaikan, muridpun faham dan mampu menagkap materi dengan baik. Berkat didikan beliau, dikemudian hari (selang beberapa tahun) dengan prestasi yang dimiliki oleh murid hasil didikan guru ‘A’, murid tersebut berhasil menjadi orang sukses dan mampu membuka lapangan pekerjaan untuk 100 orang kepala keluarga. Bayangkan dari 40 orang ada 30 orang yang berhasil sukses, berapakan kepala keluarga yang berhasil disejahterakannya??? itu baru satu kelas (40 orang) yang menerima pembelajaran dari guru ‘A’, bagaimana bila guru ‘A’ tersebut mengajar di 5kelas??? Bagaimana apabila mengejar pula di sekolah lain??? dan bagaimana lagi apabila ada 10 orang yang seperti guru ‘A’ tersebut???  Bila 100 orang??? Sudah tidak dapat dibayangkan, sepertinya seluruh warga Negara Republik Endonesa pasti akan sejahtera.. ingat itu berkat “seorang guru”.
Lain cerita, apabila di suatu sekolah kita menjumpai seorang guru yang kebetulan mempunyai karakter kurang dalam sosoknya sebgai guru, cara ngajarnya asal2an, kurang perduli terhadap peserta didiknya, memiliki kepribadian kurang baik, oke kita panggil dia dengan sebutan Mr.X. Mr.X dalam kasusnya mengajar sering bolos, tidak masuk dan walaupun masuk serta mengajar dikelas, metode ajar yang diberikan beliau sedikit melenceng sehingga membuat para siswa menjadi salah kaprah dan berujung kepada hal yang negatif. Hal demikianlah yang paling ditakuti, ketika siswa yang telah Mr.X didik tumbuh dewasa dan melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi, karena berbekal hal negatif yang telah Mr.X berikan, siswa tersebut masuk ke suatu perguruan tinggi, katakanlah dengan cara yang ‘tidak wajar’, karena masuknya tidak wajar, mereka pun akhirnya mendapatka nilai dan lulus dari perguruan tinggi tersebut dengan cara ‘tidak wajar pula’. Mendapatkan pekerjaan dengan cara ‘jalan belakang’ dan akhirnya ketika siswa tersebut berhasil menjadi pemimpin suatu daerah, siswa itupun akan menjalankan sistem (negatif) yang tidak adil, yang telah dipelajarinya dulu sewaktu ia sekolah dan digurui oleh Mr.X, akibat kecurangannya itulah, banyak rakyat yang menderita, sengsara, yang beruang menjadi pemenang dan yang berkemampuan menjadi pecundang. Bayangkan apabila 1 orang didikan Mr.X itu bisa membuat sengsara 100 orang warga, bagaimana apabila terdapat 100 Mr.X, 1000 Mr.X??? dan Mr.X, Mr.X lainnya yang mengajar di setiap sekolah yang berbeda.. bisa dibayangkan bukan, hancurnya Negara Endonesa ini sudah bisa dihitung dalam hitungan jari.
Nah, itulah sebuah analogi bocah ingusan asal jeplak. Lihatlah betapa fatalnya bukan menjadi seorang guru/ tenaga pendidik itu??? Sekarang aku denger dengan mata kepala aku sendiri (eh, masa denger pake mata, telinga yah harusnya???) temen2 aku seenak udelnya bilang dengan mudah ‘masuk keguruan itu hanya iseng2 doang ko’ gila tuh anak !!! GILA BENEERR !!!!!
Heii kawan menjadi guru itu tidak semudah yang kalian bayangkan, lihatlah paragraph sebelumnya, lihat siapa yang akan menjadi korban akibat keteledoran guru dalam mendidik siswanya??
Guru itu lain halnya dengan dokter, kalo dokter itu nanganin yang sakit, dan kalo yang sakit itu mati, udah paling yang mati Cuma satu orang dan yang lainnya pada nangis, itu juga paling bentar. Kagak ada istilah pasien yang diperiksa dokter mati karena gagal diselamatkan, kemudian 100 orang yang nganter pasien juga ikutan mati, ato ada kasus pasien yang telah meninggal gangguin atau malakin orang idup! Kagak ada! Benerannya juga, kalo yang mati mah yaudah mati, kagak akan ngerugiin orang banyak, egak kaya orang yang salah didikan tadi di atas ..
Sekarang sudah terlihat bukan, bagaimana fatalnya menjadi seorang guru.. so bagi temen2 yang sedang menuntut ilmu di keguruan dan khususnya yang akan jadi guru, tolong pesanku ‘jadilah guru yang professional dan mendidik sesuai professi’. Janganlah sesekali menjadi guru dengan mengatasnamakan sesuatu, apalagi uang, yang ada pada guru saat mengajar hanyalah satu yaitu ‘ikhlas’.
Well, mungkin malam ini cukup sekian ocehan dari aku, heheh. Semoga mampu membuat temen2 jadi sadar tentang arti pentingnya pendidikan guru. Oke, sampai jumpa kembali. See U . . . . .
Joy,,

5 komentar:

Hani Hanifiyah mengatakan...

ooh... hmm.... ya...ya..ya...

Fajrin M. Ligor mengatakan...

ada apa bu hanoy ????????

Wibisono akbar mengatakan...

klo bleh saran di salurin aja mas , ada bakat jd penulis tuh ..

Fajrin M. Ligor mengatakan...

hihihi, semoga .:)
ini masih dalam tahap ko, masih banyak jalan yang harus aku lalui untuk bisa menjadi apa yang aku maksud .. :)
thanks masukannya yupp!!!

Wibisono Akbar Prasetyo mengatakan...

iyoo mas :D

Posting Komentar

 
;