Kamis, 27 Desember 2012

Kata Siapa MAJALENGKA Cuma Punya Lampu Merah Satu?!!!!!

Rabu, 26 Desember 2012
Siapa tak tau dengan kota yang satu ini, yupp kota dengan sebutan kota angin atau kota Kecap ini merupakan kampung halamanku tempat dimana aku dilahirkan dan dibesarkan oleh kedua orang tua ku selama + 18 tahun. Kota yang banyak menyimpan kenangan, panorama alam dan pesawahan yang indah (Argapura), objek wisata yang emang selalu menjadi tujuan orang-orang untuk refreshing dan melepas penat (walau terkadang kebanyakan orang lebih memakainya untuk kegiatan yang kurang jelas. (¬_¬") ). Beranjak ke arah kota Majalengka yang merupakan sebuah sentra industri kecap, dimana distrirbusi kecap yang dilakukan dari tempat ini cukup meluas sampai ke pelosok, selain itu terdapat pula tempat rekreasi berupa taman serta rest area bagi para wisatawan yang kebetulan melancong atau hanya sekedar lewat saja. Infrasutruktur jalanan yang memanjakan para pengemudi membuat majalengka mejadi sedikit menjadi lebih terkenal (yaah walau itu hanya sebatas di kotanya saja siiih, (¬_¬") ) but its no problem, setidaknya Majalengka menjadi cukup terkenal atau setidaknya dikenal, J.
Satu hal yang paling membuatku selalu mengerutkan dahi, mengapa di kota yang cukup besar ini serta dengan aksesibiltas cukup baik enggak terdapat lampu pill (lampu merah kuning hijau) di setiap perempatan jalan, rasanya itu mungkin yang membuat tingkat kecelakaan dan ketidak tertiban para pengendara kian marak terjadi. Disisi lain, aku juga sebagai warga pribumi yang sedang bertualang ke negeri sebrang sering mendapatkan statmen-statmen aneh dari temen-temen aku, bahkan dari salah satu pengajar dikampusku, “dari mana asalmu??” ketika aku menjawab “dari majalengka” mereka selalu mengistilahkannya “ooh, kota yang Cuma punya lampu merah satu yah??” entahlah itu ejekan atau hanya guarauan semata, namun aku selalu menanggapinya dengan senyum manis, J.
Well, kali ini terjawab sudah apa yang menjadi rasa penasaranku, pasalnya saat aku mudik kemarin aku gak sengaja main ke majalengka, niatnya sih Cuma mau obsevasi, but I find a new something about Majalengka. Yupp tepatnya pada rambu-rambu lalu lintas apa lagi kalo bukan pada lampu pill, aku menemukan sedikitnya 2 lampu pill yang baru dibangun, entah kapan proses pembangunannya tau-tau udah jadi aja, dan yang lebih kerennya lagi lampu itu NYALA!!! Haha .. (dimana-mana lampu pill itu ya pada idup laah, (¬_¬") )
oke, the first adalah lampu merah baru, eh maaf lampu pill maksudnya yang ada di sebelah pertigaan tugu KECAP.  Pertigaan ini adalah jalan yang menghubungkan antara Tonjong (tempat lampu merah berada) dengan Cigasong (belok kanan) bisa juga masuk ke daerah jatiwangi (tempat industri genteng) dan jika dari pertigaan ini melanjutkan lurus akan sampai di bunderan cigasong (kalo dari arah kadipaten). Lokasi lampu pill ini cukup strategis dan memang sangat tepat sekali pemasangannya, pasalnya disini sering terjadi kecelakaan lalu lintas dikarenakan kendaraan yang menyebrang di persimpangan ini tidak beraturan alias sembrono, semoga dengan dipasangnnya lampu pill ini bukan hanya untuk hiasan belaka juga bukan untuk dilanggar pula, namun tentunya dapat mengurangi tingkat kecelakaan di kabupaten majalengka! J
Second, lampu pill yang berada di perempatan pasar MAMBO, jika mengambil belok ke kanan (dari arah kadipaten) akan diantarkan ke lokasi pasar mambo, pasar serba ada yang menjual jepit sampai makanan serba aneh, untuk tambahan informasi bagi para penggemar tutut bikinan tangan tradisional, bisa didapatkan di pasar mambo ini. Lagi- lagi pemasangan rambu lampu pill yang sangat tepat, persimpangan ini meskipun jalan yang memotong jalan utamanya (belok ke kanan atau ke kiri) itu hanyalah jalan kecil, namun ditempat ini rawan terjadi kecelakaan, well itu dikarenakan kelalaian para pengemudi. Biasanya pengemudi pada jalan utama itu dengan seenak udel ngejalanin kendaraannya pada kecepatan yang bisa dikatakan “ngeeeeebuuuutttt” karena begitu mulus jalan yang akan ditempuhnya, ditambah lagi kurangnya kewaspadaan para pengemudi yang berada pada jalan kecil yang memotong jalan utama itu, dengan seenak jidat mereka menyebrang dengan tidak menengok kanan kiri terlebih dahulu (emangnya ni jalan punya nenek moyang lu ape), and than kecelakaanpun tidak bisa dihindari, kalo udah celaka siapa hayooh yang harus disalahin?? Pada gamau kan?? Masa iya tukang becak yang gak salah gak apa harus menjadi kambing hitam?????? Maka dari itulah rasaya sangat tepat jika ditempat ini didirikan lampu pill. J.
and the last, inilah lampu pill pertama yang pernah ada di kabupaten majalengka, J. Lampu ini berada diantara persimpangan jalan yang berdekatan sekali dengan salah satu instuisi pendidikan, yup apalagi kalo bukan SMP N 1 Majalengka yang merupakan salah satu sekolah unggulan (RSBI) yang terdapat di kabupaten Majalengka. Lampu pill ini telah lama didirikan jauh hari dari sebelum pembangunan jalan berlangsung, dan telah mengalami beberapa kali rekonstruksi, dengan stlye terakhir yaitu memiliki voice atau suara operator yang secara auto berbunyi ketika lampu berganti warna sekitar satu menit satu kali. Menurutku, sekolah ini sangatlah bagus untuk melatih konsentrasi para murid, well bagaimana enggak setiap satu menit sekali auto voice dari lampu pill itu berbunyi dengan sangat keras, jujur aku sangat salut sekali dengan seluruh peserta didik dan seluruh staf yang berada di sekolah ini, yang mampu bertahan dengan suara yang cukup keras itu, aku aja ketika sedang mengantri menunggu lampu hijau suka agak sedikit terganggu dengan suara keras itu, nha bisa dibayangkan jika setiap hari mendengarnya, bisa gila kayanya! Namun mungkin dengan alasan itu juga (mengganggu edukasi atau pembelajaran di sekolah) dan alasan lainnya, baru-baru ini auto voice pada lampu pill itu dicabut kembali. “MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!” *terdengar suara seru dari dalam dinding pembatas sekolah itu, #justkidding. Hehehee.
Well itulah mungkin perkenalan lampu merah yang terdapat di Kabupaten Majalengka, whahahha… So kata siapa “MAJALENGKA CUMA PUNYA LAMPU SATU???” BOHOONG!!! Hhaha
Buat sekedar info bagi para wisatawan yang akan melancong ke majalengka, ada beberapa tempat yang emang yaaah aku fikir mungkin layak untuk dikunjungi, hhe ..
Bunderan Munjul, terdapat beberapa hiasan yang mungkin bisa dijadikan untuk tempat cucimata, diantaranya patung lele yang menunjukan Kabupaten Majalengka emang terkenal dengan peternak Lelenya, hihii.. disamping itu ada juga taman dirgantara dimana terdapat kapal jet (entah apa namanya lupa lagi) yang menjadi ajang tontonan orang-orang sambil melepas penat. Disamping itu juga terdapat berbagai macam jajanan khas Majalengka serta wahana bermain seperti penyewaan sepeda yang bisa dimasuki oelh beberapa orang. Jika dimalam hari biasanya tempat ini sangat ramai dikunjungi orang-orang, apalagi malam taun baru kelak, yang udah udah juga pesta kembang api berlangsung sangat ramai ditempat ini.
Masih disekitar Bunderan Munjul, disamping bisa sebagai tempat refreshing dan juga nongkrong, disini juga kerap kali dijadikan tempat untuk shooting, atau pengambilan foto bagi para model (ntah model majalah mangle, majalah anak atau majalah alam gaib, heheee). Mungkin karena view nya cukup bagus dan indah, ato bisa juga ajang promosi wliayah, hheee ..
Toko-toko corporation terkenal juga bisa didapatkan di sepanjang jalanan kabupaten Majalengka ini, misalnya aja toko sepatu BATA, dan masih banyak lagi toko-toko lainnya yang enggak sempet ke dokumentasikan saat hunting berlangsung, hehee, malum lah agak loading, karena tadinya sih gak niat buat bikin dokumentasi about Majalengka.
Disamping itu juga masih bisa dilihat, bangunan-bangunan yang emang bisa menunjang kemajuan Kabupaten Majalengka ini sebagai tempat pariwisata yang cukup asik untuk dikunjungi. Misal seperti areal pesawahan yang luas, dan tempat-tempat makan lainnya yang tentunya dengan view yang mantap pula! (maaf untuk rumah makan Mr. Djadja gak kami dokumentasikan karena akunya lupa, hahaha. Padahal itu rumah makan megah dan mantap untuk dikunjungi. Next time deeeh), kendati demikian masih banyak ko tempat makan lainnya yang bisa dtemukan di sini. ..
Intuisi Pendidikan di Majalengkapun tidak kalah hebatnya, sekolah disini memiliki rating kurang lebih mungkin bisa masuk kategori sekolah terbaik se-wilayah tida cirebon, waaah funtastic.. dan adikku adalah salah satu aluminya, hehe (promo dikit), nah loh kalo kakaknya??? Emmm entahlah aku lupa, *purapura amnesia.
Rasanya udah pantes kayanya kalo majalengka itu disebut dengan kawasan perkotaan, bisa dilihat.. selain SPBU di sini juga terdapat Stasiun Pengisian Gas, wooow its funtastic.. well walaupun sebagian besar lahan pertanian yang jadi korbannya harus terkonversi karena adanya pembangunan tersebut..
Selain itu kesejahteraan masyarakatnya juga udah lumayan bagus laaah jika dilihat dari tatanan atau konstruksi rumah yang mereka miliki, walau itu hanya dibagian kotanya aja, *uuppss keceplosan..

 
kalau misalnya dibagian desa, mungkin masih dapat disaksikan betapa banyak sekali gubuk tua dan mungkin beberapa rumah yang kurang bahkan tidak layak huni. Well kesenjangan sosial itu masih marak kian terjadi di tempat ini, maklum lah namanya juga sedang tahap pembangunan, namun kendati demikian semoga pemabngunannya lebih diarahkan kepada kesejahteraan masyarakat terlebih dahulu ketimbang mengutamakan pembangunan fasilitas umum, karena masih banyak masyarakt majalengka yang sekiranya membutuhkan penghidupan yang layak, rasanya itu mungkin lebih penting ketimbang mengutamakan mainan yang selama ini selalu dibangga-banggakan..
Bentar, ini ko jadi malah ngawur kemana-mana yang ceritane, udahan dulu ah kayanya ini duah konslet, hihiii.. mungkin sekian post dari aku untuk kali ini..
Saya ijoy mohon pamit undur diri.. semoga post kali ini bisa menjadi referensi untuk memotivasi hidup temen2 dalam menaungi derasnya arus kehidupan ini …
Salam hangat, tetaplah semangat, senyumlah selalu dan sampai berjumpa kembali pada postingan berikutnya .. dadah …
Joy,, J

1 komentar:

Posting Komentar

 
;