Jumat, 07 Desember 2012

Typhoid

Senin, 5 November 2012
Kisah ini dimulai dari hari itu .. Minggu 21 Oktober 2012 …
Pagi itu aku bangun dengan sangat berseri-seri sekali dan sangat semangat, karena hari itu adalah hari minggu.. yaaah dimana pada hari itu aku bisa sepuasanya bersantai-santai dan terbebas dari tugas akademik juga tugas-tugas lainnya.. #ngelirik ke sebelah leptop tampak berkas setinggi pinggang orang dewasa menunggu dengan senyum indahnya untuk segera diselesaikan.. tapiii aaaaaaaaahh karena ini hari minggu aku pura-pura kagak liat aja deeehh.. hihihii.. no work and no job in Sunday!!! Hihiii. Oke karena saking bersemangatnya entah semangat kenapa dan mau kemana perasaan hari ini gak ada jadwal sama sekali, akupun pergi kebawah (kebetulan kamar aku di lantai dua) untuk mengambil sebungkus kopi dan diseduh tuk temani pagi ini, nikmat mungkin, fikirku. Oke setelah sukses dan selamat mengambil serta mnyeduh secangkir kopi akupun kembali untuk meneruskan kegiatanku didepan leptop, entah apa yang aku lakukan didepan leptop karena perasaan leptop aku mati deh waktu itu.. okelah apapun itu asal jangan ngabakar leptop dikamer aja, bukan kenapa-kenapa kasian kan asepnya ngeganggu temen-temen aku yang lagi bobo.
Well, sambil menyeruput kopi sedikit demi sedikit dengan ditemani secuil cemilan berupa  lemari dan kursi kayu juga beberapa pagar rumah milik tetangga akhirnya pagi ini lengkap deh kenikmatan yang aku gapai, sembari mengenakan earphone dan nyanyi-nyanyi dengan seenak udel, suara lantang mungkin sampai terdengar ke ujung perum kayanya, sungguh aku menikmati sekali pagi itu. Namun entah kenapa, seketika kepalaku terasa sakit dan perutku mual, fikirku sih ini gejala biasa mungkin karena aku belum sarapan. Aku baringkan tubuhku dan aku istirahatkan dengan harapan bisa kembali ke keadaan sediakala, namun apa yang terjadi setelah aku mencoba mengistirahatkan bukannya pulih yang aku rasakan malahan aku merasakan kondisi tubuhku semakin memburuk, perasaan tidak enak dan tiba-tiba pencernaanku terganggu, entahlah apa yang terjadi padaku, padahal beberapa jam sebelumya aku masih bisa tertawa terbahak dan bernyanyi-nyanyi nan ria.. kondisiku semakin memburuk ketika aku mencoba memakan sesuatu, rasanya sungguh tak enak dan tak berasa, hanya pahit dilidah yang aku rasa. Bahkan, sempet nyeduh secangkir air putih dengan susu duang bungkus, hasilnya nihil dan tidak sedikitpun terasa nikmatnya, ngemil cikipun serasa makan triplek, heemmm.. Berhari-hari aku jalani dengan kondisi seperti ini, bahkan hari senin aku menyanggupi ngehandle temen aku ngajar yang katanya sih dia emang kecapean dan gabisa masuk ngajar, oke dengan sangat PDnya aku masuk untuk mengajar dikelas yang dimaksud, full time dari sehabis upacara sampai bel pulang sekolah berbunyi. Alhasil ketika aku sampai ke kontrakan tercinta, akupun semakin parah dan semakin enggak bisa gerak, hanya bisa terlelap dalam setengah sadar …
Beberapa hari aku gak masuk praktik di SMA 2, namun untungnya minggu itu perkuliahan diliburkan dan sekolah juga gak begitu efektif karena mendekati hari raya idul adha.. dan semakin hari keadaanku semakin memburuk, suplai makanan gak ada sedikitpu nyang masuk kedalam tubuh namun cairan dalam tubuh terus menerus keluar.. fikirku ini gawat banget, bisa mati kering keronta kalo gini caranya.. gak lucu kan kalo masuk koran seorang mahasiswa universitas siliwangi mati kering keronta karena kahabisan cairan, haruuhh …
Setelah menahan rasa sakit yang gak karuan akhirnya aku putuskan untuk meminta temanku mengantar ke dokter, yup salah satu dokter yang cukup terkenal dan juga terkenal dengan tarifnya yang jegerrr-jegeeraaann!! Hahaha .. oke gausha bahas itu, next akupun berangkat pergi ke dokter itu, walaupun sebenrnya aku tuh trauma sama dokter-dokter yang ada di tasik, pasalnya dulu sewaktu aku tingkat satu, aku pernah berobat ke salah satu dokter yang ada di kota tasikmalaya, dan setelah aku berobat tidak lama kemudian dalam hitungan jam akupun mengalami perubahan keadaan, memang bagu, tokcer banget begitu berobat langsung ada perubahan, namun perubahannya yang tidak diinginkan, keadaanku semakin parah dan aku malah masuk ke UGD, untung aja saat itu orang tua aku udah ada di tasikmalaya, so aku langsung ditangani oleh pihak yang berwajib (maksudnya berwajib menagani aku seperti orang-orang yang kerja dibidang kesehatan). Catatan tambahan ternyata dimana-mana di indonesia yang namanya rumahsakit itu administrasi selalu jadi nomor satu loh, yaaaah meskipun gak semuanya tapi adalah beberapa diantaranya, nyatanya aku mengalami sendiri kejadian itu, saat itu aku yang udah sekarat enggak segera ditangani sebelum ayah aku menyelesaikan administrasinya (baca BIAYA) terlebih dahulu secara lengkap, malahan ada pasien yang disebelah aku meninggal gara-gara telat penanganannya dan itu semua dikarenakan ga ada yang ngurus administrasinya, ckckckck malang sekali nasibnya yah …
Ini bentar kenapa jadi nyeritain yang mati di UGD, udah udah udah back to uor main topic.. well aku dateng ke dokter itu dan mengambil nomor antrian, kalo ngeliat dari banyaknya jumlah pasen sih kayanya aku bakal kebagian ntar 7taun kedepan, but gapapalah aku coba aja namanya juga ikhtiar, daripada ntar jadi tambah parah. Dan emang bener feeling aku gak pernah meleset, setelah aku nunggu 7tahun di tempat antrian itu, aku tak kunjung jua terpanggil untuk diperiksa, ketika aku liat jam dan ternyata telah menunjukan pukul 10 kurang, naas! Hampir 3jam aku menunggu antrian setan itu, oke berhubung hari udah malem dan aku juga udah ga kuat pengen merebah, akhirnya aku memutuskan untuk pulang dan keluar dari antrian. Emang sih gak sedikitpun kondisi aku membaik ketika aku telah lama mengantri di dokter itu (ya iyalah berobat itu harus diperiksa ga cukup ngantri doang), akhirnya akupun menghabiskan malam ini dengan terlelap dalam selimut mimpi.. Esok harinya kudapati raga ini tak kunjung membaik pula, ditambah lagi orang tuaku yang panik yang terus menerus nelfonin aku, oke deh akhirnya aku putuskan aku kembali ke dokter yang kemarin malem aku datengin. Aku mengantri kembali dengan wajah berkaca-kaca memohon belas kasihan, dan entah kenapa untungnya penjaga karcis antrian ngedadak baik, dia membiarkan aku mengantri dengan nomor antrian yang tadi malem, otomatis aku dipanggil lebih cepat. Setelah masuk kedalam ruangan, aku sedikit kaget ternyata didalam ada banyak sekali orang yang mungkin itu pembantu dokter, sekitar 3 orang aku melihat, bukan jumlah yang sedikit untuk ruangan yang cukup kecil itu, searah tegak lurus dengan aku nampak seorang yang sudah cukup tua memakai pakaian putih, oh.. tak lain itu adalah dokternya fikirku. Aku diperiksa oleh asistenya dan dokternya hanya mendiagnosis apa yang aku derita, selanjutnya pengolahan obat diserahkan kembali kepada asistennya yang lain, mungkin dokter itu udah profesional, atau males, hehehee.. akupun pulang dan tentunya dengan biaya yang cukup merogoh kocek, hihiii.. tak apalah demi kesehatan.
Akupun sampai ke kontrakan dan segera meminum ramuan yang udah dikasih dari orang itu tadi, berharap setelah meminum ramuan tersebut aku bisa berubah jadi betmen #loh.. berharap dengan minum obat itu aku bisa menjadi sehat kembali. Namun apa yang aku lihat, ternyata ketika aku membuka bungkus yang berisi obat tersebut terlihat 7 macam obat-obatan yang udah senyum-senyum manis unyu gitu, sumpah pengen bakar tuh obat. Ternyata setelah selidik diselidik, diantara obat itu ada salah satu obat yang kandungannya sama namun merknya beda, lah ini si pa dokter apa maksudnya?? Mau bunuh guwe apa??? Oke setelah aku tanya-tanya sama tante aku, akhirnya aku putuskan untuk tidak meminum obat itu, takut nantinya aku tiba-tiba jadi HULK kan gak lucu. Hari demi hari aku lewati dengan kenistaan dan kesakitan, huhuuu menyedihkan, kewajiban aku untuk mengajarpun menjadi terhalang dan terpaksa harus mengandalkan jasa temen aku buat ngajar para siswa tercinta.. esok harinyapun orang tua aku dateng buat jenguk aku, terpaksa si item aku tinggal sendiri di kontrakan dan aku pulang bareng with my family yang udah bersedia cape-cape jemput aku ke tempat perantauan ini. Akupun bergegas pulang karena di tempat kelahiran aku ada dokter langganan aku yang udah tau persis gimana kondisi aku, jadi beliau bisa obatin aku dengan bener. Akupun pulang karena besok juga idul adha, jadi percuma ditasik gakan dapet apa-apa, heuheu.. yang ada nanti malah mati kelaperan karena liatin tetangga pada nyate. Diperjalanan aku ga banyak ningkah karena aku tidur dengan indahnya sepanjang jalan tasikmalaya-majalegka, hihiii.
Sesampainya dirumah aku langsung merebah dan karena hari udah mulai malem, udah deeeh dilanjut sama ngayam bulu mata aja, keesokan harinya aku daftar ke dokter langganan aku untuk diperiksa lebih lanjut. Sedikit menunggu antrian, dan akupun segera dipersilahkan masuk. Seperti biasa ketika aku masuk ke ruangan praktik yang udah ga asing lagi bagi aku, aku disambut dengan senyum ramah dan sapaan yang begitu membuat aku nyaman. Beliau mempersilahkan duduk dan bertanya dengan lemah lembut, setelah itu akupun dibaringkan ditempat pemeriksaan, tidak seperti biasanya malam itu aku sedikit lebih lama ketika beliau memeriksaku, fikirku mungkin kali ini penyakitku lumayan serius. Setelah selesai dengan urusannya, akhirnya aku dipersilahkan untuk turun, padahal kalo boleh jujur, aku selalu nyaman ketika berada di ranjang periksa itu, dan cara dokter itu memeriksaku membuatku nyaman, dan tak mau beranjak dari tempat itu. Oke selesai dengan itu, beliau membeberkan hasil diagnosanya, kalo aku ini mengalami gejala tipes dan harus cukup istirahat serta banyak makan, satu lagi katanya lambung aku terluka, akupun heran, kemudian dia menanyakan obat yang dikonsumsi aku selama ini, setelah aku berikan ternyata luka dilambungku itu disebabkan karena obat yang selama ini aku konsumsi, gila bener udah beberapa kali aku dicelakai oleh dokter yang ada di tasik, dulu bikin aku masuk UGD sekarang bikin lambung aku luka, hufpt. Akupun disuruh untuk berhenti mengkonsumsi obat yang membuat lambungku luka dan diberi obat yang lebih aman. Akibat dari obat itu, aku sekarang harus mengkonsumsi obat ganda, yaitu obat untuk lambung dan obat untuk gejala tipes. Hah sial tenan aku. Ooiya aku juga dianjurkan untuk cek up laboratorium, sekedar memastikan penyakit apa sebenernya yang hinggap di tubuh aku ini.
Tanpa fikir panjang, keesokan harinya aku langsung mengunjungi laboratorium untuk tes darah. Karena sebelumya aku belum pernah gimana tes darah itu, dan sekarang aku mengalaminya sendiri. Ternyata yang namanya tes darah itu darah aku diambil lumayan banyak mungkin secangkir, #masih untung gak segalon juga. Dan setelah lama menunggu, (sekitar 2 tahun lebih) akhirnya hasil dari test darah itu keluar juga, orang yang ngetes aku Cuma bilang makan dan istirahat yang banyak yah jangan kecapean, sementara dia enggak ngejelasin arti dari test itu, hanya menyerahkan sehelai kertas yang akupun tak tau apa artinya itu. Yaahh,, sepertinya kalo enggak kedokter lagi, aku ga akan tau arti dari kertas itu.. akhirnya aku putuskan for come back to doctor, yupp esok lusa malem harinya aku kembali mendaftar buat ngasihin tuh kertas aneh hasil periksa lab. Aku .. dan setelah aku terpanggil, seperti biasanya beliau memberikan sambutan hangat yang membutku nyaman, dipersilahkannya duduk, akupun dengan segera memberikan kertas hasil lab itu. Seketika, wajah ramah yang murah senyum itu menjadi keruh serta mengerutkan dahi pertanda seakan tidak percaya akan hasil laboratorium itu, beberapa kali beliau menelfon rekan apotekernya, serta tak sedikit teman beliau yang mendapat pesan singkat yang dikirimkan mungkin bermaksud menanyakan hasil lab tersebut. Setelah beliau menghubungi beberapa temannya, dengan wajah cemas beliau berkata “maaf de fajrin, sebenernya saya juga kurang percaya akan hasil tes ini, namun hasil tes lab ini menyebutkan bahwa anda positif terkena Tipes”.. akupun terdiam sejenak.. beliau berusaha menenangkan dengan wajah paniknya, tapi sekarang udah makan banyak lagi kan? Udah ga ada gangguang pencernaan lagi kan? Udah ga lemes lagi??? Aku hanya menjawabnya dengan geleng kepala.. beliaupun menyambung, kalo gitu keadaanya udah membaik ko, tenang aja, emang sih seharusnya ini dirawat, tapi kalo makannya udah ga bermasalah yaa gausah, tinggal istirahat yang banyak jangan sampai cape dan asupan gizi harus cukup, begitu beliau memaparkan.. setelah penjelasan beliau dan sedikit tanya jawab, akupun diberi obat kembali dan kali ini diberi vitamin untuk pemulihan keadaan tubuh aku. yaahhh dan akupun harus kembali beristirahat dan sejenak melupakan kesibukan yang memang sedang aku hadapi saat ini.. sepertinya harus tertahan kembali dan menunda pemberangkatan, karena kondisi raga yang kurang memungkinkan, padahal disana tugas akademik ku sudah menanti dengan senyum indahnya... 

Sementara itu disisi lain, gank AUTIS, anak-anak riweuh yang kerjaannya ngelantur dan becanda seenak udel udah ningkah yang konyol-konyol.. dari mulai naggap organ, nyewa barongsai sampai ke bikin acara pengajian sebagai tanda syukuran #loh.. maksdunya udah bikin kotak dengan bertuliskan “SAVE OUR IJOY”, “NO IJOY NO ENJOY”, “PEDULI KOIN UNTUK IJOY” dan lain sebagainya … haaadeuuuhhh … tingkhanya sumpah nyebelin .. tapi justru tingkah konyol nyebelin mereka itu yang membuat aku betah ..  
Dan dibawah ini merupakan personil dari geng AUTIS yang kebetulan performance dalam aksi “KOIN PEDULI IJOY”, bisa dilihat?? Muka mereka yang sangat meresapi dan menjiwai dengan apa yang mereka lakukan. Rasanya mereka pasti keterima kalo ikut AUDISI buat jadi aktor sebuah film religi, yupp tapi perannya jadi pengemis atau gelandangan, wkwkkwkwkwkw.. :D *peace!






Tak luput dari job yang dikerjakan, si ‘item’ motor (baca: sepeda) kesayangan akupun jadi korban tingkah konyol mereka ..
Well, sepertinya aku harus menyambung istirahat kembali karena aku memang ditakdirkan kudu banyak tidur, heheh .. sekian post dari aku ..
Salam hangat, tetaplah semangat, senyumlah selalu dan sampai berjumpa kembali pada postingan berikutnya .. dadah …
Joy,, J

3 komentar:

Alma mengatakan...

Get Will Soon Kawan ah...

Fajrin M. Ligor mengatakan...

hhahaa, thanks friend!!! :)

Fajrin M. Ligor mengatakan...

makasih buat dukungan dan motivasinya pa asep! :)

Posting Komentar

 
;