Jumat, 29 Juni 2012

Catatan Kuliah Metode Penelitian Pendidikan Geografi (PTK)


Dimalam yang sangat berbahagia ini, (ia bahagia aja bilangnya meskipun sebenernya menderita juga) alhamdulillah dengan terpaksa aku bikin write about kuliah aku selama ini yang udah beberapa pekan aku lewatkan, bagaimana tidak semenjak sesudah menghadapi UTS aku terserang penyakit malas, entahlah itu menjalar ke setiap organ tubuhku, dari mulai syaraf tangan, otot tangan, badan dan juga sekujur tubuhku mengalami keram mendadak (baca: MALES), alhasil mau gak mau aku harus nulis pada malem ini, meskipun terpaksa namun aku ikhlas, (initeh gimana, katanya kepaksa tapi ikhlas), heu..

Well, lets to our main topic.. seperti yang udah aku bahas beberapa pekan lalu (entah berapa abad lamanya), pada mata kuliah yang satu ini telah membahas apa yang namanya PTK, well, setiap pertemuan kita selalu membahas about PTK ini dan pada akhirnya sebagai tugas akhirm kami semua disuruh membuat apa itu yang namanya PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK ini berfungsi sebagai bahan evaluasi yang digunakan setelah mengajar guna memperbaiki kinerja guru dalam mengajar khususnya dan menjadikan para peserta didik menjadi makin berkualitas.
Inilah hasil PTK aku ..
A.    JUDUL PENELITIAN:
PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM MATERI UNSUR-UNSUR LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMA NEGERI 1 MAJA

B.     BIDANG KAJIAN
Dalam penelitian ini kami menggunakan Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sahari-hari.

C.    PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Motivasi adalah salah satu variabel penting yang berpengaruh terhadap tercapainya prestasi atau cita-cita yang diharapkan, termasuk dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi sangatlah diperlukan sekali guna menunjang penyerapan ilmu pengetahuan dan penambahan wawasan. Dapat dibuktikan bahwa dalam suatu kasus studi, pada saat KBM berlangsung peserta didik yang memilikimotivasi tinggi cenderung lebih aktif dan interaktif dalam pembelajaran, sanga bertolak belakang sekali dengan peserta didik yang tingkat motivasinya rendah, mereka cenderung hanya duduk manis di dalam kelas. Rendahnya tingkat motivasi peserta didik dalam KBM di SMAN 1 MAJA terhadap mata pelajaran geografi selama ini menandakan bahwa teknik atau pendekatan pembelajaran dalam mata pelajaran geografi kurang tepat. Hal ini terbukti dari setiap hasil analisis pada setiap pertemuan tatap muka, peserta didik yang aktif dan interaktif dikelas hanya dibawah 15% dari 35 peserta didik.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk dapat meningkatkan motivasi  belajar siswa, antara lain dengan pemberian pelajaran tambahan, penyediaan LKS yang dilengkapi dengan sejumlah soal-soal latihan, dan modul-modul dengan tampilan yang cukup menarik namun hasilnya masih belum bisa terlihat.
Upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan motivasi peserta didik pada saat berlangsungnya KBM pada mata pelajaran geografi adalah dengan menerapkan Pendekatan CTL atau Contextual Teaching and Learning dengan kata lain metode pendekatan yang menitik beratkan para peserta didik untuk mampu menemukan materi pada kehidupannya sehari-hari serta dapat mengaplikasikan kembali penemuannya itu pada kehidupan sehari-hari, sehingga hakikat “belajar sepanjang masa” itu benar adanya dan mampu untuk terealisasikan.
Peran guru disini adalah sebagai fasilitator, artinya guru membantu para peserta didik untuk lebih mempermudah dalam belajar. Dengan demikian guru perlu memahami karakteristik peserta didik termasuk gaya belajar dan kemampuan kebutuhan dasar yang dimilikinya. Dengan pemahaman seperti itu tenaga pendidik mampu melayani dan memfasilitasi para peserta didik. Sebagai fasilitator tenaga pendidik harus menempatkan diri sebagai orang yang member pengarahan dan petunjuk agar para peserta didik dapat belajar secara optimal. Dengan demikian yang menjadi sentral kegiatan pembelajaran adalah peserta didik itu sendiri dan bukan tenaga pendidiknya. Tenaga pendidik tidak berperan sebagai sumber belajar yang dianggap serba bisa dan serba tahu akan segala macam hal, justru para peserta didiklah yang akam menemukan materi pembelajaran dari kehidupan yang dialaminya serta akan mengaplikasikan penemuannya di kehidupan yang akan datang. Dengan pendekatan pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran geografi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 MAJA.
2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada siswa kelas XI SMAN 1 MAJA terhadap mata pelajaran geografi?
2.      Bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas XI SMAN 1 MAJA terhadap mata pelajaran geografi?
3.      Tujuan
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh efektifitas pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 MAJA dalam mata pelajaran geografi.
4.      Manfaat
Penelitian tindakan kelas ini diharapkan bermanfaat, bagi tenaga pendidik sebagai bahan masukan tentang penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran geografi dalam rangka menumbuhkan motivasi belajar para peserta didik sedangkan untuk peserta didik diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dan pemahaman terhadap materi yang terdapat pada mata pelajaran geografi serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatnya pada kehidupannya kini, esok, dan nanti.

D.    PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1.      Perumusan masalah
Apakah dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 MAJA terhadap mata pelajaran geografi?

2.      Pemecahan Masalah
Untuk mengatasi rendahnya tingkat motivasi belajar pada peserta didik kelas XI SMAN 1 MAJA terhadap mata pelajaran geografi, dapat dilakukan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Oleh karena itu, penulis merumuskan hipotesis tindakan “Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Mata Pelajaran Geografi guna Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Maja”.

E.     TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah
1.      Untuk mengetahui efektifitas dari pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 MAJA dalam mata pelajaran geografi.
2.      Diharapkan pada saat pertemuan tatap muka di kelas Kegiatan Belajar Mengajar dapat berlangsung secara Interaktif.

F.      MANFAAT HASIL PENELITIAN
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
1.      Bagi Guru, dapat dijadikan bahan evaluasi kedepannya agar lebih dapat memahami karakter siswa dan dapat memilih metode atau pendekatan pembelajaran yang tepat agar terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif.
2.      Bagi instansi, dapat menjadikan instansi yang bersangkutan lebih berkualitas karena tenaga pendidik yang professional dalam bidangnya, sehingga dapat mencetak lulusan yang berprestasi dan berkualitas tinggi.
3.      Bagi siswa, dapat dijadikan bahan pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman serta motivasi pada mata pelajaran geografi.
4.      Bagi penulis, merupakan alat untuk mengembangkan diri agar bisa menjadi guru professional kelak dikemudian hari.

G.    KAJIAN PUSTAKA
Dalam aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di suatu kelas tentulah terdapat komponen-komponen yang terlibat, tanpa komponen itu KBM tidak akan bisa terlaksana, bahkan ketidakhadiran salah satu dari semua komponen itu bisa membuat KBM tidak berjalan optimal bahkan bisa vaccum alias tidak ada KBM sama sekali. Adapun salah satu komponennya yaitu teknik atau strategi pembelajaran. Dalam Kegiatan Belajar Mengajar strategi pembelajaran sangatlah penting untuk dicermati, karena jika terjadi kesalahan sedikit saja dalam menerapkan strategi pembelajaran pada saat KBM berlangsung maka yang akan menjadi korban ialah para peserta didik, jika pada pandangan atau pertemuan pertama para peserta didik sudah kurang atau bahkan tidak nyaman dengan metode pengajaran yang diberikan oleh pendidik jelasalah bisa dipastikan pada pertemuan berikutnyapun peserta didik akan merasa jenuh dan kurang termotivasi pada saat kegiatan KBM berlangsung, yang akhirnya berujung semua peserta didik tidak mengerti dan memahami akan materi yang disampaikan.
Ada beberapa strategi pembelajaran yang dapat digunakan, Rowntree (1974) mengelompokkan kedalam beberapa macam, yaitu :
1.      Strategi Penyampaian Penemuan atau Exposition
2.      Discovery Learning
3.      Strategi Pembelajaran Kelompok (strategi pembelajaran Individual atau group)
4.      Individual Learning.
Pada Strategi Pembelajaran exposition, bahan ajar disajikan kepada siswa dalam bentuk jadi dan siswa dituntunt untuk menguasai bahan ajar tersebut. Sedangkan dalam Discovery Learning bahan ajar dicari dan ditemukan sendiri oleh para peserta didik melalui berbagai aktivitas. Pada strategi inilah terdapat Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning yang selanjutnya disebut dengan CTL. CTL adalah suatu pendekatan pemberlajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk mendapatkan materi yang akan dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.

H.    RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
Tahapan penelitian meliputi:
1.      Refleksi Awal
2.      Perencanaan Tindakan
3.      Pelaksanaan Tindakan
4.      Observasi, Refleksi, dan Evaluasi

I.       JADWAL PENELITIAN
No

Bulan
 Kegiatan
Ke-9
Ke-10
Ke-11
Ke-12
ket
Minggu ke..
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Penyusunan Porposal

V













2
Persiapan Penelitian















3
Pelaksanaan Siklus I


V












4
Pelaksanaan Siklus II



V











5
Pelaksanaan Siklus III






V








6
Pengolahan Data







V
V






7
Penyusun Laporan








V
V






J.      BIAYA PENELITIAN
No
Kegiatan
Biaya (Rp)
Keterangan
1
Perencanaan
-          Pengetikan RPP
-          Pembuatan CD pembelajaran
-          Pengadaan Modul Pembelajaran
-          Honor Pelaksana

50.000
350.000
250.000

250.000
Subjek penelitian adalah siswa kelas XI  SMAN 1 MAJA berjumlah 35 orang.

Jumlah
900.000


K.    PERSONALIA PENELITIAN
Penelitian tindakan kelas ini melibatkan penulis, atas nama Fajrin Milady Ligor, S.Pd., M.Si., M.Psi. (K)., Psikologi. sebagai ketua peneliti dan sekaligus sebagai observer atau yang melakukan observasi.

L.     DAFTAR PUSTAKA
Hestianto, Yusman. (2003). Geografi Untuk SMA kelas XI. Jakarta: Yudhistira.
Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

M.   LAMPIRAN
Instrumen – instrument:
1.   RPP awal
2.   RPP Perbaikan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                 
: SMA
Mata Pelajaran                
: Geografi
Kelas/Semester               
: XI (sebelas) /2 (dua)
Standar Kompetensi       
: 1.  Memahami arti dari Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan.
Kompetensi Dasar       
:  1.1 Menjelaskan Pengertian dan unsur-unsur Lingkungan Hidup.
Alokasi Waktu                
2x45 Menit


A.    Indikator:
1.      Kognitif:
a.      Produk:
1)      Menganalisis pembagian unsur-unsur lingkungan hidup
b.      Proses:
1)      Menganalisis pembagian unsur-unsur lingkungan hidup
2)      Mengidentifikasi pembagian unsur-unsur lingkungan hidup
2.      Psikomotor
a.       Mengulangi materi tentang Lingkungan Hidup
3.      Afektif
a.      Karakter
Jujur, peduli, tanggungjawab, bekerjasama, terbuka, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam menganalisis pembagian unsur-unsur lingkungan hidup.
b.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran materi pembagian unsur-unsur lingkungan hidup.

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
a.      Produk
1)      Siswa dapat menganalisis pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
2)      Siswa dapat mengidentifikasi pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
b.      Proses
1)      Siswa diberikan penjelasan mengenai pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
2)      Siswa diberi contoh-contoh penjelasan mengenai pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
2.      Afektif
a.      Karakter
Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur dan peduli, memiliki tanggung jawab, terbuka dan mendengarkan pendapat orang lain selama pembelajaran materi pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
b.      Keterampilam Sosial
Selama proses pembelajaran materi pembagian unsur-unsur ligkungan hidup berlangsung siswa dapat menunjukkan keterampilam sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima kritik dan saran, serta berkomunikasi dengan baik.

C.  Materi Pembelajaran
1.     Pengertian dan Pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.

D.  Model/Metode Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran koperatif
2.    Metode: Diskusi kelompok dan penugasan mandiri

E.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
·      Guru memberikan salam kepada siswa (karakter religius)
·  Guru mengkondisikan siswa untuk mempersiapkan KBM dengan mengabsen siswa (karakter disiplin)
·   Dilakukan appersepsi dengan cara memotivasi siswa dengan memberikan penjelasan mengenai pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
·  Siswa digali untuk mengemukakan kemampuan  dalam mempelajari pembagian unsur-unsur ligkungan hidup, karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di indonesia, faktor-faktor penyebab terjadinya pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.dari pengalaman yang telah diperoleh selama ini. Cara yang dilakukan dalam menggali kemampuan tersebut dilakukan dengan tanya jawab. Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif, psikomotor dan afektif.
·     Selain untuk menarik minat siswa, diharapkan selama diskusi dan tanya jawab tersebut, siswa menyumbang ide/ opini atau berpendapat, sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat  teman, serta tidak mencela pendapat teman dengan cara yang kasar.
5’

2.
Kegiatan Inti
a.     Ekplorasi
· Guru dan siswa mengidentifikasi tentang pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
· siswa beserta guru melakukan tanyajawab mengenai materi, karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di Indonesia, faktor-faktor penyebab pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
· Guru melakukan berbagai pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar
b.    Elaborasi
· Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif yang setiap kelompoknya terdiri dari 3 – 5 siswa. Setiap kelompok dibagi materi berupa bahan ajar tentang: (1) pembagian unsur-unsur ligkungan hidup., (2) karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di Indonesia. Juga diberikan materi beserta penjelasan mengenai pembagian unsur-unsur ligkungan hidup, karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di Indonesia. Ketika membagi kelompok,  guru membimbing siswa untuk peduli  dengan cara menerima teman yang sebagai kelompoknya dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagi kelompok dengan cara berkomunikasi secara santun dengan temannya yang belum kebagian kelompok.
·   Dengan tanya jawab dan diskusi secara berkelompok siswa dapat menyimpulkan bagaimana pembagian unsur-unsur ligkungan hidup itu dan karakteristiknya.


c.     konfirmasi
·    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dengan saling tanya jawab.
· Membimbing siswa mempelajari dan mengidentifikasi pembagian unsur-unsur ligkungan hidup dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa  adanya bila belum dapat dimengerti, kemudian meminta siswa tertentu untuk peduli dengan cara menyumbang ide dalam membantu teman yang membutuhkan.





30’



























3.
Kegiatan Penutup
· Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·   Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “pembagian unsur-unsur ligkungan hidup., karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di Indonesia”. Data diharapkan dapat ditelusuri dari unduhan sumber-sumber dari internet. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
10’

F.   SUMBER/ BAHAN/ ALAT BELAJAR
  1.    Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus – BSNP.
  2.   Buku sumber Geografi Bambang Nianto Mulyo, dkk. 2007. Geografi 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Solo. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
  3.    LCD/Komputer
  4.    Internet
G. PENILAIAN
Jenis Tagihan          : Tugas Individu, tugas kelompok, dan tes tertulis
Bentuk Tagihan      : Laporan dan Uraian berstruktur
Soal-soal Tes Tertulis


LEMBAR PENILAIAN
Hari/ Tanggal            :
Topik                          :  Tes tertulis pilihan ganda
Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang konsep, pendekatan, dan aspek geografi




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55
Mengetahui,                                                            Tasikmalaya,  Juni 2012
Kepala Sekolah                                                                   Guru Geografi


__________________                                                Fajrin Milady Ligor, S.Pd., M.Psi.
NIP...............................                                             NIP.................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PERBAIKAN

Nama Sekolah                 
: SMA
Mata Pelajaran                
: Geografi
Kelas/Semester               
: XI (sebelas) /2 (dua)
Standar Kompetensi       
: 1.  Memahami arti dari Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan.
Kompetensi Dasar          
:  1.1 Menjelaskan Pengertian dan unsur-unsur Lingkungan Hidup.
Alokasi Waktu                
2x45 Menit


H.    Indikator:
4.      Kognitif:
c.       Produk:
1)      Menganalisis pembagian unsur-unsur lingkungan hidup
d.      Proses:
1)      Menganalisis pembagian unsur-unsur lingkungan hidup
2)      Mengidentifikasi pembagian unsur-unsur lingkungan hidup
5.      Psikomotor
b.      Mengulangi materi tentang Lingkungan Hidup
6.      Afektif
c.       Karakter
Jujur, peduli, tanggungjawab, bekerjasama, terbuka, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam menganalisis pembagian unsur-unsur lingkungan hidup.
d.      Keterampilan Sosial
Bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran materi pembagian unsur-unsur lingkungan hidup.

I.       Tujuan Pembelajaran
3.      Kognitif
c.       Produk
1)      Siswa dapat menganalisis pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
2)      Siswa dapat mengidentifikasi pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
d.      Proses
1)      Siswa dipersilahkan untuk mengeksplorasi mengenai pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
2)      Siswa diberi contoh-contoh penjelasan mengenai pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
4.      Afektif
c.       Karakter
Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur dan peduli, memiliki tanggung jawab, terbuka dan mendengarkan pendapat orang lain selama pembelajaran materi pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
d.      Keterampilam Sosial
Selama proses pembelajaran materi pembagian unsur-unsur ligkungan hidup berlangsung siswa dapat menunjukkan keterampilam sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima kritik dan saran, serta berkomunikasi dengan baik.

J.    Materi Pembelajaran
1.     Pengertian dan Pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.

K.  Model/Metode Pembelajaran
1.      Model Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)
2.      Metode: Observasi, Survey  yang kemudian dilanjut dengan diskusi kelompok dan penugasan mandiri untuk memantapkan materi yang telah ditangkap oleh siswa.

L.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
·      Guru memberikan salam kepada siswa (karakter religius)
·  Guru mengkondisikan siswa untuk mempersiapkan KBM dengan mengabsen siswa (karakter disiplin)
·   Dilakukan appersepsi dengan cara memotivasi siswa dengan memberikan penjelasan mengenai pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
·  Siswa digali untuk mengemukakan kemampuan  dalam mempelajari pembagian unsur-unsur ligkungan hidup, karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di indonesia, faktor-faktor penyebab terjadinya pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.dari pengalaman yang telah diperoleh selama ini. Cara yang dilakukan dalam menggali kemampuan tersebut dilakukan dengan tanya jawab. Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif, psikomotor dan afektif.
·     Selain untuk menarik minat siswa, diharapkan selama diskusi dan tanya jawab tersebut, siswa menyumbang ide/ opini atau berpendapat, sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat  teman, serta tidak mencela pendapat teman dengan cara yang kasar.
5’

2.
Kegiatan Inti
a.     Ekplorasi
· Guru memberikan kesempatan dan petunjuk kepada siswa untuk mengidentifikasi tentang pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
· Para siswa melakukan tanya jawab mengenai materi pembagian karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di Indonesia, faktor-faktor penyebab pembagian unsur-unsur ligkungan hidup.
· Guru melakukan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada saat kegiatan tatap muka berlangsung.
b.    Elaborasi
·  Mengorganisasikan siswa dalam kelompok kooperatif yang setiap kelompoknya terdiri dari 3 – 5 siswa. Setiap kelompok diberi petunjuk untuk menggali lebih dalam dan mengaplikasikannya pada kehidupan tentang bahan ajar: (1) pembagian unsur-unsur ligkungan hidup., (2) karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di Indonesia. Juga diberikan materi beserta penjelasan mengenai pembagian unsur-unsur ligkungan hidup, karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di Indonesia. Ketika membagi kelompok,  guru membimbing siswa untuk peduli  dengan cara menerima teman yang sebagai kelompoknya dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagi kelompok dengan cara berkomunikasi secara santun dengan temannya yang belum kebagian kelompok.
·   Dengan tanya jawab, diskusi dan observasi serta discovery secara berkelompok siswa dapat menyimpulkan bagaimana pembagian unsur-unsur ligkungan hidup itu dan karakteristiknya.
c.     konfirmasi
· Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan observasinya disertai dengan saling tanya jawab.
· Memantau siswa mempelajari, mengidentifikasi dan mengeksplorasi pembagian unsur-unsur lingkungan hidup serta meluruskan apabila ada argumen siswa dari hasil observasi yang sedikit keliru. Disamping itu guru juga memantau sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi ajar dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa  adanya bila belum dapat dimengerti, kemudian meminta siswa yang lain untuk peduli dengan cara menyumbang ide dalam membantu teman yang membutuhkan.





30’



























3.
Kegiatan Penutup
· Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·   Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “pembagian unsur-unsur ligkungan hidup., karakteristik pembagian unsur-unsur ligkungan hidup di Indonesia”. Data diharapkan dapat ditelusuri dari unduhan sumber-sumber dari internet. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
10’

M. SUMBER/ BAHAN/ ALAT BELAJAR
  1.    Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus – BSNP.
  2.   Buku sumber Geografi Bambang Nianto Mulyo, dkk. 2007. Geografi 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Solo. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
  3.    LCD/Komputer
  4.    Internet

N.  PENILAIAN
Jenis Tagihan          : Tugas Individu, tugas kelompok, dan tes tertulis
Bentuk Tagihan      : Laporan dan Uraian berstruktur
Soal-soal Tes Tertulis

LEMBAR PENILAIAN
Hari/ Tanggal            :
Topik                        :  Tes tertulis pilihan ganda
Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang konsep, pendekatan, dan aspek geografi




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                            Tasikmalaya,  Juni 2012
Kepala Sekolah                                                                   Guru Geografi


__________________                                                Fajrin Milady Ligor, S.Pd., M.Psi.
NIP...............................                                             NIP..................................





Nahhh, itulah hasil dari pembelajaran yang selama ini aku tekuni, semoga saja bisa bermanfaat bagi para temen2 sahabat kaum pembaca. Sekian writing dari aku, sampai bertemu kembali pada kesempatan yang akan datang..
Terima kasih, salam hangat, tetap tersenyum dan sampai berjumpa kembali.
J
Joy,,

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih ya atas Postingan nya membantu skali,,

Fajrin M. Ligor mengatakan...

oke sama-sama, sory baru repp ..
aku baru ngeuh ada yang komen, :)
semoga catatan aku yang lainnya juga bisa membantu.. :)

Posting Komentar

 
;