Senin, 21 Mei 2012

Catatan Mata Kuliah Geografi Politik


Senin, 21 Mei 2012
Oke langsung aja ke our main topic,, pada pertemuan Geografi Politik kali ini kita akan membahas tentang Analisis Kekuatan Negara, apakah yang dimaksuud dengan analisis kekuatan Negara itu??? Oke mari kita bahas ..
Sebelum kita jauh membahas tentang apa itu Analisis kekuatan Negara, kita bahas dulu satu persatu, pertama kita akan membahas  Kekuatan atau Power,, Power mengandung pengertian suatu kekuatan, kemampuan, dan ketangguhan dalam membina, mengembangkan dan mempertahankan kehidupan ploitik dari suatu negara (Idrus Abdurachmat : 1982). Power meliputi, “internal power“ dan “external power”. Internal power merupakan kemampuan yang di tujukan ke dalam untuk membina kesatuan dan persatuan nasional. Sedangakan external power  di tujukan dalam rangka membina dan pelaksanaan politik luar  negeri dan pertahanan nasional. (Norman Pounds :1963).
Power tersebut tidak berdiri sendiri melainkan ada sesuatu yang membangun power tersebut, adapun Unsur-unsur potensi yang dapat di jadikan power pada suatu negara di antaranya :
   Geografi
  Sumber pendapatan alami untuk makanan dan bahan mentah
 Kemampuan industri
 Kekuatan militer
 Populasi penduduk (Kualitas dan kuantitas)
 Karakteristik nasional
 Moral nasional
 Kualitas diplomasi
 Kualitas pemerintahan
Hans J. Morgenthau : 1978

Penduduk Sebagai Power Resources
    Jumlah dan persebaran penduduk
Akan berpengaruh secara kualitas dan kuantitas, sehingga menyebabkan persebaran pada ruang yang memiliki sumber daya alam  akan sangat berpengaruh secara kuantitas
   Kecenderungan dan pertumbuhan jumlah penduduk
Akan di dominasi pada negara yang mampu memberikan produksi pangan terbesar
   Peranan penduduk bagi negara
Sebagai unsur pendorong kekuatan negara baik secara internal dan eksternal.

Alam Sebagai Natural Resources
    Sumber daya tanah dan air
Akan berpengaruh pada pengembangan sumber pangan dari hasil pertanian
   Bahan galian dan energi
Memiliki nilai ekonomi tinggi bagi perkembangan wilayah itu sendiri
   Sumberdaya dan industri
  Di pengaruhi oleh bahan baku yang memiliki nilai strategis yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Mengukur dan Menentukan Power
Dr. Ray S. Cline

Pp = (C+E+M) x (S+W)
Pp = Kekuatan
C   = Masa kritis (Penduduk + Wilayah)
E   = Kemampuan ekonomi
S   = Tujuan Strategik
W  = Kemauan untuk melaksanakan strategi Nasional
Nah, itulah mungkin sekelumit ilmu yang aku dapat saat perkuliahan tadi siang, semoga dengan adanya ini bisa membantu temen-temen para kaum pembaca. Mohon maaf dalam penulisannya masih menggunakan kata-kata sederhana dan sulit dicerna serta masih banyak mengalami kesalahan baik dalam tutur katanya maupun dalam teknik penulisannya, ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan yang penulis miliki, maka dari itu penulis sangat mengharapkan sekali kritik dan saran dari temen-temen para kaum pembaca yang budiman. Catatan ini bukanlah satu-satunya literature yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, masih banyak karangan-karangan ilmiah lainnya yang bisa kita jadiakan acuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Terima kasih, salam hangat, tetap tersenyum dan sampai jumpa kembali. J
Joy,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;