Kamis, 31 Mei 2012

Pantai Sekongkang yang Terabaikan


Pantai sekongkang merupakan pantai yang berada pada sudut pulau Sumbawa, tepatnya si Desa Singkokang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai berpasir lembut putih nan bersih serta dikelilingi oleh  airlaut sebening Kristal dengan warna hijau kebiruan sulit didapati. Pasalnya pengunjung yang ingin mengunjungi pantai tersebut mesti menempuh jalan yang berliku, naik turun, dan kerap kali berlubang disana sini sejauh 55Km dari pelabuhan Poto tano di ujung barat pulau Sumbawa. Di sekeliling pantai juga terdapat bukit-bukit yang menjulang tinggi yang membuat pantai semakin eksotis, alangkah indah nian pemandangan yang akan didapat bila mengunjungi tempat ini. Pantai Rantung ini merupakan pantai terindah yang dimiliki Negara Indonesia, dengan pemandagan indah yang sangat memukau dan eksotis membuat pantai ini seperti cerminan dari pulau Galapagos.

Sayangnya, potensi yang sangat berharga ini belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah baik itu dalam pemeliharaan atau aksesibilitas menuju lokasi. Fasilitas seperti penginapan serta minimnya tranportasi dan promosi pantai ini membuat pantai ini masih jarang sekali dikunjungi para wisatawan baik itu dari dalam dan manca negara, bak perawan pantai ini masaih sangat murni sekali dan belum terjamah. Dapat dibayangkan jika pantai ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dan dapat dikembangakan secara optimal, misalnya sebagai tempat pariwisata, tentunya income atau pendapatan yang akan didapatkan tidak sedikit jumlahnya, dalam kata lain dengan mengolah potensi yang ada di pulau sekongkang ini dapat menuai hasil yang sangat mengejutkan.
Pantai sekongkang sangat berpotensi sekali untuk dijadikan objek pariwisata, selain bisa mempermudah perawatan atau pelestarian pantai tersebut, juga bisa menjadi income yang sangat besar bagi negara khususnya, karena pantai sekongkang merupakan pantai yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan yang sangat jarang sekali ditemui di pantai-pantai pada umumnya, disamping itu juga bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat, bisa juga membuka usaha atau lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Kalau saja di pantai itu diadakan pembangunan yang mencakup fasilitas seperti penginapan, tempat rekreasi, oleh-oleh, atau mungkin tempat penyewaan barang dan jasa, mungkin potensi yang dimilki pantai itu bisa dikembangkan bahkan mungkin saja rating atau grade-nya bisa melebihi pantai-pantai atau tempat objek wisata yang ada di Indonesia yang sudah terkenal jauh hari sebelumnya. Ditambah lagi pembangunan akses jalan menuju lokasi, sangat menunjang sekali guna mempermudah aksesibilitas dan mobilitas para pengunjung. Namun disisu lain, perlu adanya pertimbangan pula terhadap pembangunan di wilayah pantai atau pesisir, pembangunan yang dilakukan di pantai harus seketat mungkin dengan mempertimbangkan sematang-matangnya mengenai AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), selain itu diharapkan pembangunan yang berlangsung adalan pembangunan yang berwawasan lingkungan guna tidak merusak eloknya keindahan alam yang dimiliki pantai tersebut. Sehingga pembangunan yang dilakukan ialah pembangunan dengan mempertahankan kelestarian potensi keindahan alam yang ada disekitar pantai tersebut.
Gambar: Pantai Sekongkang

Lokasi pantai Sekongkang
Pulau Nusa Tenggara Barat

0 komentar:

Posting Komentar

 
;