Rabu, 23 Mei 2012

Catatan Mata Kuliah Studi Masyarakat Indonesia (SMI)


Rabu, 23 Mei 2012
Pagi yang sangat berbahagia sekali, karena setiap pagi emang hakikatnya manusia itu selalu berbahagia dan bersyukut atas segala kenikmatan yang mereka dapat, namun sayangnya hanya sekelumit manusia yang menyadari akan kenikmatan itu, well kebanyakan dari kita mungkin lebih banyak mengeluh ketimbang bersyukur, yaah karena itu tadi mereka kurang bersyukur atas rahmat yang telah mereka terima dari sang maha pencipta.

Pada bahasan topic kali ini aku akan sedikit berdongeng about perkuliahan barusan, Studi Masyarakat Indonesia. Sebenarnya banyak sekali ilmu yang harusnya aku dapat dari perkuliahan tadi, namun mungkin karena keterbatasan daya serapku yang apa adanya ini membuat ilmu yang telah dipaparkan oleh yth. Ibu Dosen tercinta yang begitu sedemikian banyaknya menjadi tidak seluruhnya terserap olehku, kendati demikian semoga sedikit curahan ilmu kali ini bisa menjadi inspirasi yang diharapkan khususnya bagi para pembaca. Oke,, Lets go to Our Main Topic!!!
Pada pertemuan kali ini kebetulan yth. Ibu Dosen memaparkan about Dinamika Masyarakat Indonesia, bisa kita lihat dari kata ‘dinamika’ yang artinya perubahan, maka dapat  dipastikanlah bahwa apa yang akan kita bahas pada pertemuan kali ini tentang perubahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia, baik itu tingkah laku, atau penggunaan Teknologi dsb menyangkut segala sesuatu yang ada pada masyarakat. Dinamika Perubahan Masyarakat Indonesia terjadi karena faktor2 tertentu, yupp ada faktor internal dan faktor Eksternal. Adapun faktor Internal mencakup :
1.    Pertumbuhan Penduduk
2.    Penemuan-penemuan Baru, mencakup :
a.    Discovery
b.   Invention
3.    Pertentangan (conflict)
4.    Revolusi
Sedangkan pengaruh perubahan Masyarakat Indonesia yang berasal dari luar atau sering kita kenal dengan faktor Eksternal, adalah sebagai berikut:
1.    Lingkungan Alam
2.    Peperangan
3.    Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain
Dari faktor-faktor itulah masyarakat di Indonesia banyak melakukan perubahan, sehingga tak heran jika dari waktu ke waktu dengan seiring perkembangan zaman, manusia sering melakukan perubahan, atau dinamika.
Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang perubahan social, antara lain:
1.    Teori Evolusi (Evolution Theory)
2.    Teori Konflik (Conflict Theory)
3.    Teori Fungsionalis (Funchionalist Theory)
4.    Teori Siklis (Cyclical Theory)
Selain karena faktor tadi, perubahan manusia juga bisa diakibatkan oleh perubahan Pengetahuan, Teknologi yang mengakibatkan terjadinya peningkatan kulaitas atau kuantitas dalam segala bidang, baik itu mencakup pengolahan Sumberdaya ataupun dalam aksesibilitas masyarakat. Nah, berkat adanya perubahan IPTEK manusia menjadi lebih mudah untuk melaksanakan akses komunikasi, mempermudah kinerja manusia dalam melakukan atau menyelesaikan pekerjaannya. Dengan kemajuan IPTEK penyebaran pengetahuan lebih mudah untuk dilakukan, misalnya untuk mengetahui suatu berita di lokasi yang kebetulan berada jauh dengan lokasi keberadaan kita sekarang tidak perlu datang ke TKP tapi kita bisa menyaksikan berita tersebut dari jauh misalnya menonton acara berita di TV atau dengan sengaja searching di Internet, sungguh menghemat waktu dan biaya bukan?!! J
Jika kita kaitkan dengan permasalahan yang banyak terjadi di Negara Indonesia ini, jelaslah kemajuan IPTEK bisa menjadi solusi yang sangat tepat guna menaggulangi permasalahan yang kian marak terjadi, namun itu juga didukung oleh Human Resources yang cukup baik dan tentunya mena’ati prosedur atau peraturan yang berlaku. Disamping itu juga IPTEK bisa menjadi alat yang mampu untuk meningkatkan pendapatan/ income cukup cepat. Sayangnya, tingkat kesadaran Hukum di Negara kita ini sangatlah Rendah, banyak penyelewengan atau penyalahgunaan peraturan yang dilakukan guna mengutamakan kepentingannya sendiri, tak heran sering terjadi Human Eror yang berdampak luas kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Indonesia, alhasil IPTEK bukannya menanggulangi permasalahan malah menambah permasalahan yang telah ada sebelumnya.
Nah, itulah mungkin sekelumit ilmu yang aku dapat saat perkuliahan tadi pagi, semoga dengan adanya ini bisa membantu temen-temen para kaum pembaca. Mohon maaf dalam penulisannya masih menggunakan kata-kata sederhana dan sulit dicerna serta masih banyak mengalami kesalahan baik dalam tutur katanya maupun dalam teknik penulisannya, ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan yang penulis miliki, maka dari itu penulis sangat mengharapkan sekali kritik dan saran dari temen-temen para kaum pembaca yang budiman. Catatan ini bukanlah satu-satunya literature yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, masih banyak karangan-karangan ilmiah lainnya yang bisa kita jadiakan acuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Terima kasih, salam hangat, tetap tersenyum dan sampai jumpa kembali. J
Joy,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;