Minggu, 13 Mei 2012

Nerusin Kuliah Kemana yaaaa????...

Catetan pengalaman yang mungkin bisa membantu temen2 SMA yang sedang galau meneruskan sekolahnya..
Minggu, 13 Mei 2012

Kamu Mau Nerusin Kuliah Kemana????? Selentingan itu pasti saja kita temukan ketika kita telah menyelesaikan Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir Sekolah di jenjang Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan/ Sederajat. Yahh, mau enggak mau kita kudu ngedengar kata itu, meski kata itu membuat kata kita GALAU dan serasa pengen makan gallon, tapi apaboleh buat toh itu realita yang harus kita hadapi ketika kita lulus SMAnanti, kita paksa untuk memilih diantara beberapa pilihan, yupp antara Kuliah, Kerja, keduanya membutuhkan pertimbangan yang cukup matang, jika ingin kuliah, mesti kuliah kemanakah kita? Nah kalo mau kerja, kerja apakah kita??? Semuanya membutuhkan pertimbangan yang sangat matang.. atau jika tidak kalian terpaksa harus dan mau tidak mau kudu memilih pilihan terakhir yang memang sebenarnya ini bukan pilihan tapi mungkin bisa disebut tempat untuk orang2 yang galau, yuppp apalagi kalau bukan penganguguran.. maka dari itu marilah kita sharing, diskusi atau lebih akrabnya bisa kita sebut dengan ‘cuhat-curhatan’ agar kita bisa memilah memilih dan menimbang serta memutuskan sesuatu yang tentunya tidak akan membuat kita menyesal kelak dimasa yang akan datang. Oke, Lets to Our Main Topic!

Masa LULUS SMA adalah masa2 yang paling galau dan paling sangat fatal, kenapa demikian? Karena kita dihadapkan langsung kepada Masa Depan kita, yahh masa depan.. dimana kalo kita salah melangkah pada tahap ini kita akan menemukan jurang atau jalan buntu untuk menyongsong masa depan kita, so sebelum terlambat marilah kita ketahui terlebih dahulu apa yang sebenarnya kita kejar, mau kemana kita dan bakat apa yang kita miliki. Ketika kita ingin memilih suatu jurusan di perguruan tinggi tertentu kita harus mempertimbangkannya terlebih dahulu, yaahhh tentu! Ada beberapa tips dari pengalaman yang kau alami buat memilih jurusan, yang nantinya jurusannya itu bisa srek sama hati kita, dan enggak terjadi ketidaksesuaian antara kemampuan kita sama jurusan yang kita tempuh..
  1. Pilihlah Jurusan Apa yang Kalian Suka
Dalam jiwa seseorang baik itu orang yang sangat pendiam sekalipun pasti ada sesuatu yang disukai dan tidak disukai, yah itu memang sudah kodratnya. Nah sadarilah temen2 apa yang kalian sukai itu, khususnya dalam aspek akademik atau bakat yang nantinya akan menuntun kalian mengambil keputusan pemilihan Jurusan. Misalnya temen2 suka sama otomotif (biasanya cowo) atau suka dalam dunia kesehatan, tekunilah, pelajarilah, kemudian pilihlah tanpa ragu. Toh kalaupun banyak halangan yang menghadang, pasti ada jalan keluarnya, ingat “selalu ada harapan bagi mereka yang mau berusaha”. Tidak akan ada usaha yang sia2, semuanya pasti membuahkan hasil, inget itu ya temen2. Nah ketika dalam pemilihan jurusan pada perguruan tinggi nanti, temen2 jangan pada galau jangan pada pusing karena bingung mau milih apa, pilihlah apa yang kalian suka yang sesuai dengan bakat temen2, eiitt jagnan bilang “aku enggak punya bakat apa2”, bukan enggak punya bakat, but itu Cuma belum disadari aja bakatnya apa, ntar juga ketemu kok.
  1. Hilangkan Rasa Minder/ Tidak Percaya Diri
Ketika temen2 memilih jurusan yang temen2 sukai tapi temen2 takut Karena ntar dapet peluang kerjanya sedikit dan bla bla bla, temen2 gausah pesimis Karena dengan menekuni apa yang telah disukai itu akan terasa senang meskipun sebenernya itu membuat pusing, dari suka kan bisa jadi gampang tuh dan temen2 bisa dapet prestasi lebih karena temen2 bener2 suka sama apa yang sedang temen2 tempuh. Jika prestari udah ditangan, apa artinya sebuah saingan? Mereka akan mudah tersingkir dengan segudang prestasi temen2..
  1. Bri Penjelasan Pada OrangTua tentang Jurusan yang akan Temen2 Tekuni, Kalau2 Beliau Kurang Setuju dengan Keputusan Temen2
Nah kalo yang ini udah kagak aneh lagi brow, kebanyakan orangtua itu ingin membuat anaknya itu menjadi apa yang mereka harapkan, yahh termasuk aku, eheheh. Tapi pilihan orangtua itu belum tentu yang terbaik loh, kan siapa tau apa yang dipilih orangtua kita itu enggak cocok sama kita, justru kita enggak suka sama tuh pilihan orangtua. Well, jika itu terjadi bukanlah hal yang sulit kok untuk membuat semuanya menjadi seperti yang kita inginkan. Pelahan tarik nafas, berdoa, dan katakan pada ortu temen2 tentang apa yang temen2 suka dan yang temen2 inginkan, deskripsikanlah secara menyeluruh, yakin dan penuh nada kepastian, yakinkan pilihan temen2 itu merupakan pilihan yang tepat dan akan membuat masa depan temen2 cerah. Jika itu udah dilakukan, dijamin deh ortu temen2 pasti percaya sama temen2, menyetujui pilihan temen2. Satu lagi, jangan takut ketika menolak pilihan yang jadi rencana ortu, karena jika kalian takut maka masa depan kalian yang akan hancur,, sekarang ayooo pilihhh, milih berani melawan (demi kebaikan) dan mendapatkan masa depan cerah atau takut dan pasrah, menerima keadaan dan siap2 menjalani keterpurukan?! Temen2 lah yang menetukan.
  1. Jangan Terpaku Pada Ajakan Teman/ Sahabat/ Pacar/ Siapapun
Teman itu ialah sesosok mahluk yang selalu ada disekitar kita, selalu menemani kita, bersosialisasi dengan kita (eiittssss, bukan jin atau penampakan loh). yahhh kadang masukan dari temen ketika kita galau itu bisa menjadi inspirasi buat jalan keluar, but pertimbangin dulu ketika mereka ngasih saran about yang satu ini, karena kalau masalah ini sangkut pautnya sama masa depan temen2 loh,, jangan telalu mudah untuk terayu, apalagi just dengan alesan “supaya kita bareng2 lagi”, halahhh selalu bareng itu kagak ngejamin kebahagiaan brow, yang ada ntar dia sukses karena menjalani apa yang dia inginkan, dan kita??? Terpuruk karena niatnya juga Cuma mau nemenin dia kuliah kan, bukan menekuni apa yang kita suka. Maka dari itu temen2 jangan mudah terhasut yahhh, pikir2 lagi deeehh kalo ada yang ngajak, sahabatan masih tetep bisa berjalan kok walau dipisahkan jarak yang panjang (jika memang ia bener2sahabat sejati).
  1. Jangan Paksakan Kehendak Jika Tidak Suka
Nah, ini nih yang bikin semuanya kacau balau dan kuliah jadi kagak bener, ketika kita maksain kehendak kita pada sesuatu yang kita sendiri kurang suka dan bahkan kita kagak suka sama sekali, waw kacauuu … sangkut pautnya erat sekali kawan dengan poin sebelumnya, kita bisa terpaksa masuk karena paksaan ortu, ajakan temen pacar sahabat dan lain sebagainya yang kelak membuat kita tidak focus kuliah, dan ujung2nya kita bisa di DO dari tuh kampus karena kita memang enggak suka sama tuh jurusan, nah udah gitu mau gimana hayoohh?? Pusing kan?! Ngulang lagi ke jurusan yang bener2kita sukai ntar takut ketinggalan, nerusin perjuangan kagak sanggup, disinilah kehancuran akan terjadi, hihihih. So jangan sekali2 maksain kehendak yah temen2..
  1. Jika Galau, Tanyakan Pada Kaka atau Kaka Kelas yang punya PengalamanLebih Banyak
Ada pepatah yang mengatakan, “Malu Bertanya Sesat dijalan, Banyak Nanya Malu-maluin deh ah (kalimat kedua boongan dink)”. Nah dari pepatah itu (kalimat pertamanya aja, kalimat kedua anggap aja kagak ada) temen2 bisa menarik kesimpulan bukan?! Jika temen2 udah ngejalanin cara yang bejibun banyaknya ampe jungkel jumpalik, tapi temen2 masih pada galau buat nentuin mau nerusin kemana dan masuk jurusan apa, temen2 bisa nanya ke kakak atau kakak kelas di sekolah temen2atau sekolah lain mungkin (yang punya banyak kenalan), atau mungkin dengan kakak2 yang dapet nemu dari jejaring social di dunia maya, itu juga bisa kok, “tidak ada pembatas untuk jaringan komunikasi”. Ngbrol lah sama mereka, sharing dan curhat2an, tanyain sama mereka tentang apa yang menjadi kegalauan temen2, tuker fikiran, nah dari situ temen2 bisa dapet info yang berharga buka, apa yang menjadi rasa penasaran temen2 karena kurangnya pengalaman temen2 bisa teratasi, dan temen2 bisa dapet inspirasi dan pencerahan baru tentunya.. (nah kalo uda dapet ispirasi mau diterusin PDKT atau yang lainnya itumah urusan pribadi temen2 hehehe..). oiiiaaa, perlu temen2 ketahui, enggak semua kakak tingkat itu bisa dijadikan tempat penanyaan (emangnya kuburan), sebelum kalian bertanya sama kakak tingkat atau kakak kelas yang bersangkutan, kalian mesti pilih bibit bobotnya dulu, usahakan kalian bertanya sama kakak kelas yang “dewasa”, inget loh “lebih tua belum tentu lebih dewasa” dan “cakep juga belum tentu dewasa”. So pilih2 lah yah kalo mau nanya2 masalah yang urgent kaya gini mah, heheh. (kalo mau bisa Tanya aku juga loh, #promosi. Hohohoho)
  1. Yakinkan dalam Hati dan Bulatkan Tekad Bahwa Ini Memang benar Pilihan Saya
Nahh, setelah temen2 mengaplikasikan semua tips atau mugkin ada cara lain yang lebih menarik atau lebih simple, tentu temen2 udah tau mana jurusan yang temen2 sukai, ditambah persetujuan orangtua tentunya dan masukan dari kakak2 tingkat, next temen2 semakin yakin dengan pilihan temen2 bukan?! Well, setelah itu temen tinggal Yakinkan Dalam Hati, Bulatkan Tekad dan BUKTIKAN!!! Bahawa temen2 akan membawa kesuksesan pada bangsa dan temen2akan membuat orang tua temen2 bangga akan apa yang temen2 raih, buat mereka percaya bahwa apa yang temen2 pilih itu membuahkan hasil yang memuaskan, buat mereka menagis haru akan prestari yang temen2dapat!!! GOOD LUCK!!!
Nahh, itulah mungkin tips yang bisa aku curahkan sama temen2, semoga bermanfaat dan bisa menambah isnpirasi bagi temen2 yang hendak menempuh perguruan tinggi, khususnya yang lagi galau.. hihihi semoga menemukan tiitk terang..
Upps, hampir lupa pesen dari aku “temen2 jangan terpengaruh oleh title atau status sebuah perguruan tinggi yah, juga jangan terpengaruh oleh gengsinya, karena perguruan tinggi yang akan mencetak kader berkualitas itu bukanlah perguruan tinggi yang ber’status’ atau yang bergengsi tinggi, melainkan perguruan tinggi yang memiliki lingkungan yang kondusif untuk meningkatkan kualitas para peserta didiknya, ditambah fasilitas serta tenaga pendidik yang berpengalaman dan berkualitas tentunya”. So, udah kagak jaman kalo sekarang temen2 masih terpengaruh oleh title atau status sebuah perguruan tinggi, karena yang akan merubah kualitas kita, pola fikir kita serta intelektual kita itu adalah lingkungan sekitarnya, pergaulan, dan teman sepermainannya …
Nah sekarang, gimana keputusan temen2 hayooooo …?????????????????????????!
Aku, joy, sampai jumpa kembali di postingan berikutnya ….
:)


0 komentar:

Posting Komentar

 
;