Kamis, 12 April 2012

Ooougghh..

Jum’at, 27 Januari 2012
Para hadirin jema’ah jum’at yang berbahagia (loh, kaya yang lagi juma’atan aja), di hari jum’at yang bahagia ini, saking banyaknya yang bahagia jadi aku kagak kebagian bahagianya, yaahhh terpaksa aku harus merasakan sakitnya badan ini, ini serius, aku sekarang lagi sakit (gak penting kali). Temen2 mau pada tau kenapa?? (gak juga ahh), you uis tak pless back ioooo …

Kemaren2 kalo gak salah liat kalender yang uda bulukan dan banyak lalernya, aku dan temen2 beranjak pergi dari persemayaman (sejak udah beberapa abad kita tapa di dalem goa yang biasa kita sebut rumah) to “Pangandaran Beach” (wuiihhhh mantappp). Hari itu selasa tepatnya 24 januari 2012 pukul 06.00 aku udah stay at terminal depan rumah buat majeg kenek elf, hehe bohong dink, aku siap2 buat nyegat tuh mobil karena hari itu kebetulan temen aku yang satunya kagak bisa ikut dikarenakan ayahnya kena serangan stroke (moga amal ibadah beliau diterima disis-Nya, husss!! Maksudnya moga cepet sembuh yaaahh, nyesel banget deeeh kalau kamu kagak ikut), terpaksa aku harus naik kendaraan pribadi aku dengan supir pribadi juga tentunya yang akan menjemput bentar lagi (kita sebut saja mobil umum biar kagak ribed yaahh). Oke ternyata setelah sukses menunggu sebentar yaitu kira2 sekitar 1jam lebih, akupun akhirnya dijemput sang sopir, huft.. and than.. akupun berangkat menuju cikijing (rutenya maja-cikijing-ciamis), loh kenapa ke ciamis??? Yupp temen2 udah stay at ciamis menunggu aku, jadi kita berangkat ke pangandaran naek motor bareng2 dari ciamis. Setelah mendapati mobil jurusan tasik-cirebon (ntar aku berhenti di ciamis) saat itu juga aku menerima pesan singkat dari salah satu temanku
Temenku (T) :“dimana??”
Aku (A) :“masih di panawangan”,
T : Lila ah! (yang artinya, duuuhhhh bentar banget naek mbinnya)
A : “kebagean mobil ulet jengkal” (kebayang gak? Mobil bus jalannya kaya ulet jengkal,,(heemmm…)
Setelah menikmati perjalanan yang aduhaiii santai banget bin lemot, akupun tiba ditempat tujuan yaitu di alun2 ciamis, tempat janjian kita2. Dan aku melihat sosok yang sudah tidak asing lagi berada di alun2ciamis dan ternyata itu adalah orang lain yang akupun kagak kenal siapa dia itu, aku mencoba mencari sosok yang ku kenal ditempat asing itu namun tidak satu batang hidungpun kudapati, akhirnya setelah lama menunggu dibawah terik panasnya sang surya menyinari dunia akupun menyerah dan mulai mengetik short messages (kenapa egak dari tadi cubluk!!), akupun dapat repp dari mereka yang ternyata mereka masih ada di rumah masing2, gilak santai banget tuh anak, janjian jam 9 eeehhh udah ½ 10 masih pada santai gitu, huh. Setelah kesal menunggu akhirnyamerekapun dateng juga, oiyah ditengah2 sela waktu ketika ku meunggu temen2 ku, aku melihat dua orang yang memakai serangam (bukan, bukan tukang sampah kok), yaitu sang penegak jalanan yang tidak lain dan tidak bukan adalah POLANTAS alias POLISI LALU LALANG, ehh maksudnya LALU LINTAS lewat memakai kendaraan tepat didepan mataku. Loh, aneh yaa ???? emang gak aneh sih kalo POLANTASnya, yang bikin aku heran sampai sedikit lagi hampir mati dan yang membuat akal kritikus dan konyolus ini berfikir keras (sekeras2nya berfikir tetep aja yang keluarnya hipotesa bodoh) yaitu sikapnya itu lohh, sekilas memang gak aneh tapi entah aku yang salah liat, entah tadi aku karena saking lamanya nunggu temen2 jadi ketiduran terus ngimpi, entah apalah itu. Aku ngeliat mereka boncengan lewat dengan membawa kendaraan bermotor sambil meluk2 mesra gitu, kebayang gak?? Badan tinggi gede ehh meluk2 mesra pas boncengan, idih egak banget deeh, fikiran konyol ku mulai beraksi, mungkinkah mereka gay??? Ato mungkin udah ada dalem UUnya kalo lagi boncengan mesti kaya gitu, Hareuhhh,,
Pesan singkat : job jadi Polisi itu gak ngejamin kalo dia itu enggak gay!
Oke, udalah lupain aja, yang jelas dia kagak godain aku hiyyyhhh. Next setelah mereka dateng, (temen2ku, bukan orang yang tadi kita bahas) aku pun langsung berangkat bersama mereka ke rumah salah satu temenku yang letaknya tidak begitu jauh dari alun2ciamis.
On the way …
Perjalanan mulus apa adanya, tanpa halangan dan tanpa hambatan, tanpa pula tragedy aneh yang menimpa. Oiyah, kecuali satu rumah makan yang buat aku sedikit heran dan aneh. Oke, diperjalanan (kira2 udah setengah jalan) aku melihat ada sebuah rumah makan, emmm.. rumah makannya sih kagak aneh, biasa aja deh. Tapi namanya yang buat aku mikir kagak karuan, yupp! Nama rumah makan itu adalah “Rumah Makan Sederhana”, aku fikir kalau yang namanya sederhana itu kan identiknya dengan segala keterbatasan (kalo bahasa asingnya ‘saaya-aya), namun apakah yang membuat fikiran anak genius bin konyol ini menjadi gak karuan??? “Rumah Makan Sederhana” itu beda sekali dengan namanya yang “sederhana” yaaaahhh yang seadanya, dilihat dari fasilitasnya mulai dari tempat parkir, WC umum, serta semua interior dan eksterior yang dimiliki rumah makan itu amatlah mewah, entah yang punya Rumah Makan kesambet apaan pas ngasih nama tuh rumah makan, sehingga namanya jadi “rumah makan sederhana”. Aku fikir ini mau ditela’ah bulak-balik sambil terjun bebas dan jatoh ke jurang juga kagak akan ada nyambungnya, masa fasilitas yang mewah gitu dinamain sederhana sih, dosa besar tuh yang ngasih nama. Hufpt. Ditambah lagi ditinjau dari segi kehukuman, tuh yang ngasih nama rumah makan udah kejerat pasal penipuan, belum lagi kejerat pasal lainnya yang mengakibatkan banyak korban jiwa, gila tu yang ngasih nama. Sepanjang perjalanan aku gak habis fikir sama tuh yang namanya rumah makan sederhana, sampai ke rumah temanku pun fikiranku masih terganggu oleh rumah makan tersebut, dasar rumah makan tidak tau etika ! huh!
Oke, ternyata pas kita sampe rumah temen, ehh dia uda on time nungguin kita yang mau nyamper, pas kita2 dateng dia langsung ambil peralatan tempurnya dan langsung cekidot. Eittsss tidak lupa buat rampok dulu tuh makanan yang ada di rumahnya, lumayan takut di pantey kelaperan, hahaha (ketawa iblis). Perjalanan pun dimulai kembali, selanjutnya kita akan mengunjungi rumah temen kita yang kebetulan lokasinya deket banget dengan TKP. Perjalanan amat damai, aman, tentram, sejahtera dan sentosa, sampai disuatu jalan entah jalan apa itu namanya yang jelas aku lupa lagi dan emang gak inget, kita diberhentikan oleh orang2 yang berseragam (bukan, itu bukan anak TK) melainkan itu POLANTAS, yahh sekali lagi POLANTAS, kali lagi ah takut yang pojok kagak kedengeran “POLANTAS” alias polisi lalu lintas. Perjalanan kami terhentikan karena ‘katanya’ sedang ada razia surat2 kelengkapan kendaraan gitu, youuuwisss kami pun berhenti dan diperiksa satu persatu, setelah itu kamipun melanjutkan perjalanan kembali. Tidak terasa atau mungkin karena aku ketiduran dijalan, hehe, kami pun akhirnya titba di jalan yang aduhaii molek sekali tubuh jalanan itu sehingga kami harus megemudikan sepedamotor kami dengan amat teramat hati2 yang artinya kami sudah berada dekat dengan rumah target kami. Tidak lama kemudian, kami pun sampai di rumah itu, akhirnya makan2!! (upss).
Kedatangan kami ternyata disambut hangat oleh keluarga teman kami, dia bilang sama ortunya kalo kita2 mau singgah dirumahnya, and than alhasil ortunya repot bikinin makanan sengaja buat nyuguhin kita2 (duuhhh bu maaf jadi ngerepotin, hehe #sambil melahap hidangan kaya yang uda 7tahun kagak makan), duuhh gini ni joy, kalo maen bawa kamu, kamu tuh emang egak pemalu sih, TAPI MALU2IN TAU!!!!!!!!!!(aku kagak malu2in ko, aku cuman ngehargain tuan rumah #ngebela diri). Setelah kami selesai menyantap hidangan dengan biadab, kami pun segera melaksanakan solat dan prepare go to pangandaran beach.
Kami berangkat pukul 2 WJYAP (Waktu Jam Yang Aku Pake), dan perjalanan yang sesungguhnyapun dimulai …
At the Pangandaran..
Kami berjumpa ombak yang begitu semerbak ingin menyantap kami pada pukul 3(sekitar) dan kami pun hendak mencari tempat untuk menginap/bermalam (gak lucu kan kalo nginepnya bikin tenda di dasar laut).
Masih dalam perjalanan,
Aku (a) : mau cari penginapan dimana?
Temen aku (ta) : udah tenang aja..
A : loh ???
Ta : tar juga ada yang ngejar
A : emang aku copet apa!!!
Tidak lama kemudian aneh bin mustajab dan seketika ada motor yang ngejar dan menghampiri kita, dalam hati “wow, bener temen aku apa makan kenalpot yah???? Kok tumben2an omongannya bener”, biasanya omongan temen aku yang satu itu kagak ada nyambungnya sedikitpun. Ngaco.
Calo (C) : nyari penginapan dek??
Aku (a) : nyari keributan!!!!!!!!!!!! Yaiyalah nyari penginapan..
Temen aku (ta) : iya mas,,
C : ayo ikut aku dek, ntar ditunjukin..
 A : ogah ah, kalo kagak di kasih duit ! :p
Ta: ayukk,,
NB : yang tulisan miring itu egak bener2 diucapin, kalo iya diucapain kayanya aku udah abis jadi dadar gulung.
Setelah kami sampai dirumah yang dimaksud, kamipun berdebat dan mengadakan konferensi meja bundar, eh kotak dink, kan mejanya kotak. Kami mendapatkan persetujuan dari keduabekah pihak bahwa tariff yang berlaku adalah sebesar 140rb/malam, yaaahh lumayan lah kalo di bagi 6 kan jadi murah meriah sumringah, haha. Alhasil kamipun jadi menginap dirumah itu, yah rumah yang sempat menjadi perbincangan antara dua buah kubu, yaitu kubu kami yang terdiri orang2 yang berlaga dengan tampang sok keren namun perlu dikasihani dan kubu pemilik rumah yang terdiri dari ketua para gank alias nenek2.
Setelah sejenak melemaskan otot (bumbu dapur kali ya dilemesin) kamipun sepertinya tergiur degan suara deru ombak yang seakan melambaikan tanganya menarik paksa kita (kebetulan kita dapet rumah yang deket ke pantey) sehingga kita dengan tidak sabar dan dengan hasrat menggebu2 ingin melampiaskan nafsu kita kepada sang tukang beca (loh) maksudnya pantai. Dengan penuh semangat ‘45 perjoangan repoeblik endonesa (gini nih kalo kebanyakan nonton film perjuangan) kami pun segera mengganti pakaian dan menuju pantai nan indah, beach I’m coming … sesampainya di laut ku kabarkan semuanya kepada ombak, kepada karang, kepada matahari.. tetapi semua diam, tetapi semua bisu (ya iya lah goblok, emang sejak kapan mereka disekolahin jadi pada bisa jawab pertanyaan), loh kok malah jadi nyanyi ebit???? And than kamipun menikmati pemandangan yang disuguhkan pantey itu, dari mulai anginnya yang bertiup sepoi2 sampai angin topan yang menerbangkan segalanya dan sampai menimbulkan huru-hara (yang itu enggak dink), pemandangan pantainya yang indah, ombaknya yang menari nan riang, sampai para pengunjungan yang berdatangan dari bule, anak2 yang sedang mendapat tugas observasi dari sekolahnya, bahkan sampai yang nyasar pun ada di sini, wuiihh complete yoo, (kira2 kalo yang lagi nyari sandal ilang ada yang nyasar kesini kagak yaa???).
Oke, kamipun langsung bergegas tanpa ragu menuju TKP, awalnya kami gak niat buat berenang, (di schedule renang itu ntar besok) Cuma niat futu2 doang, namun eh ternyata dan ternyata kamipun basah juga akibat obak yang tiba2 datang gitu aja (nyasar kali yah), lanjut yaudah deh daripada nanggung basah sedikit, kita basahin aja sekujur tubuh kita dengan air garam itu. Naasnya, belum juga kami berlama2 denganair laut itu eehhh ujan ikutan nimbrung renang, alhasil meskipun sama2 air dan sama2 buat kita basah, tapi kayanya kagak enak kalo kita renang sambil ujan2an, pada diliatin beribu pasang mata yang ada disitu, kan gak lucu kalo kita disangka orang gila. Yaudah deh kami pun pergi ke tempat yang teduh (ngapain juga orang udah basah kuyup gitu, but lumayan lah ikut2an orang lain. Hehehe). Kalo aku sih bisa dibilang masih mending, karena basah kuyup juga karena tadinya udah berenang di laut, nahh ini temen aku kagak berenang kagak napa eehhh ikut2an basah kuyup, naas banget lo! Heheh. Karena nanggung udah basah kuyup bin kuyumus karena langit juga udah mulai gelap dan sang mentari udah mulai meninggalkan kehidupan kita,  yooo wiss kita balik lagi aja ke kontrakan ujan2an, lumayan tambah seru2an. Diperjalanan aku nemuin anjing yang sedang asyik berteduhdi gubuk yang udah gak di pake, tersirat dalam benakku “ini anjing juga ngerti kalo ujan itu berteduh, nah terus kita??????” . halah dasar, ada2 deh ahh. Sesampainya di kontrakan, hujan pun reda (buset, ini hujan maunya apaan sih, tadi lagi renang malah turun nah sekarang uda mau pada mandi malah berhenti, heugh), kamipun segera bergegas mandi dan persiapan buat sholat maghrib.
Setelah semuanya beres, kamipun bergegas untuk dinner alias ‘cacapluk’ karena pada jam2 itu kami sudah mendapatkan panggilan alam, berupa suara perut yang tiada henti untuk bersenandung. Yaudahh, kamipun pergi bergegas untuk mencari makan. Niat baik kami yang tadinya hendak menyusuri pantai pangandaran dengan berjalan kaki sembari mencari makan berubah menjadi malapetaka, kenapa???? Well, hujan lagi2 ikut serta dalam perjalanan kita dan dengan sukses menemani kita di depan pintu gerbang penginapan kurang lebih sekitar 40 menit dan kali ini ia tidak sandirian, ia membawa temannya ‘angin’ untuk menjadi tour guide kita dalam perjalanan kita malam ini. Yah mau apa lagi dengan perut keroncongan, mata berbinar kelaparan dan wajah kusut seperti anak ayam mencari induknya kamipun menunggu hujan reda. And kemudian sepertinya hujanpun mengeti raut wajah kami yang begitu memelas dan amat sangat menghawatirkan, setelah reda kamioun bergegas menemui penjual soto yang berada di dekat pantai, sesaat kami melihat daftar harganyanya “bujub busett! Ini orang mau jualan apa mau ngerampok wisatawan???”  harganya itu loh hampir 3x lipat bahkan lebig dari harga biasa(ini Negara kan udah merdeka, masa harganya kaya yang masih dijajah sama jerman barat aja), sesaat hasrat ingin makan pun sedikit menghilang, namun yang namanya panggilan alam yaa is no.1, mau gak mau kamipun harus mau merelakan doku keluar dari sarangnya dengan cara yang agak biadab. Yahhh meskipun perut kenyang namun fikiran masih terkenang akan uang yang melayang, halahh. Kamipun bergegas kembali ke kontarakan, aku langsung menyambar selimut dan segera tidur berharap mimpi ketibang uang sekarung, sebagian dar iteman kami ada yang bergadang , namun aku tak perduli dan akupun pergi melanjutkan tidurku.
Serasa di duinia mimpi namun ini kenyataan, aku terbangun di pagi buta dan clingak clinguk kesana-kemari, salah satu dari temanku ada yang ngajak pergi ke pantey buat liat ‘sunrise’ (malum sunsetnya kagak dapet berhubung cuaca mendung di sore hari). Oke sesampainya di pnatai kamipun sedikit agak kesiangan nampaknya, matahari dengan rajinnya udah ada di ufuk timur, menyinari kembali kehidupan di muka bumi ini. Oke, tak lupa dengan niat buat ambil pic.sunrise kami segera mengambil pose dengan backround sang mentari pagi. Yahhh, meskupun larak lirik kiri kanan orang laen uda pake LDSR, namun kami dengan angkuh mengeluarkan kamera semi, itu juga udah dapet minjem maksa pula! Heuheu, parahh! Setelah puas mengambil gambar sesuka hati dan melihat para nelayan menarik jarring ikannya, kamipun pergi kembali, dan acara selanjutnya yaitu pergi menghadap walanda (alias para pedagang makanan), kenapa kami namai walanda?? Karena yang namanya ‘walanda itu suka seenak jidat buat masang tarif sama halnya dengan ‘cina’, waktu penjajahan juga kan dia itu ngejajah 350tahun, sekali lagi 350tahun, kali lagi ah yang belakang kagak kedengeran 350tahunn!! Penderitaan itu pedih jenderal!). Suskses besar dengan dugaan kami, ternyata harga yang ditawarkannyapun tidak kalah jauh dengan mba2 yang jualan soto kemarin malam (kalo aku hidup disini kayaknya gajih 5jt sebulan juga kagak akan cukup buat makan). Oke, tak apalah yang penting kita masih bisa menyambung hidup. Well, setelah itu kamipun kembali bercumbu mesra dengan sang pantai dan ombak yang menggeliat menggelitiki kami (ngelitiki dari mananya? Yang ada juga pada kebawa ombak tuh, untung kagak terdampar di pulau asing juga).
Tidak terasa waktu begitu singkat, saatnya tiba kami untuk berpisah dengan pantey tercinta, setelah sekian lama kita berjumpa dan menghabiskan waktu bersama (Cuma 2jam juga) akhirnya kitapun harus dipisahkan kembali oleh jarak, selamat tinggal pantey, selamat tinggal ombak, angin, hujan dan juga para pejual yang kian kerap kali membunuh kita secara perlahan dengan tarif yang membuat kita kagak enak makan, pokoknya seluruhnya sampai jumpa kembali, semoga kelak bila diberi umur panjang kita dipertemukan kembali (tidak teruntuk bagi para penjual). Amin. Dadahh, see u later, beach ….
Kami segera bergegas pulang degan alesan aku ayng tempat tinggalnya lumayan nan jauh disana takut keburu malem, hehe (soalnya kata mamah gak boleh keluar malem ntar diculik kelong wewe loh). Ditengah terik matahari dan penatnya suasana jalanan Pangandaran-Ciamis kami dengan gagah perkosa eh perkasa mengendarai kendaraan tempur kami demi sampai ke tempat tujuan, satu persatu teman2ku gugur dan tidak dapat melanjutkan perjalanan, memang kalau bisa dibilang, ini merupakan perjalanan dengan jarak tempuh yang amat sengit dan memakan banyak jiwa (yang jelas temen2 aku uda pada sampe ke rumahnya, makannya kagak nerusin perjalanan juga). Oke tinggal tersisa satu lagi pejuang tangguh dari beberapa yang bertahan, yaitu tidak lain dan tidak bukan selain sang maestro ijoy! Haha, aku berpisan dengan teman di terminal ciamis, kebetulan tu terminal lokasinya berdeketan banget sama stadion ‘GALUH’ yang kebetulan pada saat itu sedang menggelar pertandingan seru. Aku pun pergi bergegas sholat di mushola terdekat yang ada di terminal tersebut, yang kebetulan letaknya berdempetan dengan stadion tadi yang telah kita ramai bicarakan (emang ramai yah?? Perasaan egak deh). Akupun segera melaukan sholat berjamaah karenakebetulan ada bapak2 yang sedang menjadi imam. Ditengah2 sholat aku termenung, kudengar ada suara2 aneh yang masuk ke telingaku dan sudah tidak asing lagi, dan ternyata benar suara itu berasal dari stadion, yang tidak lain adalah suara reporter yang begitu sangat antusias menyoraki pertandingan. Saat itu aku khawatir, saat sholat ketika imam berseru ‘waladdoliinn..’ kita yang seharusnya mejawab ‘amiiiin’ melahan menyerukan suara ‘gooooooolllllll’ akibat terbawa semangat sang reporter tadi. Saat itu aku cemas tidak karuan, membuatku berfikiran yang tidak2(ntah mungkin aku yang terlalu lebai kali iah). Namun kecemasan itupun berakhir seraya aku dan para bapak2 mengakhiri sholat dengan ucapan ‘salam’. Alhamdulillah,, ternyata aku masih dilindungi dari godaan reporter pertandingan bola. Amin. Doaku dengan polos.
Setelah itu akupun segera bergegas pulangdengan menaiki mobil umum, dan setelah sesampainya di  rumah aku langsung merebahkan tubuhku yang seakan di tabrak truk container ini, remuk. Udah remuk, pegel, item pula, hadjugg….
Well, itulah sedikit pengalaman yang bisa aku bagikan pada temen2 semoga dapet ilmu yang bermafaat yah dari cerita barusan,, (perasaan kagak ada yang penting deh dari tuh cerita barusan). Oiya tamabahan, ato bisa juga disebut pesan moral, “kalau kelak temen2 mau main ke pangandaran aku saranin bawa makanan dari rumah aja yahh, ato bawa magiccom, ato mungkin dapur portablenya bawa, kalo egak sekalian ajah rumanya pindahin ke pangandaran coz harga makanan disana nyekik abizzz!!!! (dari pengalaman).
Wassalam, J
Joy,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;