Jumat, 06 April 2012

Asia Plaza

Rabu, 18 Januari 2012
Hari ini aku dan temen2 aku rencananya mau apada maen ke AP (Asia Plaza), emang sih minggu ini kami sedang UAS (Ujian Agak Serius) tapi entah kebetulan entah sengaja atau ada angin apakah lah yang jelas aku sendiri bingung, angkatan kami yaitu angkatan 2009 tidak mendapati jadwal UAS di hari rabu ini alias libur, yaaaaahhh daripada setres dan gak karuan mikirin UAS yang ujung2 nya pasti cemberut juga ngadepin tuh soal2 yang konon keliatan kaya ngajak ribut (kalo diperbolehkan uda aku bakar tuh soal2, gilak ngejeknya bukan main), and than kami (aku dan gank IMA “ikatan mahasiswa autis”) mutusin buat refseh otak ke Asia Plaza. Gak jelas mau ngapain gak ada planning sama sekali, terserah kalo udah nyampe TKP mau bakar2 tempat kek, mau bikin kerusuhan, mau bunuh orang atau mau terjun dari lantai terataspun bisa direalisasikan. Oke, dan kemudian kami pun fix dengan jadwal jam 10.00 WIB berangkat dari menuju TKP.

Tepat sesuai jadwal pada pukul 12.00 WIB kamipun berangkat menuju TKP (loh bukannya rencananya jam 10.00 yah???? Ah ma’lum jam endonesa kan jam karet masih wajar lah kalo ngaretnya gak nyampe 7minggu), akupun berangkat sama temen aku yang udah stand by ‘nyongclo’ depan kontrakan aku, pujiku “tumben kagak ngaret???(maksudnyacuma telat 2jam)”, dia bilang dengan polos “jamnya aja yang lambat”, fyuuhhh.. yaudahlah kitapun lets go menuju kontrakan temen aku yang satunya lagi. Setibanya di kontrakan dia bukannya kita disuguhi makanan kek ato minuman buat tamu yang udah dateng jauh2 dari kontarakan sebelah, eehhhh yang ada tersangka malah kagak ada ditempat, entah kemana tadi aku coba hubungi dia melalui hape tercanggih yang dilengkapi fasilitas toilet dia Cuma repp pesan aku “aku baru bangun tidur”, fikirku apa itu orang ngelindur yahh pas lagi tidur, tidur dikontrakan pas bangun udah ada di WC mesjid, waduuhhh gasswattt! Dan akhirnya setelah ditunggu selama 7tahun repp messages dari diapun sampai juga, dia bilang “duluan aja aku lagi makan”, oooo sekarang aku baru tau ternyata dia selagi tidur bukan nyasar ke mesjid tapi nyasar ke warung nasi, dasar manusia kalo udah  urusannya sama perut susah ngontrolnya, kagak punya duitpun maksa, gak perduli jalannya mau gimana, mau ngerampok kek mau nodong, ato minta2 ke warteg2 pinggir jalan, bisa juga dengan pura2  kenal sama orang yang lagi makan enak Cuma buat ngisi perut doang, ckckck..
Sesuai petuah sang leluhur kamipun bergegas berangkat menuju TKP meskipun anggotanya belum lengkap. Sepanjang perjalanan aku berdoa kepada yang maha kuasa, bukan berdoa keselamatan diperjalanan tapi berdoa semoga enggak ada tingkah konyol yang terjadi yang kemudian mesti berurusan sama satpam di TKP. Amin. Setelah sampai di TKP kamipun bergegas jalan2 cuci mata, cucikai, cuci tangan, cuci semuanya, cuci baju juga boleh, karena kunjungan kami begitu berpas2an dengan dikumandangkannya adzan dzuhur, kamipun segera meuju mesjid terdekat untuk melaksanakan ibadah sholat dzuhur. Teman2ku tidak menemukan masalah pada saat akan melaksanakan sholat, namun aku yang memakai celana jeans pendek kebingungan mau sholat gimana sementara aurat aku kan keliatan, yang bener aja masa celana aku mesti disambung sama kolor yang aku rangkap, kan gak lucu, lagian aku kan mau ibadah so mesti hormat jangan seenaknya berpakean, apa lagi pakeannya kaya yang mau tampil sirkus gitu, kan enggak bangettt. Dan Alhamdulillah akhirnya sampai berakhir sholat berjamaahpun aku masih terdiam meratapi celana pendekku, “ohhh celana kenapa kamu mesti pendeeeekkkkk!!!!!!” kalo tuh celana bisa ngmong pasti dia bilang “kamu yang bego kenapa pake aku, uda tau aku pendeeeeeeekkkkkkkkk!!!!!!!!!” satu hal yang aku heran dari itu tmpat ibadah, disitu ada tempat penitipan barang2 penting, dan tempat peminjaman alat2sholat seperti pedang, perisai, tankbaja, mortar, bazooka, dkk, tapi kenapa itu tempat gak ada yang jaga disaat aku mau nitip barang dan mau pinjem alat sholat??!!! Tuh tempat dikosongin gitu aja tanpa penjagaan ekstra. Gila, bisa kebayang pas sholat berjamaah selesai itu lemari tempat penitipan barang penting dan peminjaman alat sholat pindah entah berantah ke alam mana, bingung kan tuh yang jaga musti tanggung jawab, ibadah ya ibadah tapi perhatiin juga tanggung jawab elu dong pak! Bisa2 itu bapak penjaga di demo sama jemaah yang barusan sholat berjamaah, yang ada bukan dapet pahala banyak, tapi namabah dosa karena marah2 sama tuh penjaga super nyebelin, bukan marah2 lagi mungkin ada yang nyampe emosi mau ngegantung dan bakar rame2 tuh penjaga buat makan malem. Hufpth.
Yaudahlah daripada aku ngelamun gak jelas mending aku pinjem aja tuh alat sholat, mumpung si bapa itu ada di tempat, takutnya bentar lagi dia masang tulisan di mesjid “maaf mesjid tutup, penjaganya sedang makan siang” kan gawat aku mesti nunggu beberapa jam lagi. Akupun dengan bergegas meminjam alat sholat dengan nada sinis dan sebel makruh bin jutek “pak minjem alat solat” celetukku ketus, dia bilang “sarung dek???”,”BUKAN PAK, TAPI TANKBAJA BUAT BOM INI TEMPAT”, nafsu juga aku dibuatnya, setelah diberi pihjam dan aku hendak masuk ke dalam mesjid dia bilang “ntar kembaliin lagi kesini ya dek”. “OGAH PAK, MAU GUA JUAL BUAT MAKAN SIANG !!!!!!!!!” sambil ngeluyur masuk mesjid. Akupun segera masuk mesjid sebelum kesabaran aku habis dan naluri memakan manusiaku tumbuh, sesampainya didalam aku tercengan kembali melihat orang2 yang sedang asyik berbaring, ada yang tidur pula. Fikirku, ini tempat tidur umum atau mushola, untuk memastikan akupun kembali keluar, dan tertulis di atas “MUSHOLA”, oohh syukurlah aku fikir aku salah masuk ke tempat tidur umum atau ke tempat rehabilitasi orang2 gila. Yah gila, masa mushola dipake tiduran sih. Tidak lama setelah sholat dzuhur akupun ngikutin mereka berbaring2 dan tidur2an,enak juga yahh,, (sarapppp). Selesai sholat akupun bergegas keluar mesjid karena kau ngerasa kasian sama temen2 aku yang udah nunggu aku bak anak ayam ditinggal induknya, malang kali kau nak, hihi. Akupun segera mengembalikan alat sholat, bapa penunggu peminjaman barangpun bertanya kembali “dek gak jadi dijualnya???” aku jawab sewot “ENTAR, GW JUAL SAMA ELUNYA KALI AJA BISA DAPET DUIT BUAT NEBUS DOSA2 GW YANG BARUSAN GW LAKUIN!!!”, akupun bergegas pergi dan menuju Asia Plaza lantai 3. Eehh ketinggalan, temen akupun segera menyusul.
Di lantai 3,
Kamipun keliling2 yaa niatnya sih mau nari yang bening2 tapi yang kami temukan adalah segerombolan tim yang sedang main futsal di lantai 3, wuiihh gila ini orang maen futsal di dalem AP gak takut didemo sama tiap stand tuh orang, ckckc. Dan setelah diselidiki kasat kusut, ternyata yang bermain futsal itu anak2 TK, yah terang aja gak pada protes orang yang mainnya aja anak TK bolanya aja pake balon. Kebetulan pada saat itu marketing di AP sedang melakukan promo dengan mngadakan futsal antar TK. Sejenak kami melihat pertandingan konyol tersebut, yah yang namanya anak TK apa aja dilakuin, tanpa peraturan dan tanpa ragu mereka melaukan pelanggaran2dasar bocah TK. Masih dapat bersyukur pada saat pertandingan gak ada anak Tk yang nekat bakar diri atau semacamnya seperti bakar kios terdekat karena kekalahan yang dialami tim mereka, meskipun kalah dengan konyol tapi mereka tetap sportif dan tetap terus bermain meskipun peluit tanda berakhirnya permainan ditiup oleh wasit, sampai akhirnya wasitpun mengambil bola tersebut dan barulah benar2 pemainan itu dinyatakan berakhir.
Bosan dengan kekonyolan yang kami tonton, kamipun beranjak ke gramedia berharap ada bacaan menarik atau kejadian tidak terduga seperti kebakaran bulu ketek atau apalah yang diluar pemikiran manusia, namun sunyi sepi tidak ada yang terjadidan kamipun bergegas membaca buku untuk mengahbiskan waktu sambil menunggu teman kami yang masih belum hadir, tak kunjung lama diapun dateng, (wuihhh panjang umur bangettt, baru aja ditulis udah dateng lagi). Setelah anggota komplit kamipun bergegas menuju tempat yang kami pun bingung sebenarnya kami ini mau kemana dan apa tujuan kami dating kemari (alahhhh, ngaco), kami coba bertanya pada orang yang lalu lalang sebenarnya apa tujuan kami dateng ke asia plaza ini, namun apadaya tangan tak sampai pertanyaan kamipun tak dapat mereka jawab. Yaudah, yaudaaahhh kita putuskan untuk karokean aja, lumayan kan nambah masalah, kali aja tuh tempat ancur pas udah dipake ma kita2. Kitapun menunggu sekitar sejam kurang setengah jam, yah lumayan lama juga yah namun tidak terasa karena mungkin suasana yang ramai dan banyak aktivitas yang membuat kami lupa akan waktu. Setelah tiba kamipun bertempur dengan segala talenta yang kami miliki, meskipun kami tau suara yang kami lantunkan tidak sreuk dengan nada dari lagu, tapi dengan penuh percayadiri kami lanjutkan pertempuran sengit itu dengan sangat semangat, dan alhasil orang yang lalu lalang pun pada menengok ke dalam box yang kami tumpangi, fikir mereka mungkin “ini orang yang di dalem box keracunan pewangi ruangan apa epilepsy”, “AUTIS BU!!” sahut aku yang akupun gak inget kapan aku bilang gitu, kayanya tapi aku kagak bilang gitu, yaudahlah gak penting juga. Setelah kami puas menhabiskan waktu 100 menit kami dengan penuh sensasi dan membuat orang2 keheranan setengah mati kamipun keluar dengan bangga, konon setelah kami keluar para petugas sibuk menyervice peralatan yang ada didalam entah kenapa tapi yang jelas kami tidak mebanting mik, mungkin tadi karena gak sengaja ketelen kali, jadi aja gitu kan.
Oke, selepas melepas lepas-lepasan di box tadi aku jadi sedikit agak lega dan fresh kembali, siap untuk menjalani Ujian hari esok (tapi kalo boelh jujur sih tetep aja pas dihadepin ma soal2 ujian mulut aku mau gak mau kudu cemberut, mesti itu). Itu mungkin masalah hari esok, yang penting hari ini kita have fun, nice and fun the day (ngmong apa iki, gak jelas gitu), sambil menunggu teman kami yang sedang jalan sama pacarnya kami bergegas menuju tempat makan di lantai bawah, sambil melihant-lihat barang2 elektronik yang membuat kami tergiur seperti layaknya anjing yang kelaparan, dikejutkan pula dengan harganya yang cukup membuat kami gerah membacanya dan ingin segera membeli bensin untuk membakar segera papan harga tersebut. Sepanjang kami berjalan dari lantai 3 sampai akhirnya tiba dilantai 1, kami tidak melihat tempat duduk yang benar2 gratis disediakan untuk para pengunjung, ada tempat duduk yang sepertinya sangat nyaman bila diduduki namun saying disitu terteta tulisan “Di JuaL” kalo aku duduk di kursi itu takutnya ntar aku disangka hadiah dari kursi tersebut, “iyaaa silahkan bapak2, ibu2, beli kursi satu set gratis anak aneh gak karuan, multifungsi bisa untuk lap pel, sikat WC dan lap jendela” (tega niaaan). Saat berjalan selintas ku lihat tulisan “kotak saran”, kufikir kau salah membaca, siapa tau aja itu bukan kotak saran melainkan kotak sumbangan, tapi kali ini penglihatanku sedang mujur, ternyata benar kenyataanya kotak saran tersebut, aku langsung menghampiri kotak saran tersebut dan mengambil beberapa puluh helai kertas yang tersedia di atas kotak tersebut, bisikku “lumayan buat kuliah”, gila sumpah ngebela2in deketin kotak saran Cuma buat ngambil itu kertas doang. Hemmmh, tak lupa diatas secarik kertas itu aku tulis “mall segede gini kok enggak disediain tempat duduk, capeeee nih jalan2 mulu” dan aku masukin deh ke itu kotak, dalam hati berharap dan berdoa semoga undian yang keluar kelak punya kau danaku menang !!!!!! (emang elu fikir itu kotak undian apa). Setelah itu kamipun bergegas menuju supermarket.
Di supermarket.
Kamipun keliling2 diruangan aneh yang diberinama supermarket itu, disana terdapat macam2 makanan dan mimuman aneh (ya jelas lah masa iya batu nisan yang dipajangnya). Pertama2 kami melihat-lihat minyak goring dari yang kecil sampai yang paling besar, kira2 cukup buat 2th tuh, ukurannya aja sampe 1meter lebih, namun yang jadi pertanyaan itu dijual apa enggak, karena itu dipajang jauh diatas saha digantung pula, jangan2 tuh minyak goring gantung diri lagi gara2 kagak ada yang beli, iihhhh seremmm. Oo, iya selain mejual makanan supermarket ini juga mejual peralatan tempur seperti perkakas dapur, wajan, keran, dan juga berbagai macam pernak pernik hiasan kamar mandi (aksesoris dijual terpisah). Sempat aku me;ihat dijual keran dengan berbagai macam ukuran dan bentuk, keran yang menjadi sampel di temple di ding2 di rak2.  Suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa supermarket itu menjual barang2 palsu, kenapa aku bisa menjudge seperti itu, karena pada saat aku mencoba memutar keran yang tertempel tidak sedikitpun keluar air pemirsa, apa lagi kalau bukan palsu namanya, imitasi, itu tiruan!! Harusnya keran yang asli itu yang mngalirkan air saudara2 yahhh mengalirkan air. Selain itu juga aku menemukan pembuka pintu, dan setelah ku coba kau tak kunjung bisa membuka ding2 tempat pembuka pintu itu menempel, lagipula yang bener aja masa dalam satu pintu ada beberapa puluh pembuka pintu yang menempel, yang ngebukanya juga bakal pusing, mana yang asli mana yang palsu, kalian fikir ini main2 ya!! Jualan kok kaya gini, hadjuhhh. Karena aku kecewa akupun bergegas pergi untuk pulang, yahh yang alesan sebenernya karena temen aku udah dapetin barang yang mau dia beli. Setelah itu kamipun pergi keluar menuju tempat parkiran, dan kebetulan temanku yang tadi sedang ngedate ma pacarnya udah ada nunggu dipintu keluar. Kami pun bergegas pergi meninggalkan mall tersebut, namun karena jam menunjukan pukul sore (entah pukul berapa tepatnya lupa lagi), terpaksa kami singgah dahulu di mushola yang tadi siang kebetulan kami singgahi. Sebenarnya aku malas singgah disini karena meungkin kali ini aku akan benar2 membuat tingkah konyol, yaudahlah supaya mempercepat waktu aku sensor aja adegan di mushola ini #tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttttttttttttttttttttt.
Setelah selesai melakukan ritual, kami bergegas pergi karena kami tidak mau ada tingkah konyol lagi terjadi di mushola itu, mushola kan tempat ibadah, bukan tempat bikin kekonyolan. Kami meuju parkiran dengan sedikit terburu2, karena pada saat itu kondisi sedang hujan gemericik, hujan yang tanggung sebenarnya karena gak gede, tapi kalo keujanan tetep aja basah (yaa elah namanya juga air, kecuali ujan api tuh kebakar bulu ketek elu). Setelah sampai parkiran dan kami siap dengan kendaraan tempur yang kami tumpangi, kami pun segera pergi ke medan perang, namun oohhh apalagi, salah satu temanku lupa menaruh kartu parkirnya, kami serempak mencari kartu parkir tersebut di tempat2 terdekat seperti lubang hidung, lubang telinga dan lubang2 yang lainnya, namun usaha kami ini sia2, sheet mana jam sudah menunjukan pukul 17.30, itu tandanya hari mulai gelap dam malam akan tiba (iya semua orang juga tau bego!). Konon katanya yang berhasil menghilangkan kartu parkir akan mendapatkan hadiah berupa denda, entah berapa yang jelas denda uang dan gak bisa diganti pake harga diri, yaaah karena hari itu tanggal tua, yah tanggal muda meuju tua lah, atau bisa kita sebut dengan tanggal dewasa, aku mengerti keadaan teman2 ku yang sedang cekak dompetnya serasa kecekek, toh kami dating kesini niatnya juga mau refreshing dan gak niat untuk mendapatkan denda. Yaudah karena emang keadaannya kaya gitu kami putuskan untuk mencari kembali ke tempat2 yang telah kami lewati, telah lama kami mencari dank arena saking asyiknya mencari (boro2 asyik, capek+lapar tau!) tidak terasa sudah lewat 2 dekade kami mencari kartu yang hilang tersebut, pas kami keluar kendaraan sudah berubah mejadi UFO dan naga2 berterbangan dimana2, ini tuh gak jelas banget yahhh. Masa di parkiran mall ada naga, emangnya ini tempat ternak NAGA.
Alhasil setelah tenaga kami terkerahkan dengan segalah jerih upaya yang telah kami lakukan kami tidak menemukan kembali kartu sialan itu, kamipun pasrah dan memutuskan untukpulang karena jam sudah menujukan pukul 18.30. Sebelum melanjutkan perjalanan kami mengumpulkan uang recehan kami untuk menebus kartu parkiran yang telah raib. And than, kamipun berangkat dengan hati yang tidak karuan karena takut dipenjara dan duhukum seumur hidup karena menghilangkan kartu parkir yang bersangkutan (lebaii). Kamipun tiba pada gerbang dimana kami harus memperlihatkan kartu tanda sewa lahan alias kartu parkir, dengan tampang sinis paman penjaga gerbang meminta kartu, temanku pun mejawab “pak, kartunya ilang, gimana??” seketika suasana menjadi kacau balau tidak menetu seakan hendak menghadap malaikat sang pencabut nyawa, langit menjadi gelap gulita secara tiba2 (ya iyalah orang udah mau malem), dan paman penunggu parkiranpun dengan murka merubah dirinya menjadi naga raksasa yang akan melahap habis semua mangsa yang ada di sekitarnya, terdengar alarm berbunyi “alert, alert, ULTRAMAN kami butuh bantuan, disini terdapat naga raksasa yang mengamuk”. Sumpah mungkin ini merupakan kejadian yang paling takkan pernah bisa kulupa selama hidupku, dengan tampang sinis dan tatapan dingin, paman penjaga pintu gerbang itu berbicara, ia berbicara dalam dinginnya malam dan derasnya gemericik hujan (ini gimana, katanya deras tapi gemericik, ah gak jelas), paman itu berkata, kata2 yang tidak mungkin kan kulupa dalam hidupku, kata2 yang sangat mengganggu fikiranku apabila aku mengingatnya kembali, sekali lagi dalam guyuran air hujan dan ditengan antrian kendaraan serta dibawah gemuruh sang halilintar paman penjaga pintu gerbang itu berkata “yaudah gak papa dek, mana sini liat STNK nya aja”. Whaaaattttsssssss????????????? Tanpa denda???? Tanpa hukuman???? Dan tanpa peringatan, dan yang lebih parah tanpa sentakan,, oohh begitu gagah gemulai nian engkau wahai paman penjaga pintu gerbang parkiran. Perjuangan kami selama beberapa dekade, jerih payah dan usaha kami membanting tulang mengorbankan nyawa dan  waktu demi mendapat secarik kartu parkir yang telah hilang, sia2 begitu saja. Kalau saja aku tau akhirnya akan seperti ini, aku gak akan bela2in buat cari tuh kartu sialan, ato kalo perlu tiap aku ke AP aku pura2 ilang kartu aja, ampe tuh koleksi kartu bisa buat bikin rumah2an lumayan kan, ato siapa tau bisa dituker jadi uang 2 Milyar, kaya raya gw.!!!!! Ini merupakan pengalaman yang mungkin tidak bisa aku lupakan, tingkah konyol paman penjaga gerbang parkiran yang baik namun membuat kesal, seakan meningkatkan adrenalinku untuk melahap habis pos imut tempat paman itu menunaikan tugasnya. Dan akhirnya, satu pelajaran yang aku dapatkan dari kejadian tadi, ternyata dan terkadang yang baik itu menyebalkan, jadi berhentilah menjadi orang baik sebelum kamu membuat banyak orang sebel terhadapmu…
Joy,,
 J

2 komentar:

C Y N T H I A mengatakan...

nyarita?????

Fajrin M. Ligor mengatakan...

awwwww,, diem-diem ternyata ada yang suka baca curhatan aku, ..
#eeeeeeeeeeaaaaaaaaaaaaaaaaa ....

Posting Komentar

 
;