Selasa, 17 Juli 2012

I be Back “YOGYAKARTA”..

Jum’at, 15 Juni 2012
Yaaahhh.. siapa yang tidak mengenal dengan istilah kota pendidikan, semua orang tau dan kenal itu, impian dan dambaan setiap orang yang ingin meneruskan pengalaman belajarnya, termasuk aku, YOGYAKARTA begitulah orang2 menyebutnya dan memanggilnya dengan akrab kota yang telah lama dijuluki dengan nama Kota Pendidikan itu. Bagaimana tidak dijuluki dengan kota pendidikan, sementara disana banyak terdapat sarana atau tempat belajar alias sekolah, dimulai dari PAUD (Pendidikan Usia Dini),Taman Kanak2, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas bahkan sampai Perguruan Tinggi. Belum lagi Perguruan Tinggi ternama serta dibantu dengan perguruan tinggi perguruan tinggi lainnya yang banyak terdapat disana, tentunya akan menambah daya tarik untuk para pelajar sehingga ingin sekali mengenyam pendidikan di Yogakarta.

Disamping banyak terdapat instuisi pendidikan, kota dengan aroma khas ke-keratonan kasepuhan ini pun sangat nyaman untuk ditinggali, aku bisa merasakannya dari hal terkecil seperti loma atau nada biacara yang begitu lembut, belum lagi ditambah dengan pola tingkah lakunya yang teramat sopan dan santun, ramah serta tutur bahasanya yang sangat nyaman sekali untuk didengar, rasanya dorongan untuk mengeluarkan emosi itu tidak ada meskipun kita berada pada keadaan terdesak atau sangat teramat jengkel sekalipun. Pembangunan kota yang amat rapih serta unik membuat daya tarik kota ini semakin besar saja, yahh.. bangunan2 khas keraton kasepuhan jaman dulu membuat para pendatang enggan untuk meninggalkan kota “istimewa” ini. Kendaraan tradisional seperti Andong, Delman, Sepeda Kumbang masih banyak sekali dipergunakan, selain menambah elok dan ayu tatanan kehidupan kota, pemanfaatan kendaraan seperti itu juga kan bisa membantu mengurangi dampak GLOBAL WARMING alias Pemanasan Global. Aaahhh… begitu banyak keindahan yang dimiliki oleh kota ini dan rasanya terlalu indah untuk dituangkan kedalam secarik kertas elektronik, aku hanya bisa terpaku dan tertegun melihat ke-elokan fisik, social, serta budaya yang amat nyaman ini ..
Alasan mengapa aku menulis keindahan kota pendidikan ini ialah karena aku baru pulang dari sana, yupp kota impianku, kota yang selalu menjadi anganku, kota yang selalu ada dalam benakku dan seakan melambai-lambai mengajakku untuk menjadi penghuni kota itu, heeemm kapan yah kira2 aku bisa sekolah disana, ingin sekali rasanya, dan semoga kelak suatu saat itu kan terwujud. Amiin. J. Tepatnya tanggal 9 Juni 2012 pada hari minggu malam pukul 8 malam, aku dan adikku berangkat menuju kota pendidikan itu, yupp aku mengantar dia karena pada saat itu keadaan ibu aku kurang memungkinkan untuk diajak bepergian atau bisa dikatakan sakit (semoga cepet sembuh ya ibu, amin.), awalnya sih aku enggan dan seolah ngerasa kepaksa ikut nganterin adik aku ke kota pendidikan itu, pasalnya aku harus cuti alias bolos kuliah selama satu minggu, sayang banget kan.. bukan masalah absen atau lain sebagainya but ini masalah mata kuliah yang mesti aku jalanin pada smester ini, mata kuliahnya itu loohh yang lumayan membuat kepala berkeringat, hihi. Akhirnya dengan hati terpaksa akupun ikut mengantar adikku, mau gimana lagi toh, itu mesti jadi kewajiban aku sebagai anak sulung. Perjalanan pun dilalui dengan hal-hal yang indah tentunya dialam mimpi, heheh (soalnya aku tertidur di perjalanan menuju jogja, hehe). Dan dalam sekejap entah bagaimana caranya ketika adzan shubuh berkumandang, aku udah ada di joga, hihihi. Sangat indah sekali yah. Hehe. :D
Awalnya sih aku kira dengan mengantar adik aku pergi ke Jogja gak akan membuahkan hasil yang lumayan menarik, but ternyata dugaan itu salah besarrr, its amazing aku mendapatkan sesuatu yang selama ini mungkin aku juga udah dapetin tapi enggak aku sadarin, hemmm. Pertama aku menginjakkan kaki di rumah tanteku tersayang (cieeh) saat adzan berkumandang, (yupp karena pada saat itu aku nyasar2 dulu gak jelas di JAKAL alias jalan kaliurang, hehe, tapi akhirnya aku selamat dan bisa nemuin rumah tanteku itu, masih untung juga aku kagak nyasar ke kalimantan, hihi. 
Oke selepas sampai di kediaman tante aku, aku disuguhi fasilitas yang wuuiiiihhh Jogja banget gitu, selain lingkungannya yang begitu adem, masih banyak pohon rindang, tetangga yang ramah, ternyata keadaan fisik rumah yang masih menganut medel kekeratonan membuat mood aku semakin happy aja (kayanya bakalan betah nih) fikirku. Oke hari pertama aku di Yogyakarta dengan mood yang begitu happy membuat otakku fresh dan imajinasi serta inspirasi aku meningkat pesat, hehe, ditambah lagi ada temen yang kebetulan katanya mau test juga di UGM yang konon katanya itu putrinya temen deket om aku, but aku juga gak begitu tau persis sih, namun yang jelas ia bukan makhluk alien dari planet mars, atau sejenis sapi pluto, lumayan juga kan yang penting bisa diajak ngobro walau sedikit agak jutek sih mungkin karena liat tampang aneh dan pas2an punya aku ini, dia jadi ilfeel dan bawaanya jadi pengen lari maraton mulu.
Oke lah gak penting yahh about makhluk yang satu itu, back to our main topic ..  nahh sore harinya aku kebetulan diajak jalan2 cuci mata sekalian liat tempat testing adik aku di UNY. Dan pemandangan disinilah aku menyaksikan pemandangan yang tidak biasa aku saksikan, banyak keindahan keindahan dari jogja yang sanga bisa aku nikmati dan hayati,,
apalagi ketika kita melintasi kampus yang sangat terkenal dengan luasnya serta dengan passing grade tinggi tentunya, palagi kalau bukan Universitas Gadjah Mada, heeemm, teringat anganku yang ingin melajutkan kuliah pasca sarjana ilmu murni Psikologi dengan konsentrasi Psikologi Pendidikan, dan dilajut dengan Psikologi profesi, insya allah kelak cita2ku jadi seorang konselor tercapai, mohon bantuan doa dan segenap upayanya yah, heheh .. itu juga menjadi alasan kenapa aku pengen banget kuliah di jogja, karena aku ngejar Fakultas Psikologi yang berada pada salah satu Universitas terkenal di Jogja bahkan di Indonesia.
dan alangkah sangat terkejut sekaligus sakit hati mungkin kali yah, ketika aku melihat Perguruan Tinggi yang menjadi dambaanku sejak aku keluar dari SMA, beberapa kali aku mencoba untuk masuk ke Perguruan Tinggi tersebut, baik itu jalur prestasi juga testing, namun apa daya mungkin usaha ku yang kurang maksimal, aku tak berjodoh untuk masuk ke perguruan tinggi tersebut, heeemm, sayang bangett padahal aku sangat ingin sekali kuliah di Perguruan Tinggi ternama itu, yah apalagi namanya jika bukan UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, atau orang lain akrab dengan menyebutnya UNY. Kampus impianku yang mungkin sekarang akan jadi tempat singgah adikku untuk mengenyam pendidikan, untuk memperdalam ilmunya, yaah tak apalah semoga adikku diterima dikampus impianku itu,  seperti kata pepatah “enggak kakaknya, adiknyapun tak apa” (ngasal). Oke sekali lagi semoga adikku diterima dikampus itu, minta doa dan dukungannya yaaaaa, aminnn.

Dan akhirnya perjalanan usai, kami kembali ke kediaman tanteku untuk beristirahat sejenak dan bersiap karena esok hari adikku mesti testing, hihi. Esok harinya usai test, aku, adikku dan satu lagi yang anak perempuan itu, (kebetulan aku lupa lagi namanya) panggil aja dia ijem, bersama mbah ewo (omnya tante aku) berkeliling jogjakarta, heemmm ini pertama kalinya aku diajak berkeliling dan bersilaturahmi sama keluarga tante aku yang ada di jogja, keluarnya sangat ramah sekali, ini membuatku semakin nyaman tinggal disini dan enggan untuk kembali melangkah ke luar kota ini. Kami diajak keliling2 jogja, mengitar ijalan yang cukup ramai menjadi tempat persinggahan orang banyak (kagak bisa diceritain secara detailnya, karena pasti gak akan muat 7malem nii ngetiknya), dan baru aku sadari, ternyata kediaman tanteku dan keluarganya itu dikelilingi oleh 10 Perguruan Tinggi ternama di jogja, wow dapat kalian bayangkan, di sekitar  situ aja udah ada 10 perguruan tinggi, apalagi kalau se-jogja, bujugbusettt, aku ngerti sekarang kenapa jogja bisa disebut dengan kota pendidikan. Aku juga kenalan dengan putra dari mbah ewo, kalo engak salah Wibi namaya atau joko, jono, parjo gitu? Ahh lupa lagi dah yang jelas dia sama turunan manusia kok, dan sama sekali enggak ada turunan species marmut Neptunus, orangnya asyk bisa diajak becanda dan yaah lumayan lah nambah2 teman kan, siapa tau aku jadi nerusin idup di ini kota, hehe #ngarepp.
Setelah lama berbincang kian kemari dan berhari-hari, tak terasa ternyata waktu yang telah ditentukan tiba, aku dan adik aku harus pamit pulang karena orang tua aku khawatir dan katanya juga kagak enak kalo kelamaan di rumah tanteku, takutnya nyusahin, mungkin orang tua aku ngerti kalau maunya aku itu aneh dan pada gak masuk akal, hehe. Apa daya tangan tak sampai, meskipun menolak tak bisa dicegah, akhirnya aku berpamitan kepada seluruh keluarga tante aku, aku berterimakasih banyak karena aku selama ini udah banyak nyusahin mereka, kadang mungkin membuat mereka agak kesel gitu dengan kelakuan aneh aku, heu. Maafkan aku yaa tanteu, :’). (padahal besoknya mau ada acara main ke pantai parangtritis, tapi bataaaal deeeehh.. L. Kamipun berpamitan dan bergegas Back to Majalengka, tepat pukul 20.00 WIB kami pun bergegas pergi meninggalkan kediaman tanteu aku, dengan berurai airmata dan rintikan ingus yang berjatuhan #lebai. Jujur dari lubuk hati aku yang paling dalam sesungguhnya aku masih enggak rela meninggalkan kota impianku itu, bahkan sampai aku menginjak rumah orang tuaku aku masih tidak percaya bahwa aku telah meninggalkan YOGYAKARTA TERCINTA, hiks, hiks.. aku pasti kan kembali, tunggulah aku peganglah anganku “kelak aku ingin menghabiskan masa hidupku, karirku dan kebahagiaanku di YOGYAKARTA” ………
I BE BACK YOGYAKARTA ……….
NB : buat om agung ama om adi (kembar bersaudara) maaf yah gak sempet keceritain, but pertemuan dengan kalian sangat mengesankan dan takkan pernah aku lupakan, beneraaan deeeh! J
Well, itulah mungkin sekelumit kisah kusuh aku ketika berada di kota impianku, kota yang menjadi anganku, kota yang membuat aku tergila-gila, heeemmm. Semoga ceritaku kali ini bisa menghibur dan sedikitnya bisa membuat kalian tersenyum atau yaaahh seengaknya membuat bibir kalian naik dikit deh kagak senyum juga.  Oooo.. iya, buat temen2 para sahabat pembaca, ditunggu yang komentar, kritik dan sarannya from this my blog, J. See U ..
Oke,, saya ijoy sampai berjumpa kembali pada postingan berikutnya ..
Salam hangat, tetap semagat, senyumlah selalu dan sampai jumpa …
Joy,,
J

0 komentar:

Posting Komentar

 
;