Sabtu, 28 Juli 2012

KKN


Hari kelima. Sabtu 28 Juli 2012
Nite… temen2 para sahabat pembaca yang budiman, oke bertemu kembali bersama aku tentunya masih dalam cerita kasih kisah kusuk di KKN, well pada malam yang sangat berbahagia ini aku akan mengabarkan bagaimana acara tadi siang yang udah aku jalani dengan penuh kerusuhan, yupp bukan ijoy namanya kalo enggak rusuh..

Oke, hari ini adalah hari dimana bertepatannya waktu untuk sosialisasi di desa mengenai keberadaan kami selaku mahasiswa KKN yang diutus oleh kampus untuk mengadakan praktikum lapangan yang telah ditetapkan tentunya sesuai dengan tema yang telah diberikan. Permulaan yang kurang baik emang soalnya kita yang dalam schedule mau berangkat ke desa pukul 07.00 malah ngaret jadi berangkat ke desa pukul 08.00, yaah malum namanya juga manusia tempatnya salah dan khilaf (tapi perasaan gak mesti deh terus2an khilaf), kendati demikian aku dan temen2 masih tetep semangat untuk menjalani program pertama kami ini. Setelah kunci bale desa diambil dari bapak sek.des, bale desa pun dibuka dan kami sesegera mungkin merapihkan tempat yang akan mejadi acara sosialisasi kami, kegotong-royongan mulai timbul saat kami membersihkan aula yang akan menjadi tempat kegiatan berlangsung, dan alhamdulillah kami berhasil membereskan aula sebelum tamu undangan datang. Pukul 09.00 pun akhirnya tiba, itu tandanya acara akan segera dimulai, dan alhamdulillah tamu belum ada yang datang satu pun juga, aku enggak habis fikir apa surat2 undangan yang aku berikan kemarin pada dipake bungkus gorengan yah?? Ato mungkin dipake buat bakar2 kali dimalam hari supaya enggak dingin, hiiyyyhhhh, ayolah yang bener aja masa kagak ada yang datang satu orangpun (aku mulai panik). 5 menit berlalu, 10 menit berlalu, tempat duduk masih bersih sekali dan tidak nampak satu sampahpun berada disana (aku makin keringetan kaya yang dipanggang), tak lama kemudian datanglah satu orang ibu2, alhamdulillahh ternyata ada juga yang datang, hehe.. setelah kedatangan ibu itu, entah kenapa tiba2 tempat rapat yang tadinay sepi menjadi ramai dan tamu pun silih berganti berdatangan (yahh walopun ada yang pergi lagi juga), waaah fikirku ini si ibu punya pelet apakah yah ko bisa bikin orang2 nunuduk ngikut sama dia (apa Cuma kebetulan aja, barangkali aja kebetulan ibu itu paling rajin, hehe). Well, sekarang aku mengerti dan aku tau, yang namanya indonesia itu terkenal sekali dengan budaya ngaretnya, yupp setelah satu jam berlangsung akhirnya ruangan dipenuhi oleh tam undangan, yaah meski hanya sebagian yang hadir dari yang diundang tapi itu lebih baik daripada tuh ruangan dipake sarang laba2 dan tempat tidur gelandangan. Harusnya jika kita akan mengadakan suatu acara waktu yang ditentukan untuk surat edaran harus satu jam sebelum acara itu dimulai, misal kita akan mengadakan acara jam 9, himbauannya jam 8, dan gitu aja seterusnya, dasar indonesia..
Sosialisasi yang kami paparkan lumayan sukses, indikator itu bisa dilihat dari cara masyarakat merespon presentasi kita didepan, mereka menyaksikan dan menanggapi dengan penuh antusias, yaah sampai pada saatnya kau tiba maju kedepan untuk mempresentasikan program kerja yang menjadi tanggung jawabku, huft (sebenernya malu, but gapapalah kita buka2an aja), menurut hasil evaluasi pribadi aku sendiri sih presentasi aku tadi itu bisa dikatakan gagal, so bagaimana enggak public speaking aku itu berantakan udahmah aku memarakan materinya dengan bahasa billingual (indo-sunda), udah gitu ditambah riweuh dan juga pokoknya memalukan baget daaahh, yang aku liat audience itu pada ketawa liatin cara biacara aku, tapi mereka mengerti dengan apa yang aku paparkan barusan, well aku juga bingung so sebenernya kau itu berhasil atau enggak?! Heemmm Cuma temen2 yang liat presentasi aku tadi yang bisa memberikan komentarnya.. yupp acarapun berlanjut kembali kepada sesi tanya jawab dan pelaporan pembentukan pos daya, dan sekali lagi alhamdulillah respon dari masyarakat semakin bagus, mereka mulai berinteraksi saling tanya jawab dalam membahas pembentukan pos daya. Awalnya kami hanya ingin membentuk pos daya sebanyak satu buah (dulu), namun karena para tokoh masyarakat yang sangat antusias dalam menaggapi pembentukan pos daya ini, akhirnya diputuskan bahwa pembbangunan pos daya akan dilakukan sekaligus tida pos, waah manteepp!!! Ini merupakan kabar gembira sekaligus kebingungan bag ikelompok kami, kabar baik jika pos daya ketiga2nya terbentuk dan berjalan dengan optimal maka sudah dapat dipastikan tugas KKn kita telah sukses dan memenuhi indikator pencapaian dalam tujuan KKN, namun disisi lain juga kami bingung, akankah kami bisa mendirikan pos daya sekaligus 3???? Well, itu menjadi PEER yang sangat indah untuk tugas kami dalam merealisasikan paling kami yang telah dikonsep sebelumnya….
Well mungkin untuk postingan kali ini cukup sekian karena kebetulan aku udah mulai ngantuk nih guys, hehe, ooooiyahh satu lagi tadi pas pulang tarawih aku sempet denger selentingan omongan anak kecil yang kurang enak gitu, sumpah banget demi neptunus gw serasa pengen sumpel mulut anak itu pake petasan yang 1kg, biar mampus sekalian kalo perlu gw sumpel pake gas 3kg sekalian, heuuggghhh.. *pertanyaan dalam benakku, kalo malem2 di bulan puasa bunuh anak kecil, pahala puasanya ilang apa enggak yah???
Well, temen2 sahabat para pembaca sekian postingan hari ini, aku ijoy mohon pamit undur diri, salam hangat, tetaplah semangat, senyumlah selalu dan sampai berjumpa kembali pada postingan berikutnya .. dadah …
J
Joy,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;