Minggu, 01 Juli 2012

Catatan Mata Kuliah Geografi Politik

Senin, 4 Juni 2012
Pada pertemuan geografi politik kali ini akan membahas about Ekologi, Energi dan Industri. Apa itu ekologi, apa itu yang dimaksud dengan Energi dan apa juga itu Industri, semuanya tertuang disini (kalo engak salah, heheh). Well gak perlu basa basi yah lets to our main topic ..
Ekologi, diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu individu, populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.

Dibawah ini merupakan gambaran tentang keterkaitan ekologi dengan komponen yang lainnya:
http://tihane.wordpress.com/2008/09/28/elaborating-connectivism/
Berhubung aku ini Geografi, yupp tentuya tidak akan lepas dari peta dan pemetaan (walaupun agak sedikit kurang suka, but ini emang udah jadi kewajiban, heheh). Berikut ini merupakan pemetaan zona ekolgi dunia, cekidot!

http://www.fao.org/docrep/006/ad652e/ad652e10.htm
Jika kita berbicara mengenai ekologi tentulah tidak terlepas dari apa yang namanya Sumber Daya Alam dan Sumberdaya Manusia. Sumber Daya Alam adalah segela sesuatu yang terdapat di Bumi (Alam) yang bisa dimanfaatkan oleh manusia guna memenuhi kebutuhannya dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Sedangkan Sumberdaya Manusia ialah segenap potensi yang dimiliki manusia dalam hidupnya untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutanNaahh, sekarang Sudah seimbangkah tingkat pertumbuhan penduduk dengan pemenuhan kebutuhan dari sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai produktifitas dalam kehidupan manusia? Ini merupakan suatu studi kasus yang marak selai diperbincangkan di Negri tercinta ini, Indonesia.
Berikut ini aku sajikan beberapa Peta yang kian kerap menjadi kebutuhan vital manusia,
Map Natural Forest in the world
Map Fresh Water
Map Oil in the world
Map Coal in the world
Dapat kita bandingkan dengan gambar berikut,
Nahh, sekarang mari kita telaan bersama, Sudahkah semua potensi SDA yang ada di bumi ini termanfaatkan untuk sumber energi bagi kehidupan manusia? Yang Paling Utama saat ini adalah berkonsep pada relokasi industri untuk mendekatkan modal, bahan baku dan pekerja. Pengembangan banyak di lakukan di negara sedang berkembang dan memberikan imbal balik terhadap negara maju. So, jika ini terus berlangsung maka dapat dipastikan “Negara yang maju akan semakin maju dan Negara yang Miskin akan Semakin Miskin”, yuupp tidak lain karena SDA yang terdapat di Negara terbelakang habis diambil oleh Negara-negara maju, karena negara terbelakang kurang bisa memaksimalkan produksi SDA dikarenakan SDM yang sangat terbatas.
Well, itulah mungkin sekelumit ilmu yang aku dapat saat perkuliahan, semoga dengan adanya tulisan ini bisa membantu temen-temen para sahabat kaum pembaca. Mohon maaf dalam penulisannya masih menggunakan kata-kata sederhana dan sulit dicerna serta masih banyak mengalami kesalahan baik dalam tutur katanya maupun dalam teknik penulisannya, ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan yang penulis miliki, maka dari itu penulis sangat mengharapkan sekali kritik dan saran dari temen-temen para sahabat kaum pembaca yang budiman. Catatan ini bukanlah satu-satunya literature yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, masih banyak karangan-karangan ilmiah lainnya yang bisa kita jadiakan acuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Terima kasih, salam hangat, tetap tersenyum dan sampai jumpa kembali. J
Joy,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;