Senin, 26 Maret 2012

Catatan Mata Kuliah Geografi Politik

Selasa, 26 Maret 2012
Jam 01.00 siang, sebenernya waktu yang tepat untuk tidur siang, hhaha. Tapi daripada nyia-nyiain waktu just buat tidur siang, lebih baik kita mencari ilmu, ayooo … lets go to our main topic ..

Pertemuan kali ini mas EL (baca Pa Elgar, hehe) menerangkan tentang teori pembentukan Negara dan siklus perkembangan Negara. Oke,, langsung aja ..
Awal Terbentuknya Negara Kuno
• Kranenburg dan Kenneth Waltz berpendapat cikal bakal sebuah negara berawal dari individu dan kelompok individu itu sendiri.
• Suku suku bangsa yang tersebar di bumi mempunyai peranan terbentuknya kerajaan
• Kerajaan merupakan bentuk kenegaraan dengan sistem pemerintahan yang berlandaskan hukum.
Adapun beberpa Negara kuno yang memiliki peradaban kuno, yaitu: Mesopotamia, Mesir Kuno, China Kuno, Yunani Kuno, Romawi Kuno.
Teori Pembentukan Negara Modern
Pada Negara modern, terdapat suatu syarat terbentuknya Negara modern yaitu : Masyarakat, Kepemerintahan, dan Wilayah.
Masyarakat, merupakan suatu sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem terbuka dimana sebagian besar interaksi yang terjadi ialah antar individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Syarat suatu wilayah disebut Negara ialah tentunya ada yang menetap pada Negara itu, yup tidak dalin ialah penduduk (kumpulan dari masyarakat), tanpa penduduk jelaslah suatu wilayah tidak bisa dikatakan Negara, karena tidak ada yang mengelola.
Wilayah, merupakan suatu daerah yang dikuasai atau menjadi territorial dari sebuah kedaulatan. Tanpa adanya wilayah penduduk tidak bisa tinggal, karena mereka mau tinggal dimana coba??? Bingung kan..
Sistem Kepemerintahan, ialah merupakan suatu sistem yang dimiliki Negara untuk mengatur pemerintahnya, demi kelancaran administrasi Negara. Tanpa ada sistem kepemerintahan, maka tidak akan ada peraturan, tanpa adanya peraturan suatu Negara akan kacau dan tidak terkendali.
Integrasi dan Disintegrasi Bangsa
  Integrasi adalah suatu proses penyatuan negara atau pun wilayah yang satu dengan negara lain berdasarkan faktor-faktor tertentu.
 Disintegrasi adalah proses pemisahan diri dari nagera asal dengan tujuan dan kepentingan tertentu.
Siklus Perkembangan Negara
 Masa Muda (Youth) : muncul dan bangkit setelah mengalami dinamika baik secara internal dan eksternal
•  Masa Remaja (Adolescence) : mempunyai sifat dinamis , agresif, sukar di ajak berunding, sikap saling mencurigai dan merupakan masa aktif mencari daerah baru untuk di jajah
 Masa Dewasa (Maturity) : tidak lagi berambisi untuk memperluas daerah kekuasaan , dan alat negara sebagai pertahanan utama.
 Masa Tua (Old Age) : Di tandai dengan banyaknya gejala kemunduran dan berpeluang mengalami disistegrasi antar wilayahnya .
Mohon maaf sekali postingan kali ini mungkin sedikit tidak berbobot Karena aku sedang kurang fit, heheh selain itu aku tadi kebetulan telat masuk kelas, yaaahhh jadi sedikit ketinggalan materi. Heu.
Nah, itulah mungkin sekelumit ilmu yang aku dapat saat perkuliahan tadi siang, semoga dengan adanya ini bisa membantu temen-temen para kaum pembaca. Mohon maaf dalam penulisannya masih menggunakan kata-kata sederhana dan sulit dicerna serta masih banyak mengalami kesalahan baik dalam tutur katanya maupun dalam teknik penulisannya, ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan yang penulis miliki, maka dari itu penulis sangat mengharapkan sekali kritik dan saran dari temen-temen para kaum pembaca yang budiman. Catatan ini bukanlah satu-satunya literature yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, masih banyak karangan-karangan ilmiah lainnya yang bisa kita jadiakan acuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Terima kasih, salam hangat, tetap tersenyum dan sampai jumpa kembali. J
Joy,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;