Selasa, 20 Maret 2012

Catatan Mata Kuliah Perencanaan Wilayah

Selasa, 20 Maret 2012
Untunglah meskipun aku tertidur amat larut malam, aku engak kesiangan masuk kelas, malah aku fikir akanya aku kepagian karena saat aku masuk kelas baru ada segelintir orang (baca ada 10 orang), ini aku yang kepagian apa emang dasar anak-anaknya aja yang kurang kerjaan pada kesiangan??? Well, gak penting lahh, emang uda jadi kebiasaan kali, oke lets go to our main topic..
Pada pukul 08.40 tepat dosen yang akan memberikan materi pada mata kuliah Perencanaan wilayah ini udah ada stand by tempat, diliat dari mukanya kayanya sih udah BT karena nunggu lama, hiiii ..
Oke, materi kali ini yang beliau sampaikan ialah about pendekatan dalam Perencanaan Wilayah. Sebelum masuk ke materi inti beliau memaparkan terlebih dahulu bahwa dalam perencanaan wilayah itu terdapat 3 pase, yaitu : Fase Pra Pembangunan, Proses Pembangunan, dan Pasca Pembangunan.
Fase Pra Pembangunan merupakan suatu keadaan atau potensi yang ada pada suatu wilayah dalam masa sebelum pembangunan, jadi segala situasi yang ada di suatu wilayah pada saat sebelum terjadinya pembangunan termasuk ke dalam Fase Pra Pembangunan. Naaahh, masuk ke dalam Fase Proses Pembangunan merupakan suatu keadaan atau situasi yang terjadi pada saat berlangsung terjadinya pembangunan, baik itupada sector pertanian, industri, pemukiman maupun yang lainnya. Proses pembangunan merupakan suatu proses dimana terjadinya pengembangan atau pembaharuan sesuatu tentunya ke arah yang positif, atau menuju ke arah yang lebih baik. Selajutnya kita masuk ke Fase Pasca Pembangunan, proses ini merupakan keadaan di suatu wilayah setelah terjadinya pembangunan, entah bertambah baik atau bahkan menjadi ancur, itu tergantung pembangunannya sendiri, apakah memenuhi ketetapan yang berlaku atau mungkin hanya asal2an.
Nah, skarang kita masuk ke Pendekatan Perencanaan Wilayah, Pendekatan mempunyai artian suatu usaha untuk lebih mengenal karakterisktik yang menjadi objek kajian. Well, jika kita berbicara about Pendekatan Perencanaan Wilayah¸maka pengertiannya ialah merupakan suatu usaha untuk lebih mengenal karakterisktik dalam perencanaan pada suatu wilayah yang bersangkutan. Pendekatan bisa dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :
1.Pendekatan Sektoral, merupakan suatu pendekatan yang membandingkan tiap sector yang memiliki potensi, dalam pendekatan ini biasanya terjadi pengelompokan per sector yang memiliki potensi yang sama. Sektoral Wilayah dibagi menjadi dua, yaitu  Fisik (Pertanian, Perkebunan, dkk) dan Sosial (Kemasyarakatan, Pendidikan, dkk). Perlu diketahui jika semakin banyak sectornya maka semakin besar pula potensi pengembangannya. Adapun analisis sector, yaitu mencakup eksportdan impor, Aglomerasi, dan Multiflier.
2.Pendekatan Regional, merupakan suatu pendekatan yang mencakup keruangan yang terbangun secara bersamaan pada lokasi tertentu (Pengelolaan Spasial).
3.Pendekatan Campuran, merupakan gabungan dari pendekatan Sektoral dan Regional. Jadi apabila kita tinjau dari sudut ini, selain kita melihat potensi di wilayah tertentu kita juga bisa mengelompokan potensi tersebut berdasarkan regionalnya..
4.Pendekatan Makro & Mikro, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, mungkin temen2 juga udah enggak asing lagi dengan kata makro dan mikro. Yuppp, makro ialah sesuatu yang diibaratkan besar, sedangkan mikro itu selalu identik dengan kecil. Dari asumsi barusan telah bisa kita analisa bukan, jadi dapat kita simpulkan bahwa Pendekatan Makro itu adalah pendekatan terhadap pembangunan dengan jangka waktu yang panjang (berkelanjutan) dan tentunya juga mencakup wilayah yang cukup besar pula, mislanya kita contohkan pembangunan jalan tol ayng akan menghubungkan antara Cirebon dengan Bandung. Pembangunan itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga wilayah cakupannya yang cukup besar pula. Sedangkan yang dimaksud dengan Pendekatan Mikro ialah pendekatan terhadap pembangunan jangka pendek serta mencakup wilayah yang tidak sedemikian besar, seperti pembangunan kawasan Industi, Mall..
Nah, itulah mungkin sekelumit ilmu yang aku dapat saat perkuliahan tadi pagi, semoga dengan adanya ini bisa membantu temen-temen para kaum pembaca. Mohon maaf dalam penulisannya masih menggunakan kata-kata sederhana dan sulit dicerna serta masih banyak mengalami kesalahan baik dalam tutur katanya maupun dalam teknik penulisannya, ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan yang penulis miliki, maka dari itu penulis sangat mengharapkan sekali kritik dan saran dari temen-temen para kaum pembaca yang budiman. Catatan ini bukanlah satu-satunya literature yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, masih banyak karangan-karangan ilmiah lainnya yang bisa kita jadiakan acuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Terima kasih, salam hangat, tetap tersenyum dan sampai jumpa kembali.
Maaf Postingan kali ini cuma dikit, hihii. mungkin karena aku kurang begitu faham akan materi ini, maka dari itu aku akan semakin giat untuk mengali ilmu pengetahuan... :)
Joy,,

2 komentar:

Posting Komentar

 
;