Jumat, 23 Maret 2012

Catatan Mata Kuliah Pengembangan Sumberdaya Manusia

Kamis, 22 Maret 2012
Pada pertemuan mata kuliah kali ini yaitu Pengembangan Sumberdaya Manusia, aku dan temen2 langsung betatap muka dengan ibu ketua program sutdi kita, yupp tidak lain beliau ialah Ibu DR. Siti Fadjarajani, M.T. Betapa gembira sekali hati ini, ya bagaimana tidak beliau merupakan orang yang paling sibuk, jarang sekali aku bisa bertatap muka dengan beliau, merupakan suatu kesenangan tidak tergantikan bisa langsung diberi materi oleh beliau bukan,, hemmmm.. apalagi ditambah dari cara memaparkan materinya yang sangat simple namun mudah untuk dipahami, wooo its amazing… oke itulah sedikit pemanasan untuk materi yang kali akan aku bagikan, lets go to our main topic..

Pertemuan kali ini karena belaiu sangat sibuk, so beliau hanya meberikan materi flashback materi yang meinggu kemarin telah dipaparkan. Konsep dasar Pengembangan Sumberdaya Manusia terbagi menjadi beberapa yaitu :
1.Sumberdaya Manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam pembangunan.
Yupp, bagaimana tidak, Sumberdaya Manusia yang berkulaitas tentu saja sangat berguna bagi pembangunan. Pembagunan dengan teknologi yang mutakhir tidak akan seimabang bila tidak dibarengi oleh kulaitas Sumberdaya Manusia yang berkulaitas. So, maka dari itu sangatlah penting peranan Sumberdaya Manusia dalam pembangunan, terutama pembangunan yang berkelanjutan.
2.Sumberdaya Manusia harus direncanakan secara matang
Kualitas Sumberdaya Manusia yang sangat tinggi tentu tidak begitu saja terbentuk, semuanya mengalami proses yang bertahap, melalui perencanaan salah satunya. Perencanaan yang matang dan juga memenuhi prosedur pasti mengehasilkan Sumberdaya Manusia yang berkualitas, namun dewasa ini kebanyakan manusia hanya bisa mengandalkan uang semata tanpa mau melihat kualitas yang sesungguhnya. Padahal, kualitas Sumberdaya Manusia itu sangatlah penting bagi pembangunan, bagaimana tidak, pembangunan tidak akan berjalan ideal jika hanya mengandalkan materi semata.
Adapun strategi khusus dalam pengembangan kulaitas sumberdaya manusia, strategi ini dilaksanakan untuk membuat sumberdaya manusia lebih berkualitas sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas pula, adapun macam dari strategi tersebut ialah :
1.Mengubah masyarakat menjadi masyarakat Industri.
Bisa kita lihat pada Negara-negara maju, mereka itu mengutamakan penghasilan idustri yang padat karya bukan??? Yah.. dengan konsep membuat perindustrian yang padat karya jelas bisa memancing daya kreatifitas masyarakat menjadi lebih tinggi. Dengan industry yang semakin meluas tentu kita bisa merubah pola masyarakat yang tadinya non-industri menjadi masyarakat industry.
2.Mengidentifikasi masalah yang ada di dalam dan di luar negri
Tidak heran jika dalam pembangunan di suatu Negara terdapat masalah baik itu masalah yang datang dari dalam negri maupun dari luar negri. Namun, cenderung kebanyakan masalah datang justru dari dalam negri ketimbang dari luar negri., itu mungkin disebabkan karena faktor kulaitas manusia itu sendiri. Nahh, dengan mengidentifikasi masalah jelas tentunya bisa menambah kualitas sumberdaya manusia menjadi lebih tinggi lagi.
Tak heran bila dalam suatu pembangunan terdapat suatu masalah yang timbul, yah siapa yang enggak tau apa itu yang dinamakan masalah. Disetiap sudut aspek apapun itu selalu datang, itulah masalah. Namun disini yang kita akan bahas ialah masalah dalam pembangunan, antara lain yaitu :
1.Ketika kualitas lebih rendah daripada kuantitas maka peran manusia akan lebih banyak menjadi penikmat daripada pelaksana pembangunan.
Masyarakat dengan kualitas tinggi jelaslah memilki skill/kemampuan yang tidak bisa diremehkan, itulah sumberdaya manusia yang berkualitas, dengan begitu pembangunan akan berjalan stabil. Namun ketika kuantitas (kita sebut saja jumlah masyarakat baik itu yang tidak bekerja ataupun yang kurang berkualitas dalam pekerjaanya) lebih tinggi daripada kualitas, maka tidak akan terjadi keseimbangan dalam pembangunan sebagaimana yang dimaksudkan tadi, karena disini peran manusia lebih menjadi penikmat (pengkonsumsi hasil/produk) daripada menjadi pelakasna (penghasil produk). Alhasil bisa kita lihat Negara yang pembangunannya tidak seimbang, itu dikarenakan lebih banyak kuantitas daripada kualitas.
2.Masyarakat yang melakukan mobilitas cenderung memiliki kualitas lebih baik.
Masyarakat yang memiliki kemampuan lebih atau kita sebutlah dengan manusia yang memiki kualitas tinggi pasti berkeinginan mejadi lebih lagi, yaahh dengan usaha melakukan mobilitas lah atau lain sebagainya.. kita ambil contoh saja Pak Habibie merupakan orang jenius bukan?? Beliau melakukan mobilitas atau perpindahan ke luar negri demi menjadi lebih berkualitas lagi, nahh jika orang2 yang memiliki kemampuan terus2an melakukan mobilitas bagaimana nasib tempat atau wilayah asal yang mejadi tempat ia tinggali sebelumnya???? Jelas terpuruk tentunya..
Dalam sumberdaya manusia terdapat pengukuran dan pengukuran itu dilihat dari beberapa segi, antara lain :
Pendidikan
1. Pendidikan Formal dan Informal
2.Pendidikan Kota dan Desa
3.Komposisi Penduduk berdasarkan pendidikan
4.Pengembangan komposisi pendidikan
5.Kenaikan proporsi penduduk yang berpendidikan.
Ketenaga Kerjaan
1.Tenaga kerja Informal dan Formal
2.Komposisi tenaga kerja
3.Proporsi tenaga kerja yang kurang termanfaatkan
4.Pengangguran terdidik
5.Mismatch (ketidaksesuaian antara keahlian dan pekerjaan)
6.Produktivitas tenaga kerja
7.Pengangguran
Dalam ketenaga kerjaan ada yang dimaksud dengan kualitas kerja, apa itu kulaitas kerja? Kulaitas kerja ialah suatu pengukuran dalam ketenaga kerjaan yang bisa mengukur apakah hal yang bersangkutan termasuk baik atau tidak. Kulaitas kerja meliputi ;
1.       Etos kerja
2.      Disiplin
3.      Daya saing.
Yahhh,,itulah flashback yang disampaikan, beliau hanya memaparkan materi yang sebelumnya udah disampaikan pada pertemuan yang lalu. Selajutnya beliau menugaskan kami untuk mencari materi sendiri dengan observasi lapangan dan kemudian menyusun makalah sebagai bentuk laporan observasi kami, kami dibagi menjadi beebrapa kelompok dengan 5 orang/kelompoknya.
Oke, mungkin cukup sekian bagi-bagi materi dari aku. Semoga manfaat yaaahhh bagi para temen2 pembaca.. hihiii ..
 Nah, itulah mungkin sekelumit ilmu yang aku dapat saat perkuliahan tadi siang, semoga dengan adanya materi ini bisa membantu temen-temen para kaum pembaca. Mohon maaf dalam penulisannya masih menggunakan kata-kata sederhana dan sulit dicerna serta masih banyak mengalami kesalahan baik dalam tutur katanya maupun dalam teknik penulisannya, ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan yang penulis miliki, maka dari itu penulis sangat mengharapkan sekali kritik dan saran dari temen-temen para kaum pembaca yang budiman. Catatan ini bukanlah satu-satunya literature yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, masih banyak karangan-karangan ilmiah lainnya yang bisa kita jadiakan acuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Terima kasih, salam hangat, tetap tersenyum dan sampai jumpa kembali. J
Joy,,

3 komentar:

Nurdini Lestari mengatakan...

pusiiing gila bacanya, terlalu rame animasinya, byk yg ganggu... huft!!! :(

Fajrin M. Ligor mengatakan...

ahhaha, oke ntar deh dikuragi bertahap..
thanks yup masukannya ..
:)

Anonim mengatakan...

kul dimana sob

Posting Komentar

 
;