Senin, 19 Maret 2012

Catatan Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan Geografi

CATATAN KULIAH MAHASISWA PENGGILA PSIKOLOGI YANG NGASAL DAN SALAH MASUK JURUSAN

Senin, 19 Maret 2012
Petamakalinya aku menulis tentang apa yang sudah dibahas dalam perkuliahanku, yaahhh ini semua terinspirasi ketika aku bebicara dengan salah satu temanku, Ary Sugiarto namanya. Aku memang sebelumnya suka nulis, tapi ngasal dan enggak karuan, nyeritain kekonyolan lah, nyeritain orang lain lah baik itu psikologisnya ataupun tingkah wajarnya yang selalu aku anggap aneh (maksa, hehe). Ari berkata “Joy, temen2 aku di universitas lain itu kalo nulis di blog suka tentang materi perkuliahannya yang baru dibahas” begitu bunyinya. Akupun tidak habis fikir, yaahhh bener juga yah apa yang ia katakan, selain bisa berbagi ilmu juga bisa falsh back tentang materi kulaih, jadi kagak cepet lupa, hihiii, dan akhirnya aku terinspirasi darinya iaah dari temen dia khususnya. Aku meberikan ucapan terimakasih dan apresisasi buat ia yang telah memberikan isnpirasi bagiku. Makasih kawan ..

Hari ini senin, kebetulan jadwalku di kampus itu bagian mata kuliah metode penelitian pendidikan dan geografi politik. Lets go to our main topic.
Pukul 10.20 its tme to mata kuliah metode penelitian pendidikan dan pembelajaran dipimpin oleh ibu (atau mungkin kita bisa memangilnya teteh karena masih muda, hihiii_) ely, beliau merupakan dosen yang akan mendampingi aku dan temen2 ku dalam perkuliahan metode penelitian pendidikan. Kebetulan materi yang aku dapat akli ini ialah about Penelitian. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan bahwa arti dari penelitian itu beragam, ada banyak para ahli yang mendefinisikan tentang arti dari penelitian. Contohnya saja yosep & yozep mendefinisikan bahwa penelitian itu ”art & science, guna mencari jawaban terhadap suatu penelitian”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian itu ialah merupakan suatu usaha dari manusia yang bertujuan untuk mencari jawaban dari sesuatu yang sedang ditelitinya, baik itu berupa tempat, benda maupun sesuatu yang tak berbentuk sekalipun. Adapun pengamatan, pengertiannya berbeda namun agak serupa dengan penelitian. Pengamatan ialah suatu usaha manusia yang ditujukan untuk mencari jawaban terhadap suatu permasalahan. Adapun perbedaan dari penelitian dan pengamatan, yaitu terletak pada kajian ilmiah dan metodologinya. Pengamatan tidak seperti penelitian yang memerlukan kajian ilmiah serta metodologi atau aturan yang berlaku dan sah, pengamatan cukup dengan mengamati, bertanya, observasi lalu menyimpulkan, tidak terpaku pada aturan tertentu, mau bertanya dan mengamati sesuatu seenak jidat juga gak masalah. Sedangkan penelitian aada langkah2 tertentu yang harus kita lakukan agar penelitian kita tidak menyalahi aturan.
Penemuan dibagi menjadi 2, yaitu penemuan discovery dan penemuan invention. Penemuan discovery ialah penemuan/menemukan sesuatu yang telah diketemukan sebelumnya oleh seseorang, jadi hanya tinggal melengkapi atau menambahkan, conothnya ialah para penjelajah yang telah menemukan benua-benua yang sebelumnya benua itu telah ada dan ditemukan namun tidak jelas keberadaanya. Sedangkan penemuan invention ialah menemukan hal-hal yang baru atau hal yang belum pernah diketemukan sebelumnya, contohnya ialah om albert Einstein dengan penemuannya yaitu rumus E=MC2(kuadrat).
Adapun beberapa tujuan dari penelitian dan penemuan, yaitu :
1. Memeperoleh Informasi yang baru.
2.Mengembangkan & menjelaskan informasi yang telah ada sebelumnay.
3.Menerangkan, memprediksi & mengontrol ubahan informasi yang telah ada sebelumnya.
Sedangkan karakteristik penelitian antara lain adalah :
1. Penelitian mengandung kegiatan penelitian.
2.Mempunyai Tujuan.
3.Mencakup kegiatan pengumpulan data baru.
4.Terencana & sistematis.
5.Menggunakan analisis Logis.
6.Mempertimbangkan aspek pengembangan teori.
7.Mengandung unsure observasi.
8.Melakukan pencatatan terhadap gejala yang muncul.
9. Melakukan control.
10.Melakukan validasi instrument.
11. Memerlukan keberanian.
12.Dicatat secara cepat kepada instansi yang berkepentingan.
Nah, itulah mungkin sekelumit ilmu yang aku dapat saat perkuliahan tadi siang, semoga dengan adanya ini bisa membantu teman-teman para kaum pembaca. Mohon maaf dalam penulisannya masih menggunakan kata-kata sederhana dan sulit dicerna serta masih banyak mengalami kesalahan baik dalam tutur katanya maupun dalam teknik penulisannya, ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan yang penulis miliki, maka dari itu penulis sangat mengharapkan sekali kritik dan saran dari temen-temen para kaum pembaca yang budiman. Catatan ini bukanlah satu-satunya literature yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, masih banyak karangan-karangan ilmiah lainnya yang bisa kita jadiakan acuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Terima kasih, salam hangat, tetap tersenyum dan sampai jumpa kembali. 
Ooohh iah, adapun sumber ilmu yang didapat dalam penelitian selain dari literature dan observasi, yaitu bisa dari experience (pengalaman) para peneliti yang telah melakukan peneliti beberapa kali, maka dari itu benar adanya jika ada yang mengatakan “orang sukses itu ialah mereka yang telah mengalami banyak kegagalan”. Karena kita bisa belajar dari pengalaman, dan tidak mungkin soerang manusia bisa terjerumus kedalam lubang yang sama untuk kedua kalinya, mungkin hanya orang yang bodoh yang melakukan itu. Hihiii ..
Joy,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;