Sabtu, 11 Agustus 2012

KKN


Hari kedelapanbelas. Jum’at 10 Agustus 2012
Dear diary… cieee yang punya diary, sumpah cewe banget enggak sihh, duuh .. oke hari yang sangat berbahagia, yupp jumat tepat sekali dengan hari dimana aku dlahirkan. Hari ini schedule yang udah terlist yaitu melakukan pengarahan atau mungkin lebih tepatnya membimbing para kader POSDAYA yang udah terbentuk untuk menyusun program kerja. Program kerjanya sih yah disarankan kreatifitas dari koordinator tiap seksi, namun disini juga mungkin para mahasiswa enggak Cuma melongo liatin mereka nyusun, kami mahasiswa peserta KKN juga ikut ngebantu gimana baiknya untuk program kerja yang dicanangkan.

Rapat dilaksanakan ditempat biasa yaitu di kolam ikan, jadi kita rapat sambil nyelem gitu, heheh boong dink! Kita rapat ditempat yang sama kaya kemaren waktu pembentukan POSDAYA, yaitu di DTA AL-JAMI. Jam 1 teng waktu yang ditentukan di surat undangan, namun emang dasar yang namanya endonesa kayanya sulit banget yah buat tepat waktu itu, huft selang satu tahun mereka kemudian baru berdatangan.. setelah kami menunggu selama 1 jam, akhirnya mereka berdatangan, yaah walau sangat enggak memuaskan pasalnya mereka datang hanya beberapa gelintir saja dari sekian banyak yang kami undang, entah mungkin mereka males untun hadir atau mungkin mereka memiliki kepentingan masing2 aku enggak tau pasti, yang jelas aku kecewa dengan respo mereka akan adanya acara ini, padahal kan ini buat kelangsugnan hidup mereka juga, aahh dasar endonesa berpendidikan tapi enggak terdidik. Dari semua yang kami undang sekitar + 30 orang, just 14 orang yang dateng itu juga ditambah sama ketua BPD udah gitu datengnya pada telat pula, (jam setengah 3 baru pada dateng) padahal kenapa enggak sekalian aja ntar udah taraweh datengnya, huh.. kendati demikian aku sangat menghargai sekali mereka yang udah sempet dateng ke acara ini yang sebenernya ini tuh acara mereka sendiri.
Dengan bacaan basamalah acara ini berjalan dengan lancar, tentunya dengan bantuan dari rekan2 dan tak lupa juga bantuan kang asep yang udah nyempetin dateng ke kelompok kami, sebenernya sih dia dari kelompok yang berbeda namun kami meminta bantuannya untuk mengisi acara di kelompok kami karena kebetulan jadwal rapat dikelompoknya kebagian sore. Pertamanhah harapan dari kami selaku mahasiswa KKN itu program kerja yang tercanang ialah program kerja yang sederhana dan bisa dilakukan oleh semua kalangan, termasuk kalangan muda tua dan juga balita (tapi enggak termasuk kalangan yang udah meninggal), namun pada saat rapat berlangsung dan memebahas tentang progtam kerja justru pada kader udah punya program kerja masing2 sesuai dengan bidang dan keahliannya masing2, so setiap seksi itu emang diperankan oleh kader yang emang bidang keahliannya, misalnya pada sie.pendidikan yang mengisinya itu adalah orang2 yang emang berpengalaman di bidang pendidikan sperti guru, begitu juga dengan bidang lainnya. Dengan bantuan ketua BPD yang sangat bijak dalam mengambil keputusan dan memberikan saran, rapat bisa terselesaikan pada jam setegah empat tentunya dengan ketuk palu sebagai tanda pengesahan telah diputuskannya program kerja di POSDAYA tersebut oleh ketua POSDAYA tentunya.
Setelah acara selesai, aku dan kang asep bergegas untuk pergi ke dusun selakaso karena di dusun selakaso akan diadakan rapat mengenai program kerja POSDAYA juga, sementara itu temen2 yang ada di posko (yang lagi ngaggur) dimintai partisisapinya untuk bergotong royong tawuran melawan dusun tetangga, eeh maksdunya bergotong royong dalam membersihkan parit dan jalan dalam rangka menghadapi HUT-RI yaitu tanggal 16 (besoknya, jadi tanggal 17). Sementara itu aku ditemani salah seorang temen aku kebagian ngejaga tamu dalam musyawarah/ rapat tersebut, tamu yang dateng enggak cukup banyak juga sih, namun cukup untuk mewakili dari setiap seksi yang ada, yah enggak beda dengan musyawarah yang tadi siang dilakukan oleh kelompok kami. Sementara rekan yang ada didalam memimpin dan mengarahkan aku dan temen aku ditempat jaga tamu kebetulan gada kerjaan, so kami berdua mencoba untuk memakan trotoar yang ada disekeliling kami *boong dink, kami curhat2an eksana kemari membahas tentang dia aku dan mereka, waaah pokonya banyak bagett deeeh yang diceritain, sampai waktu enggak kerasa udah nunjukin setengah 6 dan itu tandanya buka sebentar lagi, horeeee!!!!!! Dibarengi dengan solawatan yang terdengar di mesjid, rapatpun kemudian dibubarkan dan akhirnya aku dan temen2 kembali ke posko untuk malahap santapan yang udah disediain, ihihi.. *andaikan maghrib itu sehari lima kali, buka puasa enak dong bisa lima kali, hehehe..
Saat berbuka puasa *free memory alias sensor ah da gak ada yang rame..
Setelah memanjakan perut dengan memakan bahan bangunan, akupun segera prepare ke mesjid untuk melaksanakan acara bakar mesjid, eh salah maaf maksudnya solat tarawih, heu.. awalnya aku melaksanakan sholat tarawih dengan khusyu dan yaah enggak ada yang janggal, namun ketika dipertengahan sholat tarawih aku melihat sesuatu yang enggak lazim gitu deeh. Well, saat dipertengahan sholat tarawih aku menyaksikan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat2nya, anak2 yang berada di pinggir aku dengan polos biadab enggak solat dan malah mereka itu bersenda guraudengan temen2nya yang lain, teriak2lah, maen dorong2 lah sampe makanin speaker mesjid dan imam tarawihnya, *duuuhh.. oke, this right itu sih enggak masalah yah, aah namanya juga anak kecil (emang seumuran SMP-SMA masih kecil yah?! Sumpah itu orang kalo orang tarawehannyadi mesjid yang ada di kampung halamanku udah dimasukin ke akuarium mesjid dah sama DKMnya). Udaaahh, udaahh joy sabar.. oke the next lagi2 kekhusyuan aku terganggu dengan hal aneh yang ada dihadpanku (oh iya lupa, aku taraweh kebagian shaf paling belakang, karena telat, eheeh), aku ngeliat dengan mata kepala aku sendiri sosok orang yang sedang melakukan sholat tarawih!! (ya iya lah! Masa lagi dangdutan) maksudnya orang yang lag itarawih itu bener2 entah enggak tau aturan main sholat atau mungkin udah kebiasaan, ada beberapa orang yang tepat berada didepan ku melakukan gerakan sholat yang menyusul imam, woooww apa itu sah yah?! Aku enggak ngerti, saat imam hendak sujud dengan seenak jidat itu orang udah sujud duluan, wow aku fikir tuh orang udah lihai kali yah solatnya dari balita so gerakan sholat itu udah lancar baget, saking lancarnya imam yang jadi pimpinan sholatpun ia duluin gerakannya. Hemc, hemnc.. setau aku yah nih yang sangat awam tentang agama dan juga bodo alewoh, dimana2 makmum itu gak boleh duluin imam yang jadi pimpinan sholat, bodoamat mau tuh imam shoat lamanya 3tahun satu raka’at juga.. nah pas sholat witir, tuh imam kan baca surat pendeknya 3kali, eeehh baru juga satu kali orang itu udah duluan ruku, naah malu kan hah? Malu yaaakk pak?! Pake helm gih ntarmah solatnya, dan sekali lagi saat setelah ruku imam baca doa qunut nah tuh orang dengan polos biadab maen sujud aja, gkgkgkgkgk mampus lu!!! Makanya jangan so tau dulu2in imam deeehh.. oke adalagi kisah cerita aneh saat berjamaah shalat tarwih, well ketika menjelang ra’kaat terakhir, ada orangtua (udah tua dah lumayan pokonya, udah siap dipanggil baligh) lagi sholat eeh gak lama kemudian ada orang tua lainnya gangguin dia dengan nyubitin punduknya sambil bisik2 ke telinga orangtua itu, dan orangtua itu spontan teriak”amiiin!!!” dengan lantangnya, gilak bacaan amin di pake maenan emang elu fikir itu lirik lagudangdut apa! Duuh, next adalagi beberapa orang tua yang teriak2 ketika taraweh berlangsung, ia bilang “GEMPOR” maksudnya kakinya lemes karena ra’kaat sholatnya 23, lumayan tuh, sumpah aku serasa ada di taman bermain anak2, dan mungkin bisa disimpukan kalo taraweh aku malem ini GAGAL, atau ENGGAK KHUSYU.. aku lebih memilih enggak tarawih ketimbang tarwih bersama orang seperti itu, udah aku enggak dapet ganjaran karena enggak khusyu, yang ada aku dapet dosa karena ngomongin kejelekan tuh orang, duuuhh… aku heran kenapa ada orang yang kaya gitu, sedangkan orang itu merupakan orang yang secara enggak langsung jadi panutan atau contoh bagi anak2 yang ada disekitar wilayah tersebut, nah loh contohnya aja kaya gitu, gimana generasi penerusnya haaayoohhh .. lebih parahnya lagi ini kawasan kan terkenal dengan lingkungan yang religius pasalnya disini banyak berdiri pesantren2, gila, gila, gila .. sumpah! Bisa gila aku 40 hari di tempat ini!!!!!
Well, itulah cuarahan hajat eh hati aku about keadaan tempat KKN aku, semoga bisa jadi pelajaran yah, oke aku ijoy mohon pamit undur diri, see u to the next post ..
Joy,,
J

0 komentar:

Posting Komentar

 
;