Kamis, 09 Agustus 2012

KKN


Hari ketujuhbelas. Kamis, 9 Agustus 2012
Selamat jumpa kembali pada postingan aku atau mungkin bisa desebut dengan diary aku, heheee.. hari kamis yang berbahagia ini alhamdulillah aku menjalani hari dengan cukup giat, emang enggak begitu banya kegiatan tapi yaah lumayan aja lah karena hari ini ada kegiatan yang membuat aku mengisi hari2ku dengan sedikit bermanfaat tentunya..

Oke kamis kali ini dalam schedule telah ditentukan bahwa pukul 8 akan diadakan POSYANDU untuk dusun selakaso, yah hari terakhir pelaksanaan tuh proker. Dimulai dari jam 8, kalo anak2 sih udah pada siap dari jam 7 teng, nah aku baru bangun jam 8, dan itu juga belum ngumpulin nyawanya, yaah kira2 aku bener2 idup sekitar jam 10, heuheu .. well aku bergegas dan beranjak dari tempat persemayaman untuk mandi dan dan2 karena niatnya sih mau bantuin yang jaga posyandu, dan sekitar jam 10 akupun berangkat menuju TKP (perasaan sih Cuma telat beberapa menit). Diperjalanan aku diliatin terus sama om2 yang bawa motor mio udah gitu pake senyum2 segala lagi, entah emang mungkin aku yang kegantengan atau mungkin justru aku yang berpenampilan aneh, aku sedikit melirik cara berpakean aku dan emang kagak ada yang aneh dalam cara berpakean aku, kecuali tuh om2 HOMO, hiiyyhh atuut.. oke itusih kagak jadi beban fikiran buat aku, so cuek aja lagi, akupun melanjutkan perjalanan dengan PeDe-nya.. setelah sampai di TKP akupun dengan semangat menawarkan tenaga aku yang sangat berharga, namun sia2 aja itu aku lakukan pasalnya posyandunya udah beres dan hanya tinggal beberapa gelintir lagi, fyuuuhh kenapa ketika aku mau berbuat baik selalu aja gagal!!! (ah enggak niat aja kali itumah berbuat baiknya). Oke akhirnya akupun menghabiskan waktuku dengan berfoto2 nan ria bersama temen2 dan anak2 yang tersisa, yaah tak apalah meskipun aku enggak menolong mereka seenggaknya aku udha ikut eksis sama mereka, lumayan buat bukti dokumentasi, hihihi..
Selepasnya melakukan program kerja tawuran antar dusun, eh salah maksudnya posyandu aku dan temen2pun segera meninggalkan tempat dan kembali ke posko. Secara kebetulan selang waktu 15 menit, posko kita kedatangan tamu dari LPPM UNIVERSITAS SILIWANGI, yupp lembaga yang jadi penanggung jawab atas diadakannya program KKN ini. Kedatangan mereka kesini konon katanya sebagai monitoring atau pengontrolan terhadap pelaksanaan KKN, apakah berjalan dengan lancar atau mungkin ada keluhan yang nantinya bisa diselesaikan secara bersama, selain mengontrol kedatangan mereka juga mau memeriksa udah sejauh mana program kerja yang udah terealisasi, dan untungnya di kelompok kami enggak ada program kerja yang bermasalah, yah maksudnya bermasalah ringan, so permasalahan yang ada di kelompok kami itu lumayan berat juga, fyuhh.. kedatangan mereka ke posko enggak begitu lama mungkin hanya sekitar 15-20 menit dan setelah itu mereka kembali bergegas pergi untuk mengunjungi kelompok2 lainnya. Tidak lama setelah LPPM itu pergi lalu ketua keompok kamipun dateng, naas banget, ckckck..
Acara selanjutnya yaitu baaaaaaakaaaaarr ikaaaaann di ruman Pak Uun yang kebetulan menjadi ketua RT, yupp orang yang sangat baik, beliau merelakan kolam ikannya untuk dirampok oleh anak2 KKN, ikan yang didapat dari hasil dioyod (istilah menangkap ikan dengan cara menggiring ikan ke tempat yang diinginkan kemudian menangkapnya dengan menggunakan jaring) cukup lumayan banyak, sekitar 5kg lah (sumpah banget dah tuh pak RT BANGKRUT ikannya diambilin sama temen2). Aku sih enggak turun ke kolam, cause aku agak geli kalo misalnya harus bergulat dengan ikan, entah kenapa aku paling geli liat ikan idup, sampe2 kalo mancing juga aku pasti minta tolong temen buat lepasin tuh ikan dari kailnya, apalagi ikan lele, bbrrrrrr.. so aku tadi Cuma liatin doang sama poto2, sedangkan genk perempuan bagian nyisit ikan dan memasak, wwuiihhh semuanya pada kerja tuuh kan kereeeeen gotong royongnya, yah kecuali aku. Karena ketika temen2 lagi gotong royong aku dengan polosnya pulang ke posko dan tidur, eheheh. Bukan kenapa2sih apalagi kalo males, aku hanya lagi gak mood aja ada di itu tempat entah kenapa aku juga enggak tau, so aku memilih untuk pulang ke posko. Sore harimya aku kedatangan tamu berupa makhluk aneh yang kebetulan temen sekelas aku sendiri dari kelompok sebelah yang kebetulan desa tempat ia praktek berdekatan dengan desa aku, enggak lama berbincang sih Cuma ngebahas about lokakarya dan penentuan koordinator camat (korcam)..
Magribpun telah tiba, dan itu tandanya bagi umat islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa untuk berbuka, aku dan temen2 berbuka di rumah bapak RT, setelah sedikit memakan makanan yang manis aku dan temen2 pergi ke mesjid untuk melakukan sholat maghrib berjamaah. Disinilah perasaan aneh aku timbul, setalah selesai sahalat berjamaah kebetulan aku ditinggal sendiri karena aku melakukan sesuatu hal terlebih dahulu, namun aku sedikit merasakan sesuatu hal, tidak lain adalah kesepian, yaah hal yang selalu menemani aku setiap saat, pada keheningan itu aku berkata dalam hari yaaa tuhan, jika boleh aku mengeluh dan memohon,, sesungguhnya aku telah jenuh dangan ini semua, aku ingin segera meninggalkannya, kehidupan ini, dan meuju kepada dunia dimana tidak setiap orang bisa memasukinya, yah duniaku, dunia kesenanganku … setelah itu aku merasakan keheningan, kenyamanan yang belum pernah aku alami sebelumnya, oohh inikah rasanya bersandar pada tuhan?! Entahlah semuanya tidak ada yang tau, bahkan aku sendiripun tidak mengerti dengan apa yang sedang terjadi ini. Aku merasa sangat nyaman dan enggan beranjak dari tempat itu, serasa mendapatkan kesejukan jiwa, namun itu semua harus aku akhiri karena aku harus kembali kepada duniaku, yah aku enggak boleh terlarut dalam situasi seperti ini.
Ketika aku kembali kedalam kerumunan orang (temen2ku), justru aku merasakan hal yang sangat enggak enak banget, aku merasa kalo aku itu seseorang yang enggak berguna, dan hanya membuat susah orang lain aja. Orang lain kulihat menyantap dengan lahap ikan hasil tangkapan dan olahan mereka, namun aku,, meskipun ikan bakar bumbu kecap campur cabe itu merupakan salah satu makanan yang masuk dalam kategori daftar makanan favorit, namun justru kali ini bukan makan dengan lahap, aku hanya makan sebagai tanda hormat, dan tidak sedikitpun aku rasakan kenyang dalam perut ini, bahkan tidak setengahnyapun. Well, semua itu terjadi sampai waktu tarawih telah tiba.. namun aku memutuskan buat enggak ngelaksanain shalat tarawih, justru aku lebih memilih jalan2 ke tempat yang sepi, enggak berpenghuni, dan aku merenung sesaat untuk berfikir dan meresapi apa sebenernya tujuan dari hidup ini, terkadang ada benarnya kata bijak dari seorang filsuf “nasib terbaik adalah tidak pernah dilahirkan”, aku lebih memilih tidak pernah dilahirkan, jika kehidupan ini aku habiskan untuk sibuk memikirkan hal yang bahkan tidak ada manfaatnya bagi orang lain ……
Sekian post kali ini, aku mungkin enggak seberuntung mereka, namun aku harap keberuntungan selalu menyertai mereka yang selalu bersamaku ..
Nite all folks, sampai jumpa pada postingan berikutnya, dadah ..
Joy,,
J

0 komentar:

Posting Komentar

 
;