Sabtu, 11 Agustus 2012

KKN


Hari kesembilanbelas. Sabtu 11 Agustus 2012
Hari sabtu, yupp sering disebut juga dengan weekand, emang sih hari ini ialah hari yang tepat untuk rekreasi, liburan bersama keluarga dan juga bertamasya ke tempat2 nature, yaah pokonya melepas dari kepenatan hiruk-pikuk kota deeeh.. namun lagi2 peribahasa ini berbicara bahwa lain ladang lain pula belalangnya (kalo enggak salah gitu sih pribahasanya, kalo salah yaa maap), lain orang lain pula pengalamannya, lain lagi dengan aku seorang mahasiswa yang salah masuk jurusan dan dipaksa untuk menjalankan sesuatu yang bahkan aku sendiri enggak tau buat apa aku ngejalanin semua ini, berikut program KKN yang aku hadapi ini juga, hhihihi.. oke konon waktu yang harusnya dipake seneng2 ini aku habiskan dengan menunaikan tugas yang mulia tentunnya sebagai tukang surat (baca: Humas). Aku diutus untuk mendatangi kantor kepala desa karena kami akan meminta SK about ketiga Posdaya yang telah terbentuk dengan struktur organisasi serta dengan disertai program kerjanya. Tugas ini sebenernya dimandatkan kepada sie Humas, dan bukan hanya aku doang kan humas itu, ada beberapa makhluk yang dimasukan dalam kategori Humas, but mereka yaah sibuk dengan urusannya masing2, emtah mungkin mereka udah kerja kali ato mungkin jadi kuli, atau bisa juga jadi anak buahnya “kemalasan”. Well apapun itu yah akhirnya akupun berangkat menuju desa alone, yupp sendiri ..

Sampai di desa aku bertemu dengan para perangkat desa seperti kursi, papan tulis, netbook, mesin tik, printer dan lain sebagainya.. akupun menyalami mereka satu persatu, oke setelah selesai mushapahah (perasaan lebarannya juga belum lewat deeh) aku segera menemui kepala desa untuk mengutarakn maksud dan tujuan kedatangan aku ke kantor desa ini. Langsung To the Point dan tanpa basa basi serta dalam tempo yang sesingkat-singkatnya dengan gaya 1001 bahasa rayuan gombal meminta diturunkannya SK untuk Posdaya yang telah terbentuk, dengan sangat santai beliau menanggapi permohonanku dan menjawab mangga.. gilak simple banget tuh orang, saking simplenya dia bisa dimasukin saku celana (eiitss kalo yang itu bagian aku). Setelah di ACC akupun masih tertahan menunggu surat itu selesai diketik oleh sekertaris desa, dan bujugbusett gilaaak aku menunggu cukup lama, bukan akaran lagi mungkin aku udah panen 3x yah karena aku dikacangin di itu tempat, pasalnya itu sekdes nyari2 contoh SK sama pusing buat penomoran surat, katanya lupa lagi.. well alesan klasik yah, sebenernya aku itu bukanlah suatu jawaban melainkan cara seseorang buat lari dari tanggungjawabnya. Oke dzuhurpun tiba, karena pada hari ini kantor desa hanya buka setengah hari jadi mereka akan segera pulang, akupun mendapatkan oleh2 dari desa yaitu SK! Yesss, namun belum diberi nomor, gapapa lah yang pentingmah dapet aja dulu SK, hihihi.
Akupun bergegas pulang menuju posko untuk membereskan arsip SK dan juga surat menyurat lainnya, ooo iya enggak lupa juga untuk mengambil profil desa dan mneg-copy nya untuk kepentingan bersama. Jam pun menunjukan pukul 2 dan akhirnya akupun beres merapihkan segalanya, SK dan berbagai lampiran tek-tek bengeknya, tinggal menghadap kembali kepala desa untuk mendapatkan tanda tangannya, beres deeh tugas utama KKN Tematik yang ber-temakan Posdaya. Setelah mengerjakan sekelumit kesibukan, akhirnya aku mendapatkan waktu untuk bobo, hooaammh emang gak ada yang lebih indah daripada tidur siang, heheh.
Tak lama kemudian akupun terbangun seiring dengan berkumandangnya adzan ashar, next ba’da ashar ini ada schedule buat gotong royong membersihkan jalan dan parit di dusun jagawaras, aku dan kelima temen akupun bergegas berangkat untuk bekerja bersama para warga, dengan semangat empat-lima kita menuju rumah RT untuk memulai sosialisasi, namun diluar dugaan RT yang aka kami temui justru enggak ada dirumah dan tak sedikitpun warga yang terlihat untuk bersih2, ini orang pada kemana?! Apa iya pada maen petak umpet semua??? Setelah kami selidiki ternyata kegiatan gotong royong dicancel, yang bener aja masa aku dan temen2 harus kerja bakti tanpa dibarengi warga sekitar, hey bung kampung-kampung siapa, terus siapa juga yang kerjanya, hufpt.. kamipun dengan sangat letih dan lunglai tentunya kecewa berat, pulang kembali ke posko, sayang sekali padahal itu moment yang tepat untuk mendekatkan diri kepada warga, hanya karena koordinasi yang kurang baik, semuanya jadi gagal, huhh ..
Menjelang magrib, kamipun melakukan aktivitas biasa yang disebut dengan ngabuburit, pertamnya sih kagak ada yang aneh, tapi pas diperjalan pulang, banyak bener orang yang nawarin tajil gratis, woow manteppp ! aku dengan temen akupun bergegas menghampiri mereka, dengan biadab temen aku mengambil tajil 3 porsi lalu setelah itu kaburr menjauh dari TKP, dasar mafia makanan, diperjalanan selanjutnya kami juga menemukan bapak2 yang lagi ngbagiin makanan, dan kesempatan emas itu tidak akan kami lewatkan, jelas dengan hati berbinar kami terima pemberian dari bapak itu, daaaan sampainya dikontrakan kamipun banjir makanan, dari kolek sampe fast food ada tersedia, adaikan aja setiap hari tajil seperti ini, bisa gendut aku! hahah..
Eh, untuk tambahan, ada laporan dari ketua konon katanya setelah diadakannya rapat pembimbing, ntar hari selasa akan diadakannya rapat dikecamatan yang harus dihadiri sama kordes dan perwakilannya dari setiap desa. Berkenaan membahas perpisahan dan lokakarya yang nanti tanggal 30 Agustus akan di presentasikan di kantor Kecamatan..
Oke folks, berhubung hari udah mulai malem dan mata juga udah mulai susah buat dikompromi, sepertinya post kali ini aku akhiri sampai disini aja, bye bye .. sampai jumpa pada post berikutnya, J
Joy,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;