Kamis, 16 Agustus 2012

KKN


Hari keduapuluh tiga. Rabu, 15 Agustus 2012
Lagi-lagi day off, yupp karena berhubung udah mendekati hari Raya Idul Fitri dan mungkin juga proker yang menjadi plan kelompok kita udah pada kelar sebagian, dan sebagian lagi scedulenya kebetulan akan dilaksanakan setelah idul fitri, sebenernya semua personil kelompok KKN 17 udah pengen pulang, but berhubung ada peraturan yang menegaskan bahwa sebelum tanggal 17, para peserta KKN dilarang keras untuk meninggalkan posko, kalaupun ada yang melanggar katanya akan diberikan sanksi berupa penalty pada penskoran nilai kahir kelak. Well mungkin pada kenyataanya ada ketidaksamaan dalam pelaksanaan dilapangan, baik itu mungkin ada kerjasama antara DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dengan mahasiswa, itusih yaah urusan mereka, yang namanya endonesa pasti dalam melakukan sesuatu itu penuh ketidaksportifan, gimana negara ini bisa berkualitas coba.

Diluar dari itu, aku sih mau pulkam kapan aja juga gak jadi masalah, cause aku sih enggak begitu ingin pulang dan bertemu keluarga, bukan aku malu dan enggak punya perasaan sama ortu yah, tapi jujur nih aku itu bener2 malu kalo harus pulang ke hadapan keluarga dengan tangan kosong, enggak bawa apapun, baik itu prestasi ataupun hal lainnya yang bisa membuat mereka bangga. Aku malu karena hasil jerih payah mereka selama ini belum bisa aku ganti, emang tak akan terganti tapi seengaknya aku bisa membuat mereka bangga dengan hasil yang aku dapat, dan sampai saat ini aku belum dapati apa2. Aku malu, aku sakit ketika melihat wajah mereka, tatapan mata mereka yang didalamnya tersirat banyak harapan kepada anaknya, aku malu karena aku tidak bisa berbuat apa2 dan belum bisa berbuat apa2, dalam diri ini hanyalah terdapat seonggok beban yang hanya akan menambah beban dikeluarga… semoga kelak aku bisa menjadi apa yang aku dan mereka inginkan. Amin. Lanjut ka topik apa yang aku kerjakan hari ini, hari ini gak ada kegiatan yang bisa disebut berat, paling just easy work, kaya gotong royong sambil ngabuburit dan buka bareng. Buat kegiatan yang berat dan sesuai dengan schedule dilajut lagi setelah Idul Fitri, dan hari ini sampai jumat meruapakn masa tenang.
Menceritakan about kerjaan ak seharian ini, yaah biasa kalo enggak writing yaa denganrin musik ato kalo enggak tidur siang, berhubung OL modemnya belum diisi ulang, so aku nebeng dulu aja punya temen, hehe. Seharian menghabiskan waktu dengan kerjaan yang enggak jelas tuh bener2 BT banget, yupp aku enggak bisa ngelakuin apa2 selain nafas dan ngedip. Oke langsung aja yah ke acara gotong royong. Acaranya lumayan berjalan ramai, emang pertamanya sih Cuma para mahasiswa KKN doang yang gotong royong, seperti biasa kesadaran masyarakatnya lagi2 kurang, namun masyarakat di desa ini enggak kebagetan kaya di desa sebelah (yang udah diceritain kemaren2). Well, kerja bakti dimulai pukul 04.00 sore, aku yang saat itu masih berada di alaskan (ngimpi) dengan sangat romantis temen2 aku gak ada satupun yang bangunin aku dan ngebiarin aku ngebangke gitu aja di posko, sumpah emang mereka fikir gw itu karung beras apa?! Oke untungnya aku diberi rahmat dan pertolongan oleh yang maha kuasa, sehingga pada jam 04.30 aku bisa terbangun gak tau dengan alesan apa, gak ada gempa gak ada tsunami ataupun angin putting beliung, aku langsung bergegas dengan muka ngantuk dan baby face nya, ahemm, aku berlari menuju tempat gotong royong, fikiranku udah mulai khawatir karena kalo pas aku dateng terus warga udah pada ngmupul mampus bener tuh, maluuu.. namun ketika aku sampe ke lokasi, ehhh disitu baru ada mahasiswa KKN doang dan kagak ada seorangpun warga yang gotong royong, termasuk RT yang mengundang kita untuk mengadakan acara itupun enggak hadir, heemm. Perasaan ini udah ngaret banget dah. Oke tanpa fikir panjang akupun langusng mencabut perkakas dan nyabitin orang lewat, eh maksudnya rumput yang ada disekeliling. Enggak lama kemudian, wargapun berdatangan, yaah mungkin ngerasa malu kali yah sebagai warga pribumi masa enggak ikut bersih2. Perlahan warga berdatangan, yupp dimulai dari anak2 tingkatan SMP dan SMA yang kebetulan tempo hari menjadi peserta outbond yang dipanitiai oleh kami, anak2 KKN. Mereka sangat  giat dan semngat membantu, karena udah akrab banget jadi yaah kita udah gak canggung buat saling becanda dan foto bareng. Semakin sore semakin ramai dan banyak orang yang berdatangan, tapi semakin aneh juga orang yang datengnya, kita bahas satu2.
Pertama, orang dengan baju merah kepala botak tapi rambtbelakangnya cukup panjang, orang itu ngajak ngobrol temen2 aku, yang aku denger sih (karena aku mondar-mandir, jadi gak sengaja kedengeran) orang itu lagi ngobrolin pertanian, karena sambil nunjuk2 ka sawah gitu, entah apa yang mereka obrolin yang jelas mereka enggak ikutan kerja bakti, itu orang dengan enaknya dateng terus ngajakin ngobrol dengan tangan di pinggang, udah kaya wayang aja tuh orang, hemmm, meskipun begitu semoga mereka enggak bertingkah aneh seperti bakar diri bareng2 yang ujung2nya ntar takut bikin rusuh, ntar gimana kalo warga sekampung ikutan bakar diri, repot kan..
Oke yang berikutnya, tiga orang yang berjubah putih dan memakai kopiah dan mengenakan baju gamis serta dengan jenggot yang panjang, wow. Katanya sih itu tuh para ahli agama dari perantauan, entah dari planet mana aku gak tau, yang penting tuh orang pakeannya bikin orang lain itu jadi tanda tanya besar. Karena penasaran lagi2 aku mondar-mandir, dan orang ini ternyata membicarakan masalah kerohanian, yaah agama-agama gitu deeh, tapi kalo kata aku sih orang itu lebih cocok disebut lagi nyuci otak, karena dari argumen yang dikeluarkannya itu sedikit menekan dan memaksa, apa yang ia omongin itu harus didengar sedangkan pas giliran temen aku yang ngobrol, eeh dipotong gitu aja, ckckck.. orang itu sampai magrib enggak berhenti ngoceh, kalo aja temen aku enggak punay alesan buat ninggalin tuh tempat, kayanya mereka betah ngobrol ampe puasa taun depan.
Dan yang terakhir, makhluk superduper nyebelin dari planet antahberantah, siapa lagi kalo bukan RT yang mengundang kita (baca: NYURUH) buat bersih2 on time pada jam 4, sedangkan dengan polos biadab dan seenak jidat, dia dateng udah hampir magrib, udah gitu pakeannya pake baju rapih (seakan kagak mau kerja), dan yang paling parah itu orang dengan polos nanya “lagi pada ngapain?”, sumpah bener itu orang tua kalo nanya macem gitu ke gw udah gw masukin ke sumur tuh orang, udah gw sambit dan gw bakar bareng sama pembakaran rumput. Heemm, ada yah macam orang kaya gitu, huh .. untung aku enggak ketemu langsung sama tuh orang…
Well, itulah kegiatan yang aku lakukan hari ini, selepas kerja bakti aku langsung mandi dan menunggu untuk berbuka…..
Sekian post kali ini, sampai jumpa pada post berikutnya, dadah ..
Joy,,
J

0 komentar:

Posting Komentar

 
;